Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan Elpiji di Wilayah JBB Aman

Oleh : Hariyanto | Jumat, 19 Mei 2017 - 13:33 WIB

Pertamina (Foto: Ist)
Pertamina (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menjelang lebaran 2017, PT Pertamina (Persero) pastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) aman. General Manager Marketing Operation Region III, Jumali memperkirakan, puncak arus mudik di mulai 23-24 Juni 2017 dan puncak arus balik pada 1-2 Juli 2017.

Para pemudik akan menuju jalur Pantura maupun jalur selatan, baik melalui tol maupun jalur non tol. Adapun titik kemacetan diperkirakan terjadi di Merak, Cikampek, Nagrek, Cirebon-Pejagaan Brebes, menuju daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Saat ini, ketahanan pasokan premium di wilayah JBB adalah sebanyak 21 hari, solar 34 hari, dan LPG 4 hari. Selama periode masa mudik (H-7 sampai H+7) konsumsi rata-rata premium diperkirakan naik 3% di atas penyaluran normal yaitu sekitar 8.937 KL/hari, Perta Group naik 15% menjadi 19.953 KL/hari, solar diperkirakan turun menjadi 51% atau sekitar 4.314 KL/hari, sedangkan LPG diperkirakan naik 14% menjadi 6.778 MT/hari.

Khusus untuk mengantisipasi macet panjang yang terjadi selama arus mudik lebaran, sistem contra flow disiapkan bekerjasama dengan kepolisian untuk kelancaran distribusi mobil tangki di jalur wisata.

"Pasokan BBM dipastikan selalu tersedia full dengan tambahan sistem buffer (pengiriman BBM pada H-1 dari jadwal seharusnya)," ujarnya melalui publikasi resmi akhir pekan ini.

Sedangkan dari sisi penyaluran elpiji upaya penambahan alokasi untuk Depot Tanjung Priok, Depot Tanjung Sekong, Terminal Eretan pada Mei dan Juni 2017, penambahan 5% DOT Normal (dari 7.050 menjadi 7.400 MT), menyiapkan SP(P)BE kantong sebanyak 12 SP(P)BE.

Kemudian, menambah supply untuk SP(P)BE di wilayah Bandung Raya dari Terminal Eretan dari jalur Non Tol Cipali untuk mengantisipasi kepadatan saat arus Mudik, memastikan depot LPG maupun SP(P)BE dapat tetap beroperasi pada Minggu dan siap untuk penambahan jam operasi, melakukan rerouting jalur skid tank yang melewati jalur rawan macet.

Pertamina MOR III juga menyiapkan 11 Kios Pertamax yang menjual Produk BBK dalam kemasan, di area-area Rest Area dan Checkpoint Polri Non SPBU di sepanjang jalur mudik mulai dari Gudang Beras Jl. Cibitung sampai dengan KM 228.

"Seluruh tim Pertamina wilayah Jawa Bagian Barat akan terus siaga selama musim liburan ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1438 H, masyarakat tidak perlu khawatir untuk pasokan BBM dan LPG," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…