Promosikan Pariwisata Morotai, Jababeka Gelar "Jababeka Morotai Night"

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:30 WIB

Jababeka Morotai Night (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Jababeka Morotai Night (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pulau Morotai di Maluku Utara menjadi salah prioritas pengembangan pariwisata dan masuk dalam daftar 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya, PT Morotai Jababeka terus menggenjot dan mempromosikan keindahan daerah tersebut sehingga layak menjadi destinasi pariwisata kelas internasional. 

Dalam hal ini, PT Jababeka Morotai berkolaborasi dengan KAUM Restorant menggelar acara yang bertajuk "Jababeka Morotai Night", Kamis (18/10/2018).

Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemerintah Kabupaten Morotai menghadirkan lebih dari 100 tamu penting, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, acara tersebut diadakan untuk mempromosikan makanan, batik dan musik khas Morotai. 

S. D Darmono selaku Chairman Jababeka dalam sambutannya mengatakan, Morotai memiliki letak yang sangat strategis untuk menjadi hub di kawasan Indonesia bagian timur. 

"Karena letaknya, Morotai ini bisa jadi semacam Singapura. Singapura kan jadi hub di Asia Tenggara sebelum ke Indonesia. Ini yang kita ingin tiru untuk Morotai ini suatu hari jadi Singapura-nya Indonesia," ujarnya. 

Menurut Suteja, hal ini bisa menghidupkan ekonomi Indonesia, terutama di kawasan bagian timur. Ia menilai, masih banyak daerah di wilayah timur yang belum terkoneksi dan terbangun dengan baik.

Padahal di beberapa negara Asia lainnya seperti Filipina, Australia, Taiwan, Jepang, China, dan Korea, bagian timur dikembangkan lebih maju.

"Dengan proyek Morotai ini saya pikir ke depan akan menjadi kalau tidak jadi Singapura, minimal akan jadi Batam sebagai pusat hub ekonomi Indonesia," katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama menyebutkan, pihaknya ingin Morotai lebih dikenal oleh banyak orang. 

"Saat ini Morotai dipersiapkan menjadi destinasi kelas dunia, karenanya semua harus bisa dimaksimalkan terutama produk-produk lokal yang harus kita create menjadi international taste. Salah satunya adalah produk makanan lokal menjadi makanan internasional," tambahnya.

Menurutnya, masyarakat bukan menjadi penonton tetapi menjadi pelaku dalam kemajuan wisata baru hingga timbulah win-win solution. Masyarakat ikut memiliki, menikmati, dan mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan.

"Masyarakat Morotai harus turut serta dalam pembangunan pariwisata melalui kreasi produk lokal, sehingga mereka bisa ikut menikmati keuntungan dan sejahtera," imbuh Basuri. 

Disisi lain, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang terus mendukung pemerintah untuk terus mempromosikan pariwisata Morotai. 

"Kami tekankan, Kemenpar serta Kementerian dan Lembaga lainnya akan mendukung penuh seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan pariwisata Indonesia," terang Dadang. 

Dadang berharap sinergi antara pemerintah, swatsa, akademisi, serta media dapat membangun pariwisata Indonesia khususnya Morotai menjadi destinasi wisata internasional. 

"Kami dari pemerintah terus berusaha untuk itu," tutup Dadang. 

Morotai merupakan bagian dari 10 Bali Baru, yaitu program pemerintah yang fokus membangun kawasan pariwisata seperti halnya Bali. Selain itu Morotai juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang terletak di timur Indonesia dan merupakan salah satu pulau terluar dengan keindahan dunia bawah lautnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.