Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Bagi Warga Pandeglang-Serang

Oleh : Herry Barus | Kamis, 25 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Bagi Warga Pandeglang-Serang
Operasi Katarak dan Bibir Sumbing Gratis Bagi Warga Pandeglang-Serang

INDUSTRY.co.id - Serang– Bakti Nusantara menyelenggarakan layanan kesehatan dan operasi gratis di Kabupaten Pandeglang dan Kota Serang, Provinsi Banten.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Grup 1 Kopassus dan Yayasan Tunas Bakti Nusantara ini menggandeng RS Achmad Wardi dan Dompet Dhuafa (operasi katarak), RS Sari Asih Serang, B. Braun Indonesia, Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI), dan BKKBN Provinsi Banten (Metode Operasi Wanita/MOW dan Metode Operasi Pria/MOP), serta RS Kencana Serang, Smile Train, dan Yayasan Anugerah Sentosa (operasi bibir sumbing).

Program ini diperkirakan dapat menjangkau hingga 200 (dua ratus) warga yang membutuhkan operasi katarak,  lebih dari 20 (dua puluh) kasus bibir sumbing, serta 200 (dua ratus) peserta sunatan. Kegiatan sunatan massal akan dilangsungkan pada Kamis (25/10), sedangkan operasi katarak dimulai pada Jumat (26/10). Adapun kegiatan MOW telah selesai dilangsungkan pada Minggu (21/10).

Bakti Nusantara sendiri adalah gerakan yang dilandasi oleh semangat kepedulian, kemanusiaan, persaudaraan, dan gotong royong, untuk mendorong pembangunan di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar Indonesia.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Yayasan Tunas Bakti Nusantara dengan 3 (tiga) misi utama yaitu kesejahteraan (Bangun Nusantara), kesehatan (Sehat Nusantara), dan pendidikan (Inspirasi Nusantara). Bakti Nusantara menyinergikan berbagai potensi anak bangsa untuk bersatu aktif membangun Indonesia, bekerja sama dengan berbagai instansi, baik sipil maupun militer, di tingkat daerah dan nasional.

Sebelumnya selama dua tahun berturut-turut, Bakti Nusantara berhasil menjalankan program kegiatan sosial yang bertujuan untuk mendorong pembangunan di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar Indonesia. Pada tahun 2016, Bakti Nusantara mengadakan program kegiatan sosial yang fokus pada pembangunan sekolah di Desa Aik Mual, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Adapun pada tahun 2017, Bakti Nusantara menyelenggarakan pembangunan sekolah, layanan kesehatan, serta peningkatan kualitas pendidikan di Desa Sekon, Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur.

Rangkaian puncak Bakti Nusantara di Pandeglang dan Serang berlangsung pada 21-28 Oktober 2018 yang mencakup tiga misi seperti disebutkan sebelumnya; terdiri dari layanan kesehatan dan operasi gratis, pembangunan sekolah, serta pelatihan guru, perkemahan, dan peningkatan motivasi siswa.

“Pembangunan Indonesia tidak hanya mencakup hal-hal yang terkait infrastruktur, tetapi juga kualitas manusianya. Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mendukung terciptanya masyarakat yang sehat agar mampu optimal melakukan kegiatan sehari-hari,” ujar Aryo Asto Saloko, Ketua Yayasan Tunas Bakti Nusantara.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…