Sikap Presiden Hollande Disambut Baik Industri Minyak Sawit

Oleh : Herry Barus | Rabu, 29 Maret 2017 - 13:42 WIB

Perkebunan Sawit
Perkebunan Sawit

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kunjungan Presiden Perancis Francois Hollande ke Malaysia telah memberikan angin segar bagi industri kelapa sawit, karena negeri anggur itu tidak akan menerapkan pajak terhadap minyak sawit.

Pernyataan Hollande itu langsung disambut gembira oleh Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak. Seperti dilansir The Star, Rabu (29/3/2017), PM Najib menyampaikan terima kasih kepada Hollande setelah Perancis menegaskan tidak akan menetapkan pajak terhadap minyak sawit yang beredar di salah satu negara pelopor Uni Eropa tersebut.

Menurut Hollande, pihak pemerintah Perancis telah menolak rancangan undang-undang yang akan dibahas di parlemen untuk menerapkan pajak terhadap produk minyak sawit.

Pada pertemuan tersebut, PM Najib juga menjelaskan kepada Hollande bahwa minyak sawit dikembangkan melalui proses berkelanjutan, sehingga tidak lagi merusak lingkungan seperti yang dituduhkan selama ini.

Seperti dilansir Imq, Najib menegaskan bahwa Malaysia juga tengah mengembangkan standar sendiri untuk produk minyak sawit, sehingga diharapkan produk minyak sawit asal negeri itu dapat diterima di pasar Uni Eropa.

Sejak 2012, sejumlah partai politik di Perancis telah berupaya untuk menerapkan pajak terhadap minyak sawit, sehingga berpotensi membuat komoditas andalan Indonesia dan Malaysia itu kalah bersaing dengan minyak nabati lain di pasar Perancis.

Sementara itu, Hollande menegaskan pemerintahannya telah memastikan bahwa minyak sawit diperlakukan dengan adil di pasar Perancis.

Pada Rabu ini, Presiden Hollande juga akan melakukan pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo. Kalangan akademisi, pengamat dan industri sawit Indonesia berharap pertemuan itu menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk menjelaskan bahwa industri sawit nasional telah mengadopsi praktik pengolahan berkelanjutan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…