Mandiri Syariah Tawarkan Solusi Hedging Syariah

Oleh : Wiyanto | Selasa, 11 Desember 2018 - 20:18 WIB

Finance Strategy and Treasury Director Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho dalam forum Indonesia Sharia Expo and Festival di Surabaya
Finance Strategy and Treasury Director Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho dalam forum Indonesia Sharia Expo and Festival di Surabaya

INDUSTRY.co.id -

Surabaya Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyediakan solusi mitigasi risiko fluktuasi mata uang melalui produk hedging syariah.

Finance Strategy and Treasury Director Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho dalam forum Indonesia Sharia Expo and Festival di Surabaya menyampaikan bahwa transaksi hedging syariah inimerupakan produk baru dan telah dilakukan transaksinya di Mandiri Syariah. ''Kami bank syariah pertama yang menyediakan transaksi hedging syariah,'' kata dia di Surabaya, Selasa (11/12/2018).

Hedging syariah adalah transaksi untuk memitigasi risiko fluktuasi nilai mata uang yang diperkirakan pada masa mendatang dengan prinsip syariah.

Produk hedging syariah ini menyusul diterbitkannya PBI No. 18/2/2016 tentang transaksi lindung nilai berdasarkan prinsip syariah tanggal 24 Februari 2016 dan fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.96/DSN-MUI/IV/2015 tanggal 2 April 2015 tentang Transaksi Lindung Nilai Syariah (Al Tahawwuth al Islami/Islamic Hedging} atas Nilai tukar.

Butuh dua tahun setelah PBI terbit bagi Bank menyediakan produk ini sebagai solusi kepada nasabah. ''Karena kami masih belajar termasuk menyiapkan konstruksi akad dan operasional lainnya. Kamijuga harus menargetkan customer yang pas yakni lembaga yang rutin membutuhkan transaksi dalam mata uang asing" jelasnya.

Ade Cahyo mengungkap bahwa produk ini memenuhi aspek syariah karena memiliki underlying jelas dan kebutuhan nasabah juga sudah jelas. Dengan _wa'd (muwa'adah) li al-sharf_ dan akadnya adalah _Al sharf_.

Untuk tahap awal produk ini ditawarkan kepada travel haji dan umrah karena mereka rutin bertransaksi dalam mata uang asing. ''Dengan produk hedging syariah, mereka bisa memitigasi fluktuasi nilai tukar pada masa mendatang,'' Sejauh ini nasabah tersebut melakukan hedging di bank konvensional.

"Produk ini merupakan upaya kami dalam memenuhi kebutuhan nasabah. Kami berharap nasabah menjadikan Mandiri Syariah sebagai total solution untuk berbagai kebutuhan transaksi mereka" tambah Ade Cahyo.

Untuk tahap awal transaksi heding syariah di Mandiri Syariah di atas tiga juta USD. ''Kami optimistis produk ini menarik bagi nasabah yang memang membutuhkan mata uang asing secara rutin.

Hadirnya produk hedging syariah juga merupakan salah satu bentuk partisipasi Bank di dalam mendukung moneter dan sistem keuangan dalam negeri. Bank Syariah Mandiri awal Desember memperoleh penghargaan sebagai bank Syariah pendukung pengendalian moneter syariah dari Bank Indonesia.

Award itu diberikan atas partisipasi aktif Bank Syariah Mandiri di pasar uang syariah baik dalam bentuk penggunaan produk pasar uang syariah yakni penempatan dalam berbagai instrumen pasar uang seperti SBIS, Fasbis dll, ketaatan terhadap ketentuan BI terutama di bidang GWM, serta keaktifan di dalam pengembangan pasar uang dan produk.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…