Penderita Kanker Tidak Perlu Berobat ke Jakarta

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 04 Februari 2017 - 06:36 WIB

Ilustrasi Penderita Kanker (WIN-Initiative/Getty Images)
Ilustrasi Penderita Kanker (WIN-Initiative/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah sedang menyiapkan fasilitas penunjang untuk penanganan kanker dan jantung di tingkat regional, kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Mohamad Subuh.

Mohamad Subuh, di Jakarta, Rabu (1/2/2017) mengatakan peningkatan fasilitas layanan di rumah sakit tingkat regional dan nasional tersebut untuk mengurangi antrean pelayanan kesehatan yang masih terbatas sarananya.

"Ini yang kita harapkan pelayanan secara berjenjang sehingga tidak bertumpu di rumah sakit nasional sehingga kesannya antrean empat bulan lima bulan, itu yang dikeluhkan masyarakat karena fasilitas penunjang di regional sedang kita persiapkan," kata Subuh kepada sejumlah wartawan.

Dia menjelaskan rumah sakit tingkat regional adalah yang berada di antar kabupaten, sementara rumah sakit tingkat nasional yang berada di antarprovinsi.

Subuh mengungkapkan sejumlah provinsi sudah ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan nasional yang rencananya akan mulai berjalan secara keseluruhan pada 2019. "Insya Allah 2019 sudah berjalan semua," kata dia.

"Misalnya ada beberapa rujukan nasional di beberapa provinsi kita kembangkan untuk penyakit jantungnya, penanganan kankernya sehingga tidak semua harus ke Jakarta ke rumah sakit pemerintah kelas A," kata dia.

Dia menjelaskan peningkatan fasilitas rumah sakit tidak sekadar untuk menunjang sarana dan prasaran, tetapi juga termasuk sumber daya manusia mulai dari dokter, perawat, hingga sistem manajemen.

"Tapi perlu waktu, karena yang lama ini bukan melengkapi sarana prasarananya tapi melengkapi sumber daya manusianya. Bukan hanya dokternya tapi juga keperawatannya, sistem manajemennya, itu harus ditingkatkan bersama-sama," kata Subuh.

 

Terkait hari Kanker Sedunia diperingati setiap tanggal 4 Februari sedangkan Hari Kanker Anak Internasional diperingati setiap 15 Februari setiap tahunnya. Tema Hari Kanker Sedunia tahun 2017 adalah “Kita Bisa. Aku Bisa”. Tema ini bertujuan untuk menyebarkan pesan bahwa setiap orang baik secara bersama atau individual bisa mengambil peran dalam mengurangi beban dan permasalahan kanker.

Di Indonesia, prevalensi penyakit kanker cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, prevalensi tumor/kanker di Indonesia adalah 1.4 per 1000 penduduk, atau sekitar 347.000 orang. Di mana kanker tertinggi pada perempuan adalah kanker payudara dan kanker leher Rahim. Pembiayaan kanker terus meningkat, berdasarkan data dari BPJS hingga akhir tahun 2015, penyakit kanker telah menghabiskan biaya sebesar 2,2 triliun rupiah dan menempati urutan ketiga setelah penyakit jantung pembuluh dan gagal ginjal.

Pemerintah telah melakukan upaya deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim. Upaya deteksi dini kanker pada perempuan tersebut berupa skrining kanker leher rahim dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan kanker payudara dengan Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS). Cakupan deteksi dini IVA dan SADANIS di Indonesia sampai dengan tahun 2016 meningkat jika dibandingkan tahun 2015 dimana cakupan pemeriksaan sebesar 1.268.333 orang atau 3.4% menjadi  1.925.943 orang atau sekitar 5.2 %.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…