Pelindo IV: Ekspor KTI Meningkat 30 Persen

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 10:13 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Makassar- Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) Farid Padang mengatakan pihaknya optimistis kegiatan ekspor melalui sistem 'direct call' (pengiriman langsung) dari kawasan timur Indonesia (KTI) ke pasar mancanegara meningkat 30 persen.

"Kami optimistis bahwa ekspor dari kawasan timur Indonesia sangat berpotensi untuk berkembang dan diperkirakan bisa meningkat hingga 30 persen melalui pengiriman langsung," kata Farid di sela acara CEO Gathering Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel dengan Gubernur Sulsel di Pulau Samalona, Makassar, Minggu (9/12/2018)

Ia mengatakan sistem direct call yang diterapkan PT Pelindo IV untuk membantu pengusaha di Sulsel melakukan ekspor langsung yang sangat bermanfaat dengan memotong waktu dan biaya ekspor.

"Dilihat data yang ada, apabila semua ekspor dengan total arus petikemas dari Sulsel dilaksanakan dengan direct call maka angka ekspor dapat meningkat sampai 30 persen," ujarnya.

Farid berharap dengan dukungan Pemprov Sulsel dan pengusaha untuk menjadikan "Makassar New Port (MNP)" menjadi hub maka ekspor dari wilayah ini, terutama KTI semakin meningkat.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah seperti dilansir Antara sangat bersyukur dengan dukungan PT Pelindo IV, terutama di bawah kepemimpinan Farid.

Ia berharap Forum [CEO Gathering Apindo] ini diharapkan akan berarti bagi percepatan pertumbuhan ekonomi Sulsel.

Nurdin mengatakan masih banyak hal yang harus diperbaiki bersama, sehingga Pemprov Sulsel juga menyiapkan regulasi yang akan membuat dunia usaha bergerak lebih mudah.

Menurut dia, potensi yang ada di Sulsel cukup besar, seperti selama ini pemerintah daerah sudah memacu bisnis "Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE)", hanya saja belum didukung dengan pariwisata.

Nurdin menambahkan Pihak PT Pelindo IV dengan rencana pembangunan Marina di eks Terminal Petikemas Makassar (TPM), juga akan sangat membantu dengan dermaga yang representatif untuk mendukung pariwisata di sekitar Makassar seperti Samalona, Kodingareng Keke dan objek wisata lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…