Pengembangan Kawasan Industri Sejalan Upaya Pemerintah Keluarkan Kemudahan Perizinan

Oleh : Ridwan | Jumat, 27 Juli 2018 - 17:33 WIB

Bisnis Forum dan Rakernas HKI (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Bisnis Forum dan Rakernas HKI (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kuta- Himpunan Kawasan Industri (HKI) mendorong pemerintah mempercepat pengembangan kawasan industri baru di luar Pulau Jawa, mengingat potensi sumber daya alam, yang besar dan sekaligus menyerap tenaga kerja lebih banyak.

"Sebetulnya sudah ada tren positif pergeseran pengembangan industri manufaktur termasuk pengembangan kawasan industri dari Jawa ke luar Jawa," kata Ketua Umum HKI Sani Iskandar dalam forum bisnis dan rapat kerja nasional HKI di Kuta, Kabupaten Badung, Bali, Kamis (26/7/2018)

 Menurut dia, saat ini pengembangan kawasan industri di luar Jawa sudah mencapai 35 persen dan di Jawa 65 persen.

Kondisi itu berbeda dibandingkan 3-4 tahun lalu, saat kawasan industri masih didominasi daerah Jawa dengan menguasai 76 persen dan luar Jawa hanya 24 persen.

Pergeseran tersebut, kata dia, seiring dengan langkah pemerintah yang menggenjot pembangunan infrastruktur di daerah pinggiran di luar Jawa.

"Dari Undang-Undang Perindustrian sudah diamanatkan bahwa pemerintah menyediakan sarana dan prasarana dasar bagi industri seperti pelabuhan, pembangkit listrik, air sampai akses jalan," ucapnya.

Meski sudah ada tren pergeseran pengembangan kawasan industri, namun Sani berpandangan perlu terus dipercepat sesuai target yang diharapkan setidaknya dalam dua hingga tiga tahun mendatang porsi Jawa dan luar Jawa sudah mencapai sama-sama mencapai 50 persen.

Ia optimistis pengembangan kawasan industri baru bertumbuh sejalan dengan upaya pemerintah saat ini yang mengeluarkan sejumlah kemudahan dalam perizinan.

Kemudahan itu di antaranya pelayanan terpadu satu pintu, layanan perizinan tiga jam, kemudahan layanan investasi langsung konstruksi dan penerapan "online single submission" yang akan diberlakukan di kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus.

HKI juga berupaya mendorong masuknya investasi asing di antaranya dari Jepang sebagai salah satu penanam modal asing terbesar di Indonesia.

HKI mencatat hingga Mei 2018 jumlah kawasan industri yang bergabung dalam wadah tersebut sebanyak 87 kawasan industri dengan luasan area mencapai 86.878 hektare tersebar di 18 provinsi.

Total industri yang sudah dibangun di lokasi tersebut mencapai 9.976 perusahaan manufaktur dengan perkiraan tenaga kerja mencapai 3,99 juta orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…