Dukung Infrastruktur, Pabrik Semen Segera Dibangun di NTT

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 04:28 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Kupang- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan rencana pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia di Kupang segera terealisir.

"Proses persiapan sudah selesai. Rencananya peletakan batu pertama pembangunan Semen Kupang Indonesia ini akan dilakukan pada 10 Maret 2017," kata Gubernur Lebu Raya kepada Antara terkait rencana pembangunan Pabrik Semen Kupang Indonesia, Senin (20/2/2017)

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik semen dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton pertahun ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun, mulai dari pembebasan lahan, desain dan pengadaan pabrik.

Menurut dia, jika pabrik ini beroperasi, maka kapasitas produksi semen di Kupang akan mencapai 1,8 juta ton per tahun.

Saat ini produksi semen dari Pabrik Semen Kupang I dan Pabrik Semen Kupang II sebanyak 300.000 ton per tahun.

Dia mengatakan, awalnya pabrik yang akan dibangun ini dengan nama PT Semen Indonesia, namun dirinya meminta agar nama `Kupang yang melekat pada Pabrik Semen Kupang I dan II tidak dihilangkan, sehingga pabrik yang akan dibangun ini diberi nama Pabrik Semen Kupang Indonesia.

"Saya ingin tetap mempertahankan nama Kupang di pabrik semen ini untuk membuat orang Kupang bangga bahwa ada pabrik besar di Kupang," katanya.

Pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia yang direncanakan berlokasi di sekitar Kawasan Industeri Bolok itu dengan nilai investasi sebesar Rp2 triliun.

Pabrik ini dibangun bersama oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Kupang (Persero).

Semen hasil produksi Semen Kupang Indonesia selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri juga akan diekspor ke luar negeri seperti Timor Leste.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi PLTA Batangtoru di Medan

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:42 WIB

Warga Batangtoru: Percayakan Keselamatan Orangutan Kepada Kami, Mereka Keluarga Kami Ratusan Tahun

Medan Masyarakat di sekitar lokasi pembangunan PLTA Batang Toru, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, terus menyuarakan dukungan terhadap proyek energi bersih terbarukan itu. Mereka menuding, penolakan…

Pejualan Indihome di masyarakat.

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:33 WIB

Telkom Umumkan Pemenang Grand Prize IndiHome Family Vaganza

Jakarta Bertempat di Trans TV Jakarta, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melaksanakan pengundian Grand Prize Program IndiHome, dalam sebuah acara bertajuk Grand Prize - IndiHome Family…

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Februari 2019 - 21:00 WIB

Dukungan Pemda Penting Bagi Industri Sawit

Keberadaan perkebunan dan industri sawit sebagai investasi padat karya telah menjadi solusi Pemerintah untuk mendorong peningkatan lapangan kerja serta penyerapan tenaga kerja daerah.

KAI bekerjasama dengan Gerakan Suluh Kebangsaan mengadakan Jelajah Kebangsaan dengan rute dari Merak ke Banyuwangi, 18-22 Februari 2019.

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:51 WIB

KAI Jadi Tuan Rumah Kegiatan Jelajah Kebangsaan

PT Kereta Api Indonesia (Persero) senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan positif yang dapat memajukan dan mencerdaskan bangsa.

Foto Ilustrasi Kawasan Kumuh

Kamis, 21 Februari 2019 - 19:33 WIB

Tahun Ini, Pemerintah Bakal Tata Kawasan Kumuh Capai 24 Ribu Hektar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan melakukan melaksanakan penataan terhadap 888 hektare (ha) kawasan kumuh pada 2019.