MUI Maluku Pastikan Vaksin MR Halal

Oleh : Herry Barus | Selasa, 18 September 2018 - 12:28 WIB

Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)
Penelitian vaksin dokter (rino/industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Ambon- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Maluku memastikan vaksin measles rubella (MR) halal dan aman untuk diberikan kepada anak-anak.

"Vaksin MR halal sehingga aman untuk diberikan kepada anak usia 0-15 tahun, karena itu orang tua diimbau untuk membawa anak guna diberi vaksin MR," kata ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo.

Menurut dia, fatwa MUI menyatakan vaksin MR dibolehkan diberikan kepada anak, karena itu mengimbau seluruh masyarakat mendukung program pemerintah dengan membawa anak untuk diimunisasi.

Ia mengatakan, fatwa MUI Pusat Nomor 33 Tahun 2018 terkait imunisasi MR,  menyatakan dibolehkan untuk dberikan kepada anak-anak.

Fatwa MUI telah disebarkan ke seluruh puskesmas, sekolah di Provinsi Maluku agar menindaklanjuti pemberian imunisasi.

Yang terjadi di Kota Ambon saat ini adalah masih banyak terjadi penolakan imunisasi di sejumlah sekolah muslim, dengan fatwa MUI ini diharapkan orang tua segera membawa anak untuk diimunisasi.

"Yang terpenting adalah masyarakat peduli terhadap kesehatan, sehingga mulai membawa anaknya untuk diberikan imunisasi MR agar terlindung dari berbagai penyakit mematikan," ujarnya.

Abdullah menjelaskan, pihaknya juga akan terus mendukung upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon untuk mencapai target pemberian vaksin diatas 95 persen.

"Kami akan memberikan pemahaman melalui sosialisasi di sekolah maupun lingkungan bagi Posyandu, selain itu kita berharap di setiap ceramah di masjid dapat disampaikan, sehingga seluruh anak di Maluku terlindung," tandasnya.

Ditambahkannya, MUI memandang penyelenggaraan imunisasi MR merupakan salah satu bentuk ikhtiar dalam mengantisipasi dampak negatif penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…

Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Jumat, 26 April 2024 - 09:41 WIB

Ingin Sukses Jadi Digitalpreneur, Bekali Diri di Prodi Digital Entrepreneur Cyber University Sekarang!

Cyber University atau Universitas Siber Indonesia dikenal sebagai kampus fintech pertama di Indonesia dengan fokus pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan memiliki kurikulum CLP (Company…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…