Tumbuhkan Minat Berkesenian Kemendikbud Gelar Tari Anak Indonesia 2018

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 04 Oktober 2018 - 12:00 WIB

Peserta Sulawesi Utara mengawali Gelar Tari Anak 2018 di Istana Anak-anak TMII
Peserta Sulawesi Utara mengawali Gelar Tari Anak 2018 di Istana Anak-anak TMII

INDUSTRY.co.id - JAKARTA—Perkembangan tehnologi yang semakin deras mau tidak mau bakal menggerus minat anak-anak terhadap kesenian. Mereka akan terpaku dengan segala kecanggihan tehnologi yang memudahkan tapi tidak memberi sentuhan pada rasa.  Menghadapai hal yang demikian Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Festival Seni Pertunjukan Anak 2018. Yang salah satunya adalah mengadakan Gelar tari Anak Indnesia 2018 yang berlangsung di Istana Anak-Anak TMII, dari tanggal 3 hingga 5 oktober besok.

Menurut Direktur Kesenian Kemendikbud Restu Gunawan, problem pengembangan kebudayaan di Indonesia salah satunya adalah rasa memiliki. Banyak pemeirntah daerah yang menganggap bahwa pengembangan dan pelestarian kebudayaan menjadi pekerjaan dan tanggungjawab pemerintah pusat.  “Jadi ada daerah yang beranggapan bahwa kebudayaan, berkesenian adalah proyek pemerintah pusat. padahal kebudayaan juga tanggungjawab dan milik pemerintah  daerah,” kata Restu di sela Kegiatan Gelar Tari Anak Indonesia 2018 yang berlangsung di TMII, Jaktim, Rabu (3/10).

Restu menambahkan  bahwa kebudayaan dan kesenian adalah wadah yang strategis untuk menanamkan karakter kebangsaan bagi anak-anak. Karena dalam budaya dan berseni, anak diajarkan tentang nilai-nilai toleransi, percaya diri, kerjasama, gotong royong dan menghormati perbedaan. “Saya ambil contoh saat memainkan musik, pemainnya tidak melihat latar belakang agamanya, sukunya.Kolaborasi antar pemain yang berbeda akan menghasilkan musik yang indah,” jelas Restu.

Menjawab pertanyaan wartawan soal apakah pendidikan kesenian patut dimasukkan kedalam kurikulum pendidikan di sekolah dasar, restu mengatakan tidak perlu. Sebab saat ini kurikulum pendidikan sudah cukup padat dan anak-anak sudah direpotkan dengan bawaan tas yang berat.

“Dengan tidak menjadi bagian dari kurikulum pendidikan, anak-anak dengan bakat kesenian yang menonjol bisa mempelajarinya melalui wadah lainnya diluar lembaga sekolah. Anak bisa belajar melalui sanggar-sanggar kesenian yang ada. Di sini mereka akan bersosialisasi dengan anak-anak lain ang berbeda sekolah. Dari sini kerukunan dan kebersamaan bisa diciptakan,’lanjutnya

Kegiatan Gelar Tari Anak Indonesia 2018, tanggal 2-6 Oktober, di Istana Anak-anak Indonesia, TMII yang diikuti 27 komunitas terpilih mewakili provinsi. Mereka dipilihan melalui panggilan terbuka (open Call) yakni mengirimkan video karya tari anak-anak. Lantas para pengamat yang terdiri dari para  praktisi tari, memilih satu untuk tiap provinsi.  Maka diperolehlah 27 komunitas yang mewakili provinsi,

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana “Festival Seni Pertunjukan 2018”, Edi Irawan, menyampaikan, apresiasi seni untuk anak ini, melibatkan masyarakat luas berbasis komunitas. Didukung sistem data dengan sistem penyelenggaraan festival yang lebih baik. Ekspresi seni, baik sebagai manifestasi personal maupun realisasi nilai kolektif, adalah bentuk-bentuk pemberdayaan masyarakat kesenian. Hal ini menunjukkan bahwa kreasi seni secara dinamis selalu melakukan penyesuaian dan transformasi pengalaman individu di tengah perubahan sosial.

“Ekspresi seni itu harus diinkulturasikan sejak dini, sejak masa anak-anak. Maka untuk itulah dua dari tiga Festival Seni Pertunjukan ini, yaitu Gelar Tari Anak Indonesia dan Konser Karawitan Anak Indonesia, dikhususkan sebagai usaha membangun jatidiri dan karakter bangsa sejak masa anak anak,” kata Edy. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.