Pemerintah Republik Ceko Berminat Investasi di NYIA

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 10:00 WIB

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)
New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Pemerintah Republik Ceko melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Proyek Kereta Api Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo.

Penjajakan itu dilakukan Presiden Senat Parlemen Republik Ceko Milan Stech serta Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotec bersama sejumlah delegasi dengan menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedong Pracimosono, Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (19/9/2018)

"Ini memungkinkan ada kerja sama misalnya Republik Ceko dengan PT KAI untuk membangun rel kereta api dari Airport (NYIA) ke Stasiun Tugu atau dari Yogyakarta ke Borobudur," kata Sultan seusai menemui delegasi dari Republik Ceko.

Setelah pertemuan itu, sejumlah delegasi dari kalangan pengusaha Republik Ceko yang tergabung dalam Czech Chamber Of Commerce, serta sejumlah perwakilan perbankan Ceko menindaklanjuti penjajakan itu dengan menggelar pertemuan bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY, PT Kerera Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura (AP) 1.

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi seperti dilansir Antara menyebutkan dalam penjajakan itu ada tiga prioritas yang akan dikerjasamakan. Selain proyek Kereta Bandara NYIA, ada pula rencana kerja sama pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, serta pengembangan manajemen rumah sakit di RSUP Sardjito dan RS yang akan dibangun di kawasan bandara baru.

"Kalau kerja sama proyek kereta, Republik Ceko memang punya pabrik kereta yang bagus. Nanti PT KAI yang tahu kira-kira apa saja yang bisa dikerjasamakan," kata putri Sultan ini.

Sementara itu Vice President Czech Chamber Of Commerce, Michal Srefl mengatakan pihaknya ingin memiliki andil dalam sejumlah proyek besar di Yogyakarta. Ia mengklaim Ceko memiliki sejumlah pabrik yang memadai untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan infrastruktur.

Seperti Proyek Kerata Api yang menghubungkan ke Bandara NYIA, menurut Michal, pihaknya bisa menyuplai berbagai kebutuhan untuk elektrifikasi kereta, hingga desain pembangunan konstruksi rail kereta dengan harga yang kompetitif.

"Meskipun Republik Ceko termasuk daerah Eropa Timur, tetapi kita bisa bersaing soal harga-harga. Harganya bisa lebih murah," kata Michal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Budi Wibowo mengatakan Republik Ceko dikenal memiliki kemampuan cukup maju dalam industri perkeretapian termasuk di dalamnya industri gerbong. "Sebagai uji coba awal adalah pembangunan jalur kereta api dari Bandara baru di Kulon Progo ke Stasiun Tugu Yogyakarta," kata dia.

Pembangunan jalur kereta api dari Yogyakarta ke Bandara baru, menurut dia, perannya sangat vital. Karena selain untuk memperlancar mobilitas penumpang, jalur tersebut nantinya juga akan dimanfaatkan untuk mengangkut pasir besi hasil eksploitasi dari PT JMI di Kulon Progo.

Menurut Budi, dalam waktu dekat, pihak Republik Ceko akan segera mengirimkam tenaga ahli untuk melakukan pengecekan di lapangan.

"Kami berharap agar jalur kereta bandara baru ini segera terealisasi," kata dia.

Deputi Executive Vice President (EVP) Daop VI PT KAI, Nathan M Siahaan mengatakan saat ini pihaknya masih dalam posisi mendengarkan berbagai produk yang ditawarkan oleh Pihak Pemerintah Ceko. "Kami nanti akan lihat apa yang kira-kira mereka bisa terlibat dalam proyek kereta tersebut," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.