Dari 7 Unicorn ASEAN, 4 Unicorn Startup Ada di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 18 Februari 2019 - 06:28 WIB

Ilustrasi Startup
Ilustrasi Startup

INDUSTRY.co.id, Jakarta - 

Dalam debat kedua Pemilihan Presiden 2019, Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) membahas soal unicorn atau perusahaan startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar. Di hadapan rivalnya dan seluruh penonton, Jokowi pun bangga memamerkan 4 unicorn asal Indonesia.

"Ada tambahan unicorn lainnya. Kami sudah siapkan program 1.000 startup baru yang kita hubungkan dengan inkubator global," ujarnya.

Nah, sebenarnya siapa saja 4 unicorn yang disebut oleh Jokowi tersebut?

1. Tokopedia

Didirikan oleh William Tanuwijaya, e-commerceini dikabarkan telah memiliki omzet triliunan rupiah setiap bulan. Berdiri sekitar 9 tahun lalu, ini Tokopedia mendapatkan dukungan dari berbagai investor besar seperti East Ventures, CyberAgent Ventures, Beenos, Sequoia Capital dan SoftBank.

2.GoJek

Didirikan oleh Nadiem Makarim, Go-Jek merupaksan salah satu aplikasi berbagai tumpangan (ride hailing) terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Rival terbesar Go-Jek saat ini hanya Grab yang pada tahun tahun lalu mengakuisisi Uber. Go-Jek juga mengembangkan berbagai layanan lain termasuk dompet digital, yakni Go-Pay

3. Traveloka

Didirikan oleh Ferry Unardi bersama Derianto Kusuma dan Albert Zhang, Traveloka telah menyandang gelar unicorn sejak 2017. Traveloka menjadi perusahaan kedua setelah Go-Jek yang bergelar unicorn. Gelar tersebut didapatkannya setelah lima tahun berdiri. 

4. Bukalapak

Didirikan oleh Achmad Zaky, Bukalapak merupakan e-commerce berikutnya yang mendapatkan gelar unicorn. Achmad Zaky juga baru-baru ini membuat heboh media sosial karena menilai dana research and developmentdi Indonesia sangat rendah. 

Pernyataan tersebut mendapat kecaman netizen di sosial media dan tagar #uninstallBukalapak menggema. Namun, pendukung Achmad Zaky dan pihak lainnya kemudian menyerang balik dengan membuat tagar #uninstallJokowi.

Achmad Zaky kemudian dipanggil oleh Jokowi untuk menyelesaikan masalah yang heboh di sosial media tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menristekdikti Mohamad Nasir (Foto Dok Humas)

Kamis, 21 Maret 2019 - 06:00 WIB

Kemenristekdikti dan Kementerian BUMN Jalin Kerja Sama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian BUMN menjalin kerjasama Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB).

Jalan Tol (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:00 WIB

Pembangunan Infrastruktur di Daerah Dukung Efektivitas Hilirisasi Produk

Masifnya pembangunan infrastruktur di seluruh Tanah Air dalam kurun waktu empat tahun terakhir merupakan kebijakan tepat yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden…

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…