Jumlah Pembelian Online Indonesia Capai 24,7 Juta Orang

Oleh : Ridwan | Rabu, 17 Mei 2017 - 11:00 WIB

Priceza Group
Priceza Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Jumlah pembeli online melalui e-commerce di Indonesia mencapai 24,7 juta orang dengan jumlah pengakses internet mencapai 132,7 juta orang berdasarkan data Waresocial pada 2017.

Potensi itulah yang ingin digarap Priceza.co.id sebagai mesin pencari produk dan pembanding harga asal Thailand yang beroperasi di Indonesia sejak 2013, kata CEO Priceza Group Thanawat Malabuppha di Jakarta, Selasa (16/5/2017)

"Seiring pertumbuhan masyarakat kelas menengah, Indonesia siap menjadi hotspot e-commerce di Asia Tenggara sehingga kami ingin menjadi bagian dari transportasi ini dengan menyediakan produk dan perbandingan harga," katanya kepada awak media.

Pihaknya memantau total nilai pasar e-commerce Indonesia mencapai 5,6 miliar dolar AS dengan rata-rata pembelian perorang mencapai 228 dolar AS per tahun.

Selama empat tahun beroperasi di Indonesia, rata-rata Priceza dikunjungi oleh 4,5 juta pengunjung per bulan dengan jumlah merchant saat ini mencapai sebanyak 200 toko dan total jumlah produk mencapai 39 juta produk.

Ia mengatakan pihaknya telah berhasil mengembangkan bisnis dengan 110 juta produk dengan update harga yang dilakukan secara reguler dan tercatat 36 persen berasal dari Indonesia.

"Selain data pertumbuhan kami pun melihat angka penurunan yang cukup signifikan dalam penggunaan desktop oleh pembeli online yang menggunakan platform kami di Indonesia. Data ini sesuai dengan peningkatan pengguna platform kami dari perangkat seluler," katanya.

Pihaknya akan terus mengembangkan platform info perbandingan harga sekaligus menyediakan info pilihan cara pembayaran dan pilihan pengiriman di samping juga ulasan dan ranking produk, ulasan toko, panduan belanja, hingga tips dari penulis Priceza.

Sementara itu, pengamat industri e-commerce Kun Arief Cahyantoro mengatakan Indonesia adalah negara dengan populasi digital terbesar di Asia.

"Pada awal 2017 ASEAN memiliki peningkatan e-commerce sama dengan China yang merupakan e-commerce nomor 1 dunia," katanya.

Namun tantangan yang dihadapi Indonesia juga besar di antaranya budaya beli masyarakat Indonesia yang masih belum teredukasi soal belanja online, sistem pembayaran (transfer bank dan cash on delivery), tingkat kepercayan, dan keamanan data.

"Jadi jika Prizeca ingin berhasil kunci suksesnya fokus Asia Tenggara khususnya di Indonesia agar bisa menjadi payung seluruh e-mall di Indonesia," katanya.

Country Manager Priceza Indonesia Reni Minarti mengatakan pihaknya ingin menjadi komunitas untuk saling berbagi pengalaman berbelanja.

"Kami akan banyak mengadakan kegiatan rutin seperti e-commerce talk, blogger meet up, dan lain-lain," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Jumat, 26 April 2024 - 14:30 WIB

Momentum Hari Bumi, PGE Meneguhkan Komitmen pada Keberlanjutan untuk Menjaga Kelestarian Lingkungan Hidup

Pengembangan energi ramah lingkungan temasuk energy panas bumi tak bisa dipisahkan dari upaya menjaga keberlanjutan di semua aspek bisnis. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi…

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

Jumat, 26 April 2024 - 14:21 WIB

PGE Area Kamojang Raih Dua Penghargaan Unggulan dalam Acara Forum CSR Jawa Barat

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) semakin meneguhkan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia terdepan dalam praktik bisnis berkelanjutan. PGE Area Kamojang berhasil…

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.