Dukung Infrastruktur, Pabrik Semen Segera Dibangun di NTT

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 04:28 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Kupang- Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya mengatakan rencana pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia di Kupang segera terealisir.

"Proses persiapan sudah selesai. Rencananya peletakan batu pertama pembangunan Semen Kupang Indonesia ini akan dilakukan pada 10 Maret 2017," kata Gubernur Lebu Raya kepada Antara terkait rencana pembangunan Pabrik Semen Kupang Indonesia, Senin (20/2/2017)

Dia menjelaskan, pembangunan pabrik semen dengan kapasitas produksi 1,5 juta ton pertahun ini membutuhkan waktu sekitar tiga tahun, mulai dari pembebasan lahan, desain dan pengadaan pabrik.

Menurut dia, jika pabrik ini beroperasi, maka kapasitas produksi semen di Kupang akan mencapai 1,8 juta ton per tahun.

Saat ini produksi semen dari Pabrik Semen Kupang I dan Pabrik Semen Kupang II sebanyak 300.000 ton per tahun.

Dia mengatakan, awalnya pabrik yang akan dibangun ini dengan nama PT Semen Indonesia, namun dirinya meminta agar nama `Kupang yang melekat pada Pabrik Semen Kupang I dan II tidak dihilangkan, sehingga pabrik yang akan dibangun ini diberi nama Pabrik Semen Kupang Indonesia.

"Saya ingin tetap mempertahankan nama Kupang di pabrik semen ini untuk membuat orang Kupang bangga bahwa ada pabrik besar di Kupang," katanya.

Pembangunan pabrik Semen Kupang Indonesia yang direncanakan berlokasi di sekitar Kawasan Industeri Bolok itu dengan nilai investasi sebesar Rp2 triliun.

Pabrik ini dibangun bersama oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk dan PT Semen Kupang (Persero).

Semen hasil produksi Semen Kupang Indonesia selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri juga akan diekspor ke luar negeri seperti Timor Leste.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bekuk Bali United 3-0, Persija Jakarta Jadi Juara Piala Presiden 2018

Sabtu, 17 Februari 2018 - 22:18 WIB

Bekuk Bali United 3-0, Persija Juara Piala Presiden 2018

Akhirnya, Persija Jakarta berhasil menjadi juara Piala Presiden 2018. Persija mengalahkan Bali United FC 3-0 pada puncak partai final yang berlangsung, Sabtu (17/2/2018) di stadion Gelora Bung…

Puluhan Ribu Petani Waduk Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:25 WIB

Petani Kolam Ikan Jatiluhur Dukung Kang Hasan Jadi Gubernur Jawa Barat

Puluhan ribu petani kolam jaring apung (KJA) waduk Jatiluhur mendukung calon gubernur Jawa Barat nomor urut dua, Tubagus Hasanuddin (Kang Hasan) dan Anton Charliyan. Para petani KJA ini berharap…

Diskusi dan wejangan membina keluarga sakinah

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:20 WIB

Mau Rumah Tangga Harmonis Ini Tipsnya

Rumah tangga yang sakinah, mawadah dan warohmah adaah dambaan semua keluarga. Namun untuk menuju ke sana diperlukan trik dan pengetahuan untuk membina biduk rumah tangga yang harmonis.

Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:09 WIB

Komut PT PP Kunjungi Proyek Rusunami Jakabaring Palembang

Palembang- Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, Andi Gani Nena Wea melakukan kunjungan kerja ke Proyek Rusunami Jakabaring Palembang. Proyek yang dibangun pada akhir tahun 2016 ini akan selesai…

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar. (Dok Industry.co.id)

Sabtu, 17 Februari 2018 - 21:05 WIB

Kiai Purwakarta Sebut Program Kang Hasan Nyata Untuk Rakyat Jabar

Purwakarta - Pimpinan Pondok Pesantren Ma'baul Ulum KH. Anhar menyebut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB. Hasanuddin atau Kang Hasan sebagai pemimpin layaknya matahari yang mampu menjadi…