Pulau Halmahera Diharapkan Jadi Percontohan Pengembangan Energi

Oleh : Hariyanto | Jumat, 18 Mei 2018 - 11:11 WIB

Wilayah Halmahera
Wilayah Halmahera

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pulau Halmahera yang terletak di provinsi Maluku Utara memiliki kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah baik pertambangan logam, perikanan, pertanian serta potensi panas bumi. 

Halmahera yang memiliki potensi hipotetik mineral Nikel sebesar 238 juta ton dan potensi terduga panas bumi sebesar 425 Mwe, diproyeksikan akan menjadi salah satu pusat pengembangan SDA berbasis energi bersih.

Dalam rangka mempercepat pengembangan ekonomi di Provinsi Maluku Utara tersebut, Pemerintah kemudian membagi Halmahera menjadi dua klaster berdasarkan letak wilayah yaitu, Halmahera Utara (Klaster Ekonomi 1) dan Halmahera Selatan (Klaster Ekonomi 2). Klaster Ekonomi 1 didominasi oleh industri pertambangan logam sementara Klaster Ekonomi 2 potensinya lebih beragam.

"Pulau Halmahera diharapkan menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi dan percontohan pengembangan energi bersih. Untuk memenuhi potensi ekonomi ini, kebutuhan listrik pun akan meningkat, setidaknya mencapai 700 MW dalam beberapa tahun ke depan" ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, FX Sutiatsoto pada acara FGD Klaster Ekonomi Berbasis Energi Bersih dan Mineral Di Pulau Halmahera di Jakarta (15/5/2018).

Diungkapkan Sutijastoto, pemenuhan proyeksi peningkatan kebutuhan listrik untuk industri di Halmahera akan memanfaatkan potensi panas bumi, dimana pengembangan panas bumi selain ramah lingkungan juga memberikan ketahanan energi di manas depan, mengingat panas bumi tidak tergantung kepada fluktuasi harga energi dunia. Saat ini untuk panas bumi di Pulau Halmahera, sudah tiga wilayah mendapat izin pengelolaan WKP yaitu WKP Gunung Hamiding, Songa Wayaua dan Jaillolo. 

Potensi pasokan panas bumi dari WKP Gunung Hamiding yang dikelola oleh PT Star Energy Geothermal memiliki cadangan terduga 265 MW dan upside potential pengembangan lapangan dapat mencapai 795 MW dengan target Commercial Operation Date (COD) pada tahun 2024. PT PLN (Persero) mengelola dua WKP yaitu WKP Jailolo dengan cadangan terduga 70 MW dan WKP Songa Wayaau denganpotensi sebesar 10 MW.

Sedangkan untuk penyiapan fasilitas pendanaan proyek pengembangan panas bumi, PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) Persero memiliki peran yaitu pengelolaan dana pengembangan infrastruktur sektor panas bumi (PISP), penugasan dari Kementerian Keuangan dalam fasilitas penyediaan data dan informasi panas bumi, kolaborasi dengan institusi bilateral dan multilateral dalam mekanimesme pengurangan risiko tahap eksplorasi serta pembentukan geothermal project management unit (PMU) PT SMI.

"PT Sarana Multi Infrastruktur sedang melakukan evaluasi terhadap evaluasi proposal di WKP Jailolo, dimana dijadwalkan screening awal akan dilakukan pada pertengahan 2018, penugasan pada akhir 2018 dan drilling pada akhir 2020." Ungkap Kepala Divisi Pembiayaan Daerah PT SMI (Persero), Erdian Dharmaputra pada kesempatan tersebut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…