Peringati HUT ke-30, HKI Siap Dukung Pemerintah Wujudkan Program Hilirasi Industri

Oleh : Ridwan | Kamis, 28 Juni 2018 - 14:13 WIB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Himpunan Kawasan Industri (HKI) hari ini, Kamis (28/6/2018) menyelenggarakan Halal Bihalal Idul Fitri 1439 H sekaligus perayaan HUT HKI ke-30 Tahun.

Acara yang dihadiri oleh Ketua Umum HKI Sanny Iskandar beserta seluruh anggota HKI secara resmi dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto yang juga sekaligus Dewan Pembina HKI.

Dalam sambutannya, Sanny mengatakan HKI bersama Kadin Bidang Pengembangan Kawasan Industri dan Apindo terus menyelenggarakan program kegiatan yang ditujukan untuk pengembangan di bidang properti khususnya kawasan ekonomi.

"Sebagai asosiasi ini merupakan tanggung jawab kami untuk mewujudkan program pemerintah yaitu hilirasi industri," kata Sanny

Dikatakan Sanny, kita sebagai asosiasi patut untuk mendukung program pemerintah agar berjalan beriringan.

"Dalam dua tahun ini kita sudah jalankan program seperti seminar nasional tentang percepatan infrastruktur prioritas pengembangan kawasan industri," ujarnya.

Selain itu, Kadin khususnya Bidang Pengembangan Kawasan Industri telah bekerjasama dengan Kementerian Perekonomian dalam tahap pengembangan ekonomi khusus.

"Masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah, kami selaku asosiasi turut hadir untuk mencapai pertumbuhan ekonomi nasional yang lebih baik lagi," terang Ketum HKI.

Sekedar informasi, saat ini jumlah kawasan industri mencapai 87 perusahaan yang telah menjadi anggota HKI dengan luas kawasan sekitar 86 ribu hektare (Ha).

Menurut Sanny, saat ini porsi pembangunan kawasan industri sudah semakin seimbang.

"Saat ini diluar Jawa sudah 40 persen, ini merupakan usaha dari Kemenperin, dimana HKI juga mendorong untuk perluasan pengembangan kawasan industri luar Jawa," tutur Sanny.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh HKI, saat ini sudah ada 12 kawasan ekonomi khusus (KEK), ada 29 kawasan industri yang sudah menjadi PSN, kemudian yang berstatus prioritas ada 17 kawasan, sedangkan kawasan industri yang memperoleh kemudahan program KLIK dari BKPM dan Kemenperin sebanyak 47 kawasan. Selain itu ada 18 kawasan industri yang mendapatkan fasilitas obyek vital.

"Ada banyak hal program pemerintah yang sudah diberikan kepada pengusaha kawasan industri, ini merupakan suatu hal yang sangat baik dan harus terus ditingkatkan," tutur Sanny.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…