100 Lukisan Bernuansa Indonesia Dipamerkan di Jerman

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 30 Juli 2018 - 12:00 WIB

Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno bersama kurator Anna Katarina Gebers di Pameran Lukisan 'Hello World' Museum of Contemporary Art, dengan latar belakang lukisan Raden Saleh. (Foto: Dok. KBRI Berlin)
Dubes RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno bersama kurator Anna Katarina Gebers di Pameran Lukisan 'Hello World' Museum of Contemporary Art, dengan latar belakang lukisan Raden Saleh. (Foto: Dok. KBRI Berlin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Sekitar 100 lukisan, karya foto dan benda seni bernuansa Indonesia dipamerkan di Museum of Contemporary Art Berlin.

Lukisan pelukis maestro, seperti Raden Saleh, Walter Spies, Anak Agung Gede Soberat dipamerkan pada hasil karya seni di Musium tersebut.

Dubes RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, diundang secara khusus oleh Direktur Museum Dr. Gabriele Knapstein, untuk menghadiri dan melihat acara Eksibisi "Hello World" yang digelar di Museum tersebut, Rabu (25/7), berdasarkan keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (29/7).

Lukisan dan karya seni Indonesia di Museum ini adalah bukti hubungan sosial budaya antara Indonesia dan Jerman yang telah terjalin sejak abad silam, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka.

"People to people contact Indonesia-Jerman, yang merupakan salah satu motor diplomasi antar kedua negara telah berlangsung lama. Fakta ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi kita untuk tetap bisa memelihara dan meningkatkan kerja sama seni dan budaya dalam konteks modern seperti saat ini," ungkap Dubes Oegroseno.

Raden Saleh yang pernah tinggal di Dresden, Jerman pada pertengahan abad ke-19 adalah tokoh perintis lukisan Indonesia yang karya lukisannya banyak dikoleksi di Jerman. Selama di Jerman beberapa lukisan telah dibuatnya, antara lain "Arab Horsemen Attack by a Lion", juga dipamerkan.

Sementara itu, seniman Walter Spies asal Dresden Jerman pernah tinggal di Bali pada tahun 1927 hingga 1942 dan menjadi tokoh yang memperkenalkan Bali ke dunia. Walter Spies banyak terinspirasi dengan kelompok seniman Bali Pitamaha.

Hal ini terlihat pada karya-karyanya yang dipamerkan, antara lain."Sunlight in the Jungle" dan "Deer Hunt".

Beberapa lukisan Bali gaya Kamasan, Ubud, Batuan, juga dipamerkan di Museum ini. Selain itu, lukisan karya Anak Agung Gede Soberat, "Fisherman" dan "Deerhunt" yang dikoleksi orang Jerman juga menambah rentetan lukisan Indonesia yang dipajang pada Eksibisi tersebut.

Berkat karya-karya Walter Spies, masyarakat Jerman dan Eropa lainnya mengenal Bali. Sejumlah tokoh terkenal telah mengunjungi Pulau Dewata, seperti Aktor Charlie Chaplin, Antropologist Margaret Meade dan Musisi Colin Mcphee di sekitar tahun 1930an.

Dalam kesempatan ini, Direktur Museum juga menyampaikan buku tentang Raden Saleh kepada Dubes Oegroseno

 

Sumber: Antara

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 19:10 WIB

Menteri Airlangga: Peningkatan Investasi Dorong Tumbuhnya Populasi Industri

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, peningkatan investasi dapat mendorong pertumbuhan populasi industri.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…