Promosikan Pariwisata Morotai, Jababeka Gelar "Jababeka Morotai Night"

Oleh : Ridwan | Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:30 WIB

Jababeka Morotai Night (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Jababeka Morotai Night (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pulau Morotai di Maluku Utara menjadi salah prioritas pengembangan pariwisata dan masuk dalam daftar 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

PT Jababeka Tbk melalui anak usahanya, PT Morotai Jababeka terus menggenjot dan mempromosikan keindahan daerah tersebut sehingga layak menjadi destinasi pariwisata kelas internasional. 

Dalam hal ini, PT Jababeka Morotai berkolaborasi dengan KAUM Restorant menggelar acara yang bertajuk "Jababeka Morotai Night", Kamis (18/10/2018).

Acara yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Pemerintah Kabupaten Morotai menghadirkan lebih dari 100 tamu penting, baik dari dalam maupun luar negeri. 

Selain itu, acara tersebut diadakan untuk mempromosikan makanan, batik dan musik khas Morotai. 

S. D Darmono selaku Chairman Jababeka dalam sambutannya mengatakan, Morotai memiliki letak yang sangat strategis untuk menjadi hub di kawasan Indonesia bagian timur. 

"Karena letaknya, Morotai ini bisa jadi semacam Singapura. Singapura kan jadi hub di Asia Tenggara sebelum ke Indonesia. Ini yang kita ingin tiru untuk Morotai ini suatu hari jadi Singapura-nya Indonesia," ujarnya. 

Menurut Suteja, hal ini bisa menghidupkan ekonomi Indonesia, terutama di kawasan bagian timur. Ia menilai, masih banyak daerah di wilayah timur yang belum terkoneksi dan terbangun dengan baik.

Padahal di beberapa negara Asia lainnya seperti Filipina, Australia, Taiwan, Jepang, China, dan Korea, bagian timur dikembangkan lebih maju.

"Dengan proyek Morotai ini saya pikir ke depan akan menjadi kalau tidak jadi Singapura, minimal akan jadi Batam sebagai pusat hub ekonomi Indonesia," katanya. 

Sementara itu, Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahaja Purnama menyebutkan, pihaknya ingin Morotai lebih dikenal oleh banyak orang. 

"Saat ini Morotai dipersiapkan menjadi destinasi kelas dunia, karenanya semua harus bisa dimaksimalkan terutama produk-produk lokal yang harus kita create menjadi international taste. Salah satunya adalah produk makanan lokal menjadi makanan internasional," tambahnya.

Menurutnya, masyarakat bukan menjadi penonton tetapi menjadi pelaku dalam kemajuan wisata baru hingga timbulah win-win solution. Masyarakat ikut memiliki, menikmati, dan mendapatkan keuntungan dan kesejahteraan.

"Masyarakat Morotai harus turut serta dalam pembangunan pariwisata melalui kreasi produk lokal, sehingga mereka bisa ikut menikmati keuntungan dan sejahtera," imbuh Basuri. 

Disisi lain, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman mengapresiasi PT Jababeka Morotai yang terus mendukung pemerintah untuk terus mempromosikan pariwisata Morotai. 

"Kami tekankan, Kemenpar serta Kementerian dan Lembaga lainnya akan mendukung penuh seluruh pemangku kepentingan untuk mengembangkan pariwisata Indonesia," terang Dadang. 

Dadang berharap sinergi antara pemerintah, swatsa, akademisi, serta media dapat membangun pariwisata Indonesia khususnya Morotai menjadi destinasi wisata internasional. 

"Kami dari pemerintah terus berusaha untuk itu," tutup Dadang. 

Morotai merupakan bagian dari 10 Bali Baru, yaitu program pemerintah yang fokus membangun kawasan pariwisata seperti halnya Bali. Selain itu Morotai juga ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang terletak di timur Indonesia dan merupakan salah satu pulau terluar dengan keindahan dunia bawah lautnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Kamis, 21 Maret 2019 - 04:45 WIB

Siaga Potensi Gelombang Setinggi Empat Meter di Tujuh Wilayah

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memberikan peringatan dini gelombang tinggi kisaran 2,5 hingga 4 meter yang kemungkinan terjadi di 7 wilayah perairan Indonesia dalam empat hari ke…

Milasari Kusumo Anggraini (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:25 WIB

Milasari Kusumo:Mulailah Membangun Ekosistem Ekonomi Kerakyatan

Tidak banyak calon legislatif (caleg) yang hadir di tengah masyarakat dengan membawa konsep perbaikan ekonomi. Dari yang sedikit itu terdapat Milasari Kusumo Anggraini SE, caleg DPR RI dari…

PT Jasa Tirta Energi selaku BUMN yang bergerak di sektor bisnis energi dan konstruksi akan mengoptimalkan pembangkit listrik tenaga minihidro untuk mengaliri aliran listrik di seluruh pelosok Indonesia.

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:13 WIB

Ambisi Jasa Tirta Energi Aliri Listrik di Pelosok

Pemerintah menargetkan hingga 2025 rasio elektrifikasi mencapai 100 persen dimana permintaan akan listrik bertambah 7.000 MW setiap tahunnya. Peluang inilah yang mendasari PT Jasa Tirta Energi…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Maret 2019 - 21:00 WIB

GI Maskapai Global dengan Capaian OTP Terbaik di Dunia Periode Desember 2018-Februari 2019

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia berhasil mencatatkan capaian tertinggi On Time Performance (OTP) terbaik untuk kategori maskapai penerbangan global dengan jumlah penerbangan di…

Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Rabu, 20 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong Industri Tenun dan Batik Gunakan Benang Bemberg

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus mendorong penyediaan bahan baku untuk industri tenun dan batik nasional.