Harga CPO Malaysia Terhempas ke Posisi RM2.195 per Ton

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 20 September 2018 - 06:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Penurunan harga kontrak penjualan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) Malaysia untuk pengiriman Desember 2018 di Malaysia Derivatives Exchange menyentuh RM2.195 per ton pada Selasa (18/09/2018). Itu adalah level harga terendah sejak 15 Agustus 2018.

Menurut data Monex Investindo Futures di Jakarta, harga CPO Malaysia tersebut telah mengalami penurunan lebih dari 2%. Penurunan harga tersebut disebabkan oleh peningkatan volume produksi CPO neger jiran tersebut.

Di samping itu, data tersebut juga menunjukkan bahwa penurunan harga terebut juga disebabkan oleh perang dagang yang dilakukan Cina dengan Amerika Serikat (AS), terutama dalam perdagangan minyak nabati.

Dalam perang dagang Cina-AS itu, Presiden AS Donald Trump memberlakukan pajak impor sebesar 10% yang setara dengan US$200 miliar bagi barang-barang yang diimpor dari Cina.

Bahkan, Trump menuturkan,” Jika Cina melakukan pembalasan terhadap petani atau industri AS atas permberlakuan itu, maka kami akan melaksanakan pemberlakuan pajak tahap selanjutnya sebesar US$267 miliar sebagai biaya impor tambahan.”

Sementara itu, Menteri Perdagangan Cina mengungkapkan, unilateralisme dan proteksionisme AS akan merugikan kepentingan AS dan Cina serta berbagai perekonomian global.

Adapun Wang Tao, analis pasar komoditas mengungkapkan, harga CPO Malaysia terhempas jauh ke level RM2.197 per ton setelah harga komoditas sawit tersebut terus meluncur hingga menembus titik support RM2.227 per ton. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sales Director Maxima Global Solusindo Anthony Hermansjah (kedua dari kanan) saat peluncuran 3 seri produk CCTV Uniview, Jakarta, Kamis (13/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:51 WIB

Penuhi Kebutuhan Industri, Uniview Luncurkan 3 Seri Produk CCTV

Jakarta Bertempatan di The Pallas SCBD Jakarta, Maxima Global Solusindo sebagai National Distributor untuk merek ternama dan terdepan untuk perangkat kamera cctv (video surveillance) di pasar…

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.