Pelindo III Luncurkan Pusat Kontrol Layanan Kepelabuhanan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 Desember 2018 - 07:20 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III meluncurkan pusat kontrol layanan kepelabuhanan dan bongkar muat atau Port Operations Command Center (POCC) pertama di Indonesia yang ditempatkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, bertujuan meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasional melalui integrasi teknologi.

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto di Surabaya, Kamis (6/12/2018) mengatakan POCC akan beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari, dengan diperkuat oleh 64 operator yang bekerja secara terjadwal.

"POCC di Tanjung Perak ini adalah yang pertama di Indonesia, dan akan dikembangkan secara bertahap untuk pelabuhan lain di lingkungan Pelindo III, dan Tanjung Perak Surabaya serta Pelabuhan Gresik menjadi pilot project," katanya kepada awak media.

Dalam POCC, dikembangkan sistem integrasi teknologi bagi pengguna jasa di pelabuhan-pelabuhan lainnya dan menjadi satu, tujuannya untuk efisiensi biaya logistik nasional.

"Fungsi POCC adalah mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dan lainnya, dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan). Jadi intinya POCC mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal menjadi satu," katanya.

Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak Hernadi Tri Cahyanto menyambut baik adanya POCC, karena telah menyambungkan Sistem Inaportnet besutan Kementerian Perhubungan dengan sistem aplikasi internal Pelindo III.

"Ke depan masih ada beberapa bagian lain yang akan terus dikembangkan dan disambungkan lagi agar kekuatannya semakin penuh," ujarnya.

Sebelum adanya POCC, proses permohonan administrasi pelayanan kapal masih terpisah dan melibatkan beberapa pihak antara lain pelayanan kapal dan terminal, namun dengan kehadiran POCC, mulai dari proses perencanaan hingga pelayanan kapal, dan pengendalian bongkar muat termonitor dalam satu pintu yang terpusat.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…