Mencicipi Kuliner Sembari Menikmati Bentangan Sawah di Waroeng Kemarang

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 Juni 2018 - 13:30 WIB

Waroeng Kemarang, Destinasi Kuliner di Banyuwangi (Foto: facebook.com/kemenpar)
Waroeng Kemarang, Destinasi Kuliner di Banyuwangi (Foto: facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id, JakartaSelain memiliki destinasi wisata yang indah, Banyuwangi juga memiliki berbagai destinasi kuliner yang perlu kamu datangi saat berlibur ke kampung halaman Menteri Pariwisata, Arief Yahya. Salah satunya yakni Waroeng Kemarang. 

Terletak di Jalan Perkebunan Kalibendo, Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Taman Suruh, Glagah, Kabupaten Banyuwangi ini merupakan tempat makan yang memiliki panorama yang indah, dihiasi dengan pemandangan persawahan berkontur terasiring yang menyejukan mata. Selain itu, Waroeng Kemarang ini juga memiliki spot selfie bagi kamu yang ingin berfoto-foto bersama keluarga dan teman-teman.

"Ini destinasi kuliner baru di Banyuwangi," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dikutip dari facebook Kemenpar, Jakarta, Senin (18/6/2018). 

Uniknya, bagian atas dari Waroeng Kemarang ini mempunyai desain bangungan semi outdoor. Tampilannya menyerupai joglo. Itulah bangunan utama Waroeng Kemarang. Arsitekturnya berbentuk rumah adat Osing. Ukurannya jumbo. Sangat besar. Saking besarnya, rumah joglo tadi dinobatkan sebagai rumah adat Osing terbesar saat ini. Lebar bentangan kayu Penglarinya saja mencapai 13 meter. 

Waroeng Kemarang, Destinasi Kuliner di Banyuwangi (Foto: facebook.com/kemenpar)

Bagian sawahnya juga terlihat keren. Desainnya berkonsep outdoor dengan pondok meja-kursi dan gazebo lesehan. Balutan sawah terasiring yang subur, udara segar, asri nuansa pedesaan, peralatan dapur dan perabot meja kursi yang klasik asli Banyuwangi, akan menjadi teman bersantai bagi siapapun yang datang kulineran ke sana. 

"Saya betah di sana. Ada alunan musik dan kesenian tradisonal seperti gamelan angklung, gandrung dan barong Banyuwangi secara live," ujar Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar Wawan Gunawan.

Bagi yang penasaran, silakan jajal beragam menu tradisionalnya. Dari mulai Sego Tempong, Rujak Soto, Pelasan, Uyah Asem (Kesrut), Sego Janganan, Pecel Pitik, Kopi Lethek, Gedang Goreng, Sumping, Kucur, semua tersedia di Waroeng Kemarang.

Sementara, untuk harga di Waroeng Kemarang relatif murah mulai dari Rp3 ribu hingga Rp5 ribu saja. Nah, yuk! agendakan liburan kamu mencicipi kuliner khas Banyuwangi di Waroeng Kemarang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

KKP Dorong Industri Mutiara Nasional Bersaing di Kancah Dunia

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Investor Tiongkok akan Berinvestasi Budi Daya Mutiara di Flores Timur

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kabupaten Flores Timur Yohanes Kopong mengatakan sebanyak lima perusahaan berminat menamamkan modalnya atau berinvestasi…

Presiden Jokowi hUT Kadin (Foto Herlambang)

Selasa, 25 September 2018 - 18:00 WIB

Bergabungnya Rosan ke TKN Tak Pengaruhi Netralitas Pengusaha

Bergabungnya Ketua Umum Kamar Dagang dan Indonesia (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani dalam Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf tidak memengaruhi netralitas pengusaha, kata Ketua Bidang Organisasi…

Triawan Munaf, kepala Badan Ekonomi Kreatif (Foto: Hitsss)

Selasa, 25 September 2018 - 17:40 WIB

Ekonomi Kreatif Masa Depan Dunia

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan ekonomi kreatif merupakan sektor andalan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat baik di Indonesia maupun dunia.

Ilustrasi Migas

Selasa, 25 September 2018 - 17:20 WIB

SKK Migas Nilai Lapangan Sukowati Potensial Produktif

Deputi Perencanaan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jaffee Arizon Suardin menilai unit Asset 4 Sukowati Field merupakan salah satu blok migas…

Direktur Utama PGN, Gigih Prakoso

Selasa, 25 September 2018 - 17:01 WIB

Proses Akuisisi 51 Persen Saham Pertagas Selesai September

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus melaksanakan komitmennya untuk menyelesaikan proses akuisisi PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai tahap lanjutan usai induk BUMN Migas (Holding BUMN Migas)…