Sistem Kelistrikan di Sulteng Sudah 75% Normal

Oleh : Herry Barus | Minggu, 07 Oktober 2018 - 13:58 WIB

Listrik Ilustrasi
Listrik Ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Infrastruktur listrik, telekomunikasi, jalan, bandara dan suplai bahan bakar minyak (BBM) sudah mulai pulih di daerah terdampak gempa Sulawesi Tengah. Bantuan dari negara asing sudah mulai mengalir ke lokasi bencana.

"Saat ini 75% sistem kelistrikan di Sulteng sudah menyala karena PLTU Mpana sudah beroperasi normal. lima gardu induk dan transmisi Sulselbarteng sudah beroperasi, dan 80 genset sudah beroperasi," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho.

Demikian disampaikan Sutopo Purwo Nugroho dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema "Update Tanggap Bencana Sulteng", bertempat di Lobi Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (6/10/2018).

Adapun, Sutopo menambahkan, suplai BBM ke wilayah terdampak sudah mencapai 75% dari kebutuhan. Sebanyak 17 SPBU sudah beroperasi. Sedangkan, transportasi jalan sekitar Kota Palu sudah tembus 6 km dari sebelumnya yang terputus sepanjang 12 km. Bandara Mutiara Sis Aljufri sudah bisa mengoperasikan penerbangan komersial di samping penerbangan perbantuan dari militer dan bantuan asing.

Menyangkut percepatan pemulihan sistem telekomunikasi, menurut Sutopo sudah mengalami kemajuan cukup banyak. Saat ini, Base Transceiver Station (BTS) operator seluler suduah pulih sekitar 60%. "Ini disebabkan pulihnya pasokan listrik di Palu," jelasnya.

Dari data termutakhir BNPB pada H+8 ini, dijelaskan, sampai Jumat (05/10/2018) malam tercatat 1.649 orang korban meninggal, tersebar di Kabupaten Donggala 159 orang, 1.413 di Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong sebanyak 16 orang dan 1 orang di Pasangkayu, Sulawesi Barat.

"Paling banyak korban memang di Palu. Kami melihat itu disebabkan terjangan tsunami, belum terevakuasi semua area tadi. Kita terus berusaha mengevakuasi dan semua jenazah yang ditemukan sudah dimakamkan semua," jelas Sutopo.

Para jasad korban gempa dan tsunami itu ada dimakamkan secara massal di TPU Paboyan 628 jasad, 922 jenazah dimakamkan oleh keluarga sendiri. Sedangkan, seorang jenazah warga Korsel sudah dikremasi sesuai permintaan keluarga dan telah dibawa ke Korea.

Menyangkut kondisi para pengungsi, masih ada sebanyak 62.359 orang yang tersebar 147 titik. Jumlah ini terjadi penurunan dari sehari sebelumnya karena sebagian sudah kembali ke rumah atau dievakukasi ke luar Sulteng.

Pemerintah juga sudah mengevakuasi sejumlah pengungsi, terutama dari Palu menuju luar wilayah Sulteng. Sebanyak 6.157 orang sudah dievakuasi terdiri dari 4.631 orang ke Makassar, 1.173 orang ke Balikpapan, 182 orang ke Jakarta dan 171 orang ke Manado. Pemerintah memfasilitasi evakuasi ini dengan pesawat udara dan kapal laut.

"Sebagian besar mereka adalah para pendatang di Sulteng atau orang asli Sulteng tapi memiliki saudara dan kerabat di daerah itu," ungkap Sutopo.

Sejauh ini, prioritas tanggap darurat bencana di Sulteng masih dilakukan, yaitu dilakukan percepatan evakuasi dan pencarian korban, pendirian rumah sakit lapangan, penanganan medis dan jenazah, distribusi logistik, percepatan pemulihan infrastruktur, dan penanganan bantuan luar negeri.

Untuk percepatan evakuasi, membersihkan puing-puing bangunan rusak dan jalan, pemerintah sudah mengerahkan 51 alat berat. Sebanyak 39 unit lagi beroperasi di Kota Palu dan wilayah Sigi ada 12 unit.

"Kalau ada berita di medsos bahwa di Patobo, Balaroa, Mamboro, Biuronaru hanya dilakukan manual, itu tidak benar. Kami menggunakan alat berat sejak tiga hari lalu. Lumpur sudah mulai mengeras sehingga memudahkan pencarian korban. Ada juga di beberapa lokasi lumpur masih basah, ya tidak kita kerahkan alat berat di sana," jelas Kepala Pusdatin BNPB.

Turut hadir dalam FMB 9 kali ini antara lain: Wakil Menlu Abdurrahman Mohammad Fachir, Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN Indriani Widiastuti, dan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…