Tahun Lalu, Sawit Berkontribusi Senilai Rp177 Triliun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 25 September 2018 - 17:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Medan- Hasil industri sawit masih memberikan kontribusi besar kepada devisa Indonesia atau sebesar Rp177 triliun di tahun 2017.

"Sawit masih memberikan kontribusi besar mendatangkan devisa sehingga pemerintah juga terus berupaya agar industri komoditas itu berjalan lancar," ujar Deputi Bidang Pangan dan Pertanian Kementerian Perekonomian, Musdalifah saat pembukaan Indonesia Palm Oil Stakeholder Forum (IPOS Forum) ke-3 di Medan, Senin (24/9/2018)

Apalagi, katanya, selain devisa yang cukup besar, sektor itu menyerap tenaga kerja yang banyak atau lebih 17,5 juta orang.

Untuk itu, kata dia, usaha tersebut harus dijaga secara bersama-sama khususnya dengan cara menjadikan bisnis berkelanjutan.

Musdalifah mengakui, Sumut berperan besar juga dalam perkembangan usaha sawit nasional.

Menurut dia, dari Rp177 triliun total devisa sawit nasional, 16 persen di antaranya merupakan sumbangsih dari Sumut.

"Melihat masih besarnya potensi pasar, maka pemerintah optimistis, komoditas itu memberikan pengaruh positif bagi perekonomian Imdonesia," katanya.

Potensi pasar yang cukup bagus itu terlihat dari penerapan kebijakan B-5 yang perlahan mampu mendongkrak ekspor CPO Indonesia.

India pun saat ini, katanya, sedang diajak negosiasi untuk menerapkan B-3 atau B-5 untuk kebutuhan dalam negeri.

"Indonesia masih bernegosiasi karena India khawatir kalau kebijakan B-3 atau B-5 diterapkan, maka berdampak pada kenaikan harga ekspor CPO," katanya seperti dilansir Antara.

Dirjen Perkebunan H Bambang menyebutkan Instruksi Presiden Nomor 8/2018 tentang Penghentian Sementara Perluasan Lahan dan Evaluasi Perkebunan Sawit, menjadi bukti adanya komitmen pemerintah ke industri perkebunan kelapa sawit nasional agar memiliki tata kelola yang baik.

Inpres itu juga bukti Indonesia berdaulat atas sawitnya, dan bukan karena adanya tekanan dari pihak manapun atau sebagai jawaban dari serangan-serangan pihak luar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Surat permohonan maaf INDUSTRY.co.id kepda PT Grab Taxi Indonesia

Jumat, 16 November 2018 - 20:56 WIB

Industry.co.id Sampaikan Permohonan Maaf ke Grab Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Portal berita Industry.co.id merupakan portal online terdepan yang memberitakan berbagai isu - isu terkini di dunia industri. Semua pemberitaan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Jumat, 16 November 2018 - 19:31 WIB

Presiden Jokowi: Masyarakat Merauke Tetap Jaga Kerukunan

Presiden Joko Widodo seusai sholat Jumat di Masjid Raya Al-Aqsha, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, berpesan kepada masyarakat agar tetap menjaga kerukunan.

Agus Santoso , Komisaris Utama Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co,id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:17 WIB

Agus Santoso Pensiun Dari Dirjen Perhubungan Udara Jauh Sebelum Tragedi Lion Air JT 610

PT Garuda Indonesia Tbk. angkat bicara terkait adanya misinformation terkait dengan pelantikan Polana Banguningsih Pramesti sebagai pejabat tetap Dirjen Hubungan Udara, pada Senin (12/11/2018)…

 Lembaga riset Institute for Development of Economics and Finance (Indef) (FotoIst)

Jumat, 16 November 2018 - 19:11 WIB

Sejumlah Catatan Terhadap Paket Kebijakan Ekonomi XVI

Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Abra Talattov mengkritisi Paket Kebijakan Ekonomi XVI yang baru saja diterbitkan pemerintah di Kompleks Istana Kepresidenan…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 16 November 2018 - 19:05 WIB

Rupiah Jumat Sore Menguat Menjadi Rp14.537

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Jumat sore, menguat sebesar 128 poin menjadi Rp14.537 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.665 per dolar AS.