Dirancang Desainer Kelas Dunia, Farpoint Luncurkan Apartemen The Loggia

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 Maret 2019 - 22:59 WIB

Apartemen The Loggia
Apartemen The Loggia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Guna mewujudkan hunian yang lebih lapang atau the art of spacious living, lewat konsep Reversibility into Emptiness, Farpoint berkolaborasi dengan firma desain papan atas Jepang, Atelier Bow-Wow (ABW) untuk wujudkan desain ruang yang inovatif. 

Sebagai salah satu maestro desain mikroarsitektur dunia, ABW berfokus pada eksplorasi ruang, dengan penciptaan ruang yang lapang dan transformable yang menyajikan lebih dari satu fungsi. 

“Lewat The Loggia, kami menghadirkan konsep hunian vertikal baru demi menjawab tantangan, sekaligus memaksimalkan kenyamanan bagi masyarakat yang ingin tinggal di tengah kota. Dengan fitur-fitur efisien yang bisa berubah fungsi kapanpun sesuai kebutuhan, inovasi ini tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat, apalagi di saat mereka dapat tetap menyimpan benda-benda sentimental miliknya, namun tetap menciptakan ruang lapang di apartemennya,” ujar Mulyadi Janto, Head of Residential SBU Farpoint di Jakarta, Kamis (14/3/2019).

Konsep transformable pada apartemen ini terinspirasi dari konsep “ikigai,” yang menerjemahkan rahasia hidup panjang dan bahagia masyarakat Jepang, lewat prinsip minimalis dan decluttering. Dengan jumlah unit yang terbatas, sekitar 498 untuk dua tower, di The Loggia penghuni dapat menemukan kelapangan di ruang terbatas kota Jakarta yang sangat padat, sehingga setiap penghuni dapat meningkatkan kualitas hidup mereka.


Sebuah penelitian dari real estate marketplace terkemuka, Zillow.com, mengungkapkan, ada prioritas yang meningkat dari pembeli rumah usia muda untuk mencari area rumah yang lebih lapang. “Namun, harus diakui, sangat sulit menemukan rumah dengan luas yang sempurna di Jakarta, apalagi dengan harga yang terjangkau. Lewat konsep desain yang unik ini, kami melihat konsep rumah mikro ala Jepang akan sangat populer, berkat ide briliannya untuk membuat ruang sempit tampak lebih luas,” tambah Mulyadi.

Mewujudkan hunian nyaman di jantung kota Jakarta, berbagai inovasi dan furnitur hemat ruang yang diterapkan di The Loggia meredefinisi hunian lapang, berkat kemampuannya mengubah ruang padat menjadi kosong di kesempatan tertentu. 

Dengan beragam pilihan unit, mulai dari 72 m² hingga 117 m², setiap unit dapat di-upgrade menjadi area private sanctuary, yang dilengkapi dengan day beds, tempat tidur susun, sliding panel rotan yang dapat dimodifikasi untuk ciptakan ruang lapang, serta ruang penyimpanan tersembunyi di berbagai sudut. 

Salah satu kamar tidur berada di ketinggian 60 cm, dengan area bawah digunakan sebagai ruang penyimpanan bawah lantai, sehingga penghuni dapat tetap “menyembunyikan” seluruh barang pribadi tanpa perlu membuangnya. 

Yoshiharu Tsukamoto, Co-Principal Architect Atelier Bow-Wow mengatakan, Reversibility into Emptiness tidak hanya terwujud dari rumah yang rapi, tetapi bagaimana setiap elemen yang ada bisa memberikan nilai untuk ruangan tersebut. 

"Misalnya, bagaimana sinar matahari memancarkan pantulan di lantai ubin ke langit-langit, bias cahaya melalui dinding rotan, atau angin yang bertiup melalui jendela ke koridor," katanya.

Profesor Tokyo Institute of Technology, Dr Eng menambahkan, gerakan dan transformasi furnitur ini merupakan momen nyata yang bisa dieksplorasi, salah satunya lewat meja makan yang dapat dilipat di dinding. "Hasilnya, ruang makan pun bisa berubah menjadi ruang komunal untuk mengumpulkan lebih dari 10 orang. Suasana multi-sensory seperti ini yang penting untuk menyegarkan pikiran tiap penghuni,” ujar Dr Eng. 

Untuk kenyamanan maksimal, The Loggia juga memberikan sentuhan Indonesia ke dalam setiap desainnya, seperti ubin buatan tangan bergaya vintage dari Yogyakarta. Memberikan semilir angin alami di setiap unit, perancang menciptakan pintu masuk yang memberikan ventilasi silang ke dalam hunian, yang semakin menekankan The Loggia sebagai properti pertama dan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan konsep desain unik, yang ditargetkan selesai pembangunannya di tahun 2022 ini.

Farpoint bermitra dengan Tokyo Tatemono -keduanya merupakan pengembang real estate terkemuka dari Indonesia dan Jepang- meluncurkan konsep transformable living terbaru di Jakarta Selatan, The Loggia, lewat desain multifungsi yang mengutamakan kenyamanan. 

Dilengkapi furnitur dan ruang penyimpanan yang transformable, apartemen 20 tingkat ini mengedepankan desain istimewa dengan efisiensi tempat dan area yang membuat setiap penghuninya lebih bebas bereksplorasi.  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…