INSA Perjuangkan Pelayaran Nasional Kuasai Angkutan Ekspor

Oleh : Herry Barus | Selasa, 15 Mei 2018 - 13:24 WIB

Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)
Carmelita Hartoto, Ketua Umum Indonesian National Shipowners Association (INSA) (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Banjarmasin - Ketua Umum Persatuan Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional atau Indonesia National Shipowners` Association (INSA) Carmelita Hartarto mengatakan pihaknya kini sedang berjuang merealisasikan keputusan tentang angkutan ekspor impor agar bisa dikuasai oleh pelayaran nasional.

Menurut Carmelita di Banjarmasin pada pelantikan pengurus DPC INSA Banjarmasin, di Banjarmasin Senin (14/5/2018) saat ini 90 persen angkutan ekspor impor nasional dikuasai oleh kapal berbendera asing.

"Kami sedang memperjuangkan, agar untuk angkutan ekspor impor nasional, bisa dilakukan oleh kapal berbendera merah putih, dan syukur perjuang tersebut telah mendapatkan dukungan dari kementerian perdagangan," katanya.

Dukungan tersebut, terbukti dengan dikeluarkannnya keputusan menteri perdagangan nomer 82 tahun 2017, yang mewajibkan angkutan ekspor terutama CPO dan batu bara, dilakukan oleh kapal berbendera merah putih.

Diharapkan, ketentuan tersebut, bisa segera direalisasikan, dalam waktu yang tidak lama lagi, sehingga ke depan, seluruh angkutan ekspor batu bara dan CPO sudah berbendera merah putih.

Carmelita mengungkapkan, seluruh perusahaan nasional, kini harus bersatu dan saling mendukung, untuk meningkatkan kemampuan pelayaran nasional, sehingga bisa mendorong tumbuhnya perekonomian nasional lebih cepat.

Perusahaan pelayaran daerah, terutama Kalimantan Selatan, berperan besar, dalam mendorong kejayaan pelayaran nasional, mengingat potensi ekspor juga banyak berasal dari Kalsel.

"Tanpa dukungan dari daerah, saya rasa upaya untuk memperkuat peran pelayaran nasional, akan sulit terwujud," katanya kepada awak media.

Dia berharap, INSA Banjarmasin, mampu memberikan seluruh energinya, untuk mendukung kemajuan pelayaran daerah dan nasional.

"Perkuat koordinasi dengan seluruh pihak terkait di daerah maupun pemangku kepentingan ditingkat nasional, untuk kemajuan pelayaran daerah," katanya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, peran INSA sangat besar terhadap laju pembangunan Kalimantan Selatan, terutam untuk angkutan barang.

Menurut Gubernur, kerja sama dengan seluruh pihak, termasuk dengan INSA sangat penting untuk terus dilakukan, untuk mempercepat pembangunan ekonomi daerah.

"Kita akan terus berupaya mendukung pengusaha besar maupun kecil, untuk berinvestasi di Kalsel, termasuk pengusaha pelayaran," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan