Lebaran Selesai, PLN Aktifkan Kembali Pembangkit Berdaya 5.000 MW

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 22 Juni 2018 - 09:45 WIB

Pembangkit Listrik
Pembangkit Listrik

INDUSTRY.co.id,  Jakarta - PT PLN (Persero)  mengaktifkan kembali sejumlah  pembangkit listrik yang sempat dimatikan selama libur Idul Fitri 2018. Pembangkit yang diaktifkan kembali memiliki  total kapasitas mencapai 5.000 megawatt (MW).

“Sudah dong. Hari ini sudah mulai (diaktifkan pembangkit). Mungkin tidak full 7. 000 MW, tapi 5.000 MW pasti masuk,” ujar Syofvi Roekman, Direktur Perencanaan PLN di Jakarta, Jumat (22/6/2018)

Dalam operasional selama lebaran, PLN melakukan pemadaman secara berkala terhadap pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Total ada 18 pembangkit yang mendapatkan jatah pemadaman secara bergilir dengan total kapasitas mencapai 7.700 MW untuk wilayah pulau Jawa sebagai wilayah dengan tingkat konsumsi paling tinggi di tanah air. Sementara beban puncak di hari biasa mencapai 25,8 ribu MW.

Untuk wilayah Jawa Bali sendiri kemampuan kapasitas yang dimiliki PLN mencapai 33,6 ribu MW.Berdasarkan kalkulasi yang ada, PLN berpotensi kehilangan pendapatan hingga Rp 2,036 triliun dengan  penurunan konsumsi tersebut.

Menurut Syofvi normalisasi pasokan listrik baru benar-benar akan diimplementasikan pada pekan depan.  Namun itu pun juga mengikuti kebutuhan masyarakat. “Minggu depan sudah harus normal. Minggu depan sudah masuk lagi, disesuaikan sama beban dong. Disesuaikan sama kebutuhan,” pungkasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana diskusi yang bertajuk “Kasus Privatisasi JICT Jilid II (2015-2039), Kemana Pemerintah dan KPK” yang digelar Serikat Pekerja (SP) JICT di Hotel Sunlake, Sunter, Jakarta, Kamis (21/03/2019) petang.

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:49 WIB

Pakar Hukum UGM: Perpanjangan Kontrak Pelindo II dan Hutchison Ports Tetap Sah

Oce Madril, pakar Tindak Pidana Korupsi Universitas Gajah Mada (UGM), menilai perjanjian perpanjangan kontrak PT Jakarta International Container Terminal (JICT) antara PT Pelindo II dan Hutchison…

Tommy Soeharto Ketum Partai Berkarya (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 20:00 WIB

Tommy Soeharto: Kami Hadir Memberi Bukti, Bukan Janji

Ketua Umum Partai Berkarya Tommy Soeharto mengatakan partainya berkomitmen memberi solusi dan bukti, bukan janji, untuk meningkatkan produksi pangan nasional.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Jumat, 22 Maret 2019 - 19:05 WIB

Kemenperin Dorong IKM Logam Perluas Kemitraan Dengan Perusahaan Otomotif

Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menegah dan Aneka (IKMA) meenggelar acara Kick-Off IKM dalam Supply Chain Industri Otomotif Nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto ketika mengunjungi sentra IKM logam Ngingas, Sidoarjo, Jawa Timur

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:18 WIB

IKM Siap Berkontribusi dalam Rantai Pasok Industri Otomotif Nasional

Industri Kecil Menengah (IKM) siap berkontribusi dalam rantai pasok industri otomotif nasional yang diwujudkan melalui keberhasilan Koperasi Batur Jaya (KBJ) yang sejak awal Januari 2019 berhasil…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Jumat, 22 Maret 2019 - 18:00 WIB

Tingkat Layanan Jalan Tol, Menteri Rini Ikut Simulasi RFID Jasa Marga

PT Jasa Marga Tbk menggelar simulasi transaksi nir sentuh berbasis Radio-Frequency Identification (RFID) atau Single Lane Free Flow (SLFF) untuk meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi para…