Dukung Making Industry 4.0, Pamerindo Indonesia Siap Gelar Pameran Listrik Cerdas dan Otomatisasi

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 September 2018 - 14:38 WIB

Press Conference Pamerindo Elenex 2018 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Press Conference Pamerindo Elenex 2018 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Untuk pertama kalinya, penyelenggara pameran terbesar di Indonesia, Pamerindo Indonesia, menggelar pameran perangkat cerdas untuk efisiensi energi terbesar, Elenex Indonesia 2018 bersamaan dengan Building System & Automation (BSA) Indonesia 2018. Kedua pameran ini akan berlangsung 19-21 September 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta. 

Melibatkan lebih dari 250 peserta dan profesional Internet of Things (IoT) dalam mengaplikasikan solusi efisiensi energi, inovasi pencahayaan, sistem bangunan dan otomatisasi, serta sensor dan sistem keamanan pintar, acara ini akan mendatangkan lebih dari 6,000 profesional dan pemain industri utama, khususnya dari sektor manufaktur.

Elenex Indonesia berfokus pada listrik cerdas dan efisiensi energi, sementara titik berat BSA Indonesia ada di sistem bangunan cerdas dan otomatisasi. 

Project Director Pamerindo Indonesia, Wiwiek Roberto mengatakan, lewat penggabungan dua pameran ini, pihakny optimis dapat berkontribusi dalam percepatan adopsi industri 4.0 dan manufaktur cerdas di Indonesia. 

"Pameran ini juga menjadi wadah bagi ratusan manufaktur untuk memamerkan keunggulannya di bidang otomatisasi berbasis IoT dan solusi penghematan energi, dengan berbagai teknologi yang menjadi fokus inisiatif industri 4.0 dari pemerintah untuk membangun Indonesia 4.0," ujar Wiwiek pada Press Conference Pamerindo Elenex 2018 di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo bersama Kementerian Perindustrian Republik Indonesia meluncurkan peta jalan dan strategi, Making Indonesia 4.0, untuk menyukseskan industri 4.0, di tengah cepatnya perkembangan teknologi industri manufaktur di Indonesia. Komponen pentingnya mencakup kecerdasan buatan, IoT, dan sensor perangkat cerdas, seperti diungkapkan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Implementasi industri 4.0 yang sukses di Indonesia akan berdampak signifikan bagi pertumbuhan PDB hingga 1-2% setiap tahun, diperkirakan akan naik hingga 5%, mencapai 6-7% di periode tahun 2018-2030. Hampir seperempat dari proyeksi rasio pertumbuhan tersebut berasal dari industri manufaktur Indonesia, yang saat ini mengalami transformasi digital sangat cepat lewat IoT.

Selain mentransformasi bisnis cerdas, IoT juga membantu bisnis menghemat biaya operasional untuk mewujudkan bisnis yang berkelanjutan. Melalui sensor dan perangkat yang dibuat dengan otomatisasi dan sistem cerdas, misalnya, IoT menawarkan sistem kontrol yang tadinya hanya bisa dilakukan oleh manusia. 

"Dengan melibatkan lebih sedikit sumber daya manusia dalam melakukan tugas perusahaan, akan meningkatkan efisiensi biaya dan bisnis secara signifikan," ujar Tony Nur, General Manager Sicurezza Solutions Indonesia, sebagai salah satu peserta pameran di Building System & Automation Indonesia 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…