Harga CPO Malaysia Terhempas ke Posisi RM2.195 per Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 06:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Penurunan harga kontrak penjualan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia untuk pengiriman Desember 2018 di Malaysia Derivatives Exchange menyentuh RM2.195 per ton pada Selasa (18/09/2018). Itu adalah level harga terendah sejak 15 Agustus 2018.

Menurut data Monex Investindo Futures di Jakarta, harga CPO Malaysia tersebut telah mengalami penurunan lebih dari 2%. Penurunan harga tersebut disebabkan oleh peningkatan volume produksi CPO neger jiran tersebut.

Di samping itu, data tersebut juga menunjukkan bahwa penurunan harga terebut juga disebabkan oleh perang dagang yang dilakukan Cina dengan Amerika Serikat (AS), terutama dalam perdagangan minyak nabati.

Dalam perang dagang Cina-AS itu, Presiden AS Donald Trump memberlakukan pajak impor sebesar 10% yang setara dengan US$200 miliar bagi barang-barang yang diimpor dari Cina.

Bahkan, Trump menuturkan,” Jika Cina melakukan pembalasan terhadap petani atau industri AS atas permberlakuan itu, maka kami akan melaksanakan pemberlakuan pajak tahap selanjutnya sebesar US$267 miliar sebagai biaya impor tambahan.”

Sementara itu, Menteri Perdagangan Cina mengungkapkan, unilateralisme dan proteksionisme AS akan merugikan kepentingan AS dan Cina serta berbagai perekonomian global.

Adapun Wang Tao, analis pasar komoditas mengungkapkan, harga CPO Malaysia terhempas jauh ke level RM2.197 per ton setelah harga komoditas sawit tersebut terus meluncur hingga menembus titik support RM2.227 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…