Anak Sarapan Bernutrisi Memiliki Nilai Akademis 4x Lebih Tinggi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 26 Februari 2019 - 07:33 WIB

Anak Sarapan Bernutrisi Memiliki Nilai Akademis 4x Lebih Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)
Anak Sarapan Bernutrisi Memiliki Nilai Akademis 4x Lebih Tinggi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta  – Menutup Pekan Sarapan Nasional (PESAN) 2019, Energen yang merupakan produk sarapan sehat dan bernutrisi yang tepat bagi keluarga Indonesia, membuktikan pengaruh sarapan bergizi terhadap performa akademik.

Melalui hasil penelitian Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha Sp. A (K), mengungkapkan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan mengonsumsi sarapan bernutrisi memiliki nilai akademis 4 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak sarapan.

Tony Sumantri selaku Sales & Marketing Director Mayora Divisi Health Food & Coffee mengatakan, “Setelah konsisten menggagas gerakan positif melalui kampanye “Sarapan Sehat Sebelum Jam 9” sejak tahun 2015 dengan melakukan edukasi tentang sarapan sehat bagi seluruh masyarakat Indonesia terutama anak-anak usia sekolah dasar, Mayora Nutrition melalui Energen, mengambil momentum PESAN 2019 dengan menyuarakan fakta pengaruh sarapan bernutrisi bagi kemajuan prestasi anak Indonesia. Fakta ini yang menginspirasi Energen berkomitmen lebih melalui kampanye inspiratif “Konsentrasi Ciptakan Mimpi.” ungkap Tony dalam konferensi pers Konsentrasi Ciptakan Mimpi bersama Energen pada di Jakarta.

Pada kesempatan ini, Spesialis Anak Konsultan Nutrisi dan Metabolik Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K), sekaligus peneliti jurnal berjudul ‘Kebiasaan Sarapan Pagi dan Performa Akademis pada Anak’ dengan bangga memaparkan hasil penelitiannya, “Efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak, berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku dan prestasi di sekolah. Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas. Ini tergambar pada rata-rata hasil akhir ujian dari seluruh mata pelajaran selama satu semester, dimana performa akademik  4x lebih tinggi dibandingkan anak tidak dengan kebiasaan sarapan bernutrisi.

Ahli Neuroanatami dan Neurosains, Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd, membenarkan secara klinis, “Konsumsi sarapan dapat memengaruhi kinerja kognitif dengan mengurangi rasa lapar.” Dilihat dari sisi gizi, dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GK menambahkan bahwa untuk menjaga kadar metabolisme dan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak, diperlukan nutrisi yang benar dengan jadwal yang tepat. Karena itu mengonsumsi sarapan bernutrisi sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari agar kinerja otak bisa maksimal. Karenanya, pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa asupan yang mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral.

Energen sebagai solusi sarapan sehat yang mampu mendukung prestasi anak Indonesia kembali mensosialisasikan pentingnya membiasakan keluarga Indonesia menyantap sarapan bernutrisi setiap hari dengan segelas Energen hangat yang kaya akan nutrisi. Produk Energen mengandung susu, sereal, telur, sigmavit (vitamin A, B1, B2, B6, B12, D, E, Kalsium), dan mineral. Kandungan gizi yang ada di produk Energen mampu mencukupi kebutuhan energi dan gizi anak. Dengan sarapan Energen di pagi hari, badan siap, otak pun siap untuk konsentrasi !

Ketua umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr. Daeng M Faqih, SH, MH dan juga ketua umum PERGIZI PANGAN Indonesia, Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS mengapresiasi Mayora Nutrition melalui Energen yang menggagas kampanye inspiratif untuk membangun kesadaran masyarakat melalui kampanye “Sarapan Bernutrisi” sejak tahun 2015 disetiap perayaan Pekan Sarapan Nasional. Sebab untuk membangun kesadaran masyarakat dibutuhkan proses edukasi yang berkesinambungan. Tahun berikutnya pada 2016-2017, IDI dan PERGIZI Pangan pun terus bersinergi dengan Energen dalam kampanye “Sarapan Sehat Sebelum Jam 9”, dan  kampanye “Sarapan Bernutrisi agar Perut Terisi Siap Konsentrasi’ di tahun 2018.

Jonathan Setiadi, Marketing Director Health Food, “Dengan menyuarakan fakta pengaruh sarapan bernutrisi terhadap performa akademis anak yang diteliti oleh Dr. dr. I Gusti Lanang Sidiartha, Sp. A (K) dan didukung oleh ahli Neurosains dan ahli gizi, Energen mengajak orang tua untuk berkomitmen terus memperhatikan asupan sarapan bernutrisi bagi anak-anak. Dengan orang tua yang cerdas dan peduli, tentunya akan mendukung anak untuk cepat tanggap dan siap konsentrasi. Sebab Energen percaya bahwa dengan bermula dari konsentrasi, dapat mewujudkan lebih besar lagi menciptakan mimpi.” tutup Jonathan

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.