Tak Hanya Mencari Ilmu, President University Ajak Mahasiswa Baru Bangun Mental dan Karakter

Oleh : Hariyanto | Minggu, 26 Agustus 2018 - 16:39 WIB

Penyambutan mahasiswa baru President University angkatan tahun 2018
Penyambutan mahasiswa baru President University angkatan tahun 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Memasuki tahun ajaran baru, President University menggelar upacara penyambutan kepada mahasiswa baru angkatan tahun 2018 yang diselenggarakan di Jababeka Convention Center (JCC), Kota Jababeka, Cikarang, Bekasi, dengan mengusung tema Becoming HAI Generations (Honesty, Agility, and Impactfullness).

Acara tersebut dipimpin langsung oleh Rektor President University, Dr. Jony Oktavian Haryanto dan dihadiri segenap jajaran rektorat, guru besar, dekan, ketua program studi, pengurus Yayasan Pendidikan Universitas Presiden, serta segenap staf dan dosen President University.

Pada acara hadir pula beberapa tamu undangan, seperti Koordinator Kopertis IV Prof. Dr. Uman Suherman, AS, M.Pd., dan sejumlah pembicara lainnya.

Melalui tema tersebut, President University mengajak kepada seluruh mahasiswa baru agar tidak hanya sekedar mencari ilmu dan pengetahuan di bangku kuliah namun juga membangun mental dan karakter yaitu: Kejujuran (Honesty), Ketangkasan (Agility) dan Bermanfaat (Impactfullness).

"Ada sebanyak 1.364 mahasiswa baru angkatan 2018 dan jumlah tersebut menjadi yang terbesar sejak President University berdiri sejak tahun 2001," kata Jony dalam sambutanya.

Pada kesempatan tersebut Jony juga berpesan kepada segenap mahasiswa baru, agar mereka selalu menyiapkan diri di era kompetisi global. Menurutnya, untuk menghadapi persaingan di masa yang akan datang tak hanya mengandalkan pengetahuan semata namun juga membutuhkan keterampilan siap kerja, entrepreneurial mindset serta ditunjang dengan kekuatan karakter.

Salah satu keunggulan sistem pendidikan di President University adalah selain menekankan capaian akademis, para mahasiswa juga dididik untuk Iangsung siap bekerja di berbagai bidang industri dan sekaligus memiliki wawasan entrepreneurship, tambah Jony.

Agar berhasil baik di industri atau dunia kerja maupun sebagai pengusaha (entrepreneur) membutuhkan landasan mental dan karakter HAI tersebut. Untuk itu President University telah mempertajam kurikulumnya yang bertumpu pada pengembangan karakter lulusan untuk menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas, berwawasan global dan berjiwa entrepreneurial.

Wakil Rektor Bidang Akademik President University Ir. Dwi Larso, MSIE., Ph.D., menjelaskan bahwa kurikulum terbaru President University bertujuan mendorong lulusannya menjadi profesional yang unggul di bidangnya, maupun menjadi entrepreneur dalam berbagai bidang usaha baik yang bersifat sosial dan komersial, termasuk dalam memanfaatkan teknologi, terutama IT.

Untuk menjadi bangsa yang maju dan makmur, Indonesia membutuhkan lebih dari 5 juta pengusaha, atau sekitar 2% dari seluruh penduduknya. President University bertekad memberikan yang terbaik melalui kontribusinya dengan mencetak pengusaha-pengusaha baru jelas Dwi Larso.

Selain disiapkan menjadi entrepreneur, untuk menambah daya saing melalui keterampilan siap kerja. President University juga menerapkan program magang. "Magang ini bersifat wajib, melalui program magang, banyak mahasiswa President University yang sudah diterima bekerja bahkan sebelum mereka diwisuda," tegas Dwi.

Ini sekaligus bukti betapa lulusan President University memiliki daya saing yang tinggi di pasar tenaga kerja, tutupnya.

Berdiri sejak tahun 2001, President University telah menghasilkan ribuan lulusan yang diserap di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, dalam dan luar negeri, ada juga di kantor-kantor pemerintahan, termasuk sebagian di antaranya yang menjadi pengusaha.

Mengembangkan semangat entrepreneurship baik bagi mereka yang berkarier sebagal eksekutif profesional (atau kerap disebut dengan istilah intrapreneurship) maupun menjadi pengusaha. Apalagi untuk menjadi bangsa yang maju dan sejahtera, Indonesua masih banyak membutuhkan hadirnya pengusaha-pengusaha baru, termasuk dari kalangan Generasi Z.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.