Cegah Radikalisme, Kampus Sering Berkomunikasi dengan Mahasiswa

Oleh : Herry Barus | Selasa, 28 Agustus 2018 - 06:30 WIB

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengimbau pihak kampus mulai dari pimpinan, dosen, dan staf untuk melakukan komunikasi dan mengontrol mahasiswanya agar terhindar dari pengaruh paham radikal.

Komunikasi yang baik antara mahasiswa dan dosen akan menumbuhkan kepercayaan dan memudahkan untuk memerangi masalah radikalisme di lingkungan kampus, kata Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius di hadapan 2.817 mahasiswa baru Universitas Pancasila, Jakarta, Senin.

"Kami minta dosen untuk tidak acuh terhadap mahasiswanya. Dosen juga harus ikut berperan aktif untuk mendeteksi," kata mantan Sekretaris Utama Lemhanas RI ini kepada Antara.

Para mahasiswa juga diharapkan bisa mengidentifikasi dan bahkan memberikan solusi kepada dosennya bila menemukan hal-hal yang agak menyimpang yang ada di lingkungan kampusnya.

"Jika pihak kampus tidak bisa, laporkan kepada kami (BNPT), nanti kami akan ikut asistensi," ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Menurutnya, jika terjadi hal yang tidak diinginkan, misal terjadi penyebaran radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus, maka rektor juga patut disalahkan.  "Beberapa waktu lalu saya juga sudah bilang sama Menristekdikti, peran rektor itu sangat besar, apa yang terjadi di kampus itu tanggung jawab rektor. Jika tidak mampu mengelola kampusnya maka rektornya diganti saja," tuturnya.

Menurut mantan Kepala Divisi Humas Polri ini, selama ini para mahasiswa menjadi sasaran target "cuci otak" dari kelompok radikal teroris. "Karena para anak-anak muda ini emosionalnya masih belum stabil, sementara keingintahuannya terhadap sesuatu itu sangat tinggi. Jadi, mahasiswa ini salah satu sasaran kelompok teroris untuk dipengaruhi lalu direkrut," ujarnya.

Rektor Uviversita Pancasila Prof Dr Wahono Sumaryono mengaku senang atas kehadiran Kepala BNPT memberikan pencerahan  tentang radikalisme dan terorisme mahasiswa baru di kampusnya.

"Dengan penjelasan Kepala BNPT tadi maka kita semua wajib mewaspadai karena radikalisme, terorisme, dan sebagainya itu bisa jadi sulit dideteksi kalau itu menjadi bagian dari ideologi," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…