Ekspansi Bisnis, Dharma Satya Nusantara Akuisisi Dua Perusahaan Kelaap Sawit di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Jumat, 04 Januari 2019 - 15:33 WIB

Pabrik Kelapa sawit (ist)
Pabrik Kelapa sawit (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT. Dharma Satya Nusantara Tbk (DSNG) berhasil mengakuisisi PT Bima Palma Nugraha (BPN) dan Bima Agri Sawit (BAS) di Kalimantan Timur dengan persetujuan dari pemegang saham untuk merealisasikan ekspansi bisnis.

Emiten perkebunan tersebut menyelesaikan akuisisi kedua perusahaan kelapa sawit tersebut pada akhir tahun lalu dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,35 triliun yang diperoleh dari kas internal dan pinjaman bank.

"Akuisisi ini tentu mempengaruhi posisi kas dan pinjaman. Meski begitu, fundamental keuangan perusahaan masih cukup bagus," kata Direktur Utama DSNG, Andrianto Oetomo di Jakarta, Jumat (4/1/2019).

Mengacu laporan keuangan per September 2018, total kas dan setara kas DSNG adalah senilai Rp 243,5 miliar. "Setelah akuisisi, kami akan lakukan pembenahan. Dari akuisisi ini kami berharap bisa membantu meningkatkan kinerja keuangan dalam jangka panjang," ungkap Andrianto.

Untu diketahui, DSNG membeli BPN dan BAS, sekalipun keduanya masih merugi dengan pertimbangan, kedua perusahaan tersebut memiliki aset kebun kelapa sawit dan pabrik yang prospektif di masa depan. Andrianto berharap, pasca akuisisi ada sinergi dengan kinerja operasional DSNG. 

"Pabrik (BPN dan BAS) berada di Kalimantan Timur. Jaraknya dari pabrik kami sekitar 100 km, sehingga diharapkan membantu menggenjot produksi CPO dan kinerja operasional kami," kata Ardianto.

Andrianto menambahkan, setelah akuisisi, produksi CPO meningkat 14% pada 2019. Namun, menurutnya, terkait target pendapatan tahun ini, tergantung pada harga CPO dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

PUPR Lanjutkan Pembangunan Jalan Trans Papua

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus melanjutkan pembangunan Jalan Trans Papua demi meningkatkan konektivitas, membuka daerah terisolir dan mengurangi tingkat kemahalan harga…

Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, (Foto Dok Industry.co.id_

Rabu, 16 Januari 2019 - 09:00 WIB

20 Peserta Terbaik Secangkir Semangat #BuatNyataTujuanmu Wujud Optimisme Generasi Muda

Menjadi seorang sociopreneur atau menjalankan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat/sosial, belakangan ini menjadi pilihan populer di kalangan generasi muda Indonesia. Kreativitas tinggi, didukung…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…