Posko Nasional ESDM Tetap Bekerja Saat Cuti Bersama Idul Fitri

Oleh : Hariyanto | Selasa, 08 Mei 2018 - 16:27 WIB

Kementrian ESDM
Kementrian ESDM

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), M Fanshurullah Asa mewakili Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) (7/5/2018) hadir dalam Konferensi Pers terkait Tindak Lanjut Surat Ketetapan Bersama 3 Menteri tentang Cuti Bersama Idul Fitri 1439 H yang diselenggarakan di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta.

Terkait dengan kebijakan cuti bersama ini, Kepala BPH Migas menjelaskan bahwa bagi tim Posko Nasional ESDM, SKB 3 Menteri ini perlu untuk dikaji lebih mendalam. 

"Tim posko nasional bertugas dalam rangka mengamankan penyediaan dan pendistribusian BBM (bahan bakar minyak), gas, listrik dan antisipasi kebencanaan geologi di seluruh wilayah Indonesia dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H, sehingga SKB 3 Menteri ini perlu untuk dikaji lebih mendalam," ungkap Fansurullah pada kesempatan tersebut.

Melalui Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 1804 K/06/MEM/2018, Ketua BPH Migas telah ditugaskan menjadi Ketua Tim Posko Nasional ESDM yang akan memulai masa kerjanya pada tanggal 31 Mei 2018 sampai dengan tanggal 28 Juni 2018. Salah satu tugas yang diemban adalah memastikan keamanan pasokan energi (terutama BBM, gas, listrik) pada Ramadhan dan Idul Fitri yang konsumsinya meningkat tajam dibanding kondisi normal.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani membuka langsung konferensi pers ini bersama dengan beberapa Menteri dan Kepala Lembaga dalam menjelaskan terkait SKB 3 Menteri kepada para awak media. 

Pemerintah telah menetapkan penyesuaian hari cuti bersama Idul Fitri melalui SKB 3 Menteri yang ditetapkan tanggal 18 April 2018. Dalam menindaklanjuti SKB 3 Menteri tersebut, Pemerintah mendengarkan berbagai aspirasi baik dari aspek sosial, ekonomi, maupun keamanan dan ketertiban.

Melalui serangkaian proses pembahasan dan pertimbangan, Pemerintah mengambil kebijakan tindak lanjut SKB 3 Menteri tentang cuti bersama pada tanggal 11, 12, dan 20 Juni 2018 adalah sebagai berikut :

1. Pemerintah memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat yang mencakup kepentingan masyarakat luas tetap berjalan seperti biasa : Rumah Sakit, Telekomunikasi, Listrik, Air Minum, Pemadam Kebakaran, Keamanan & Ketertiban, Perbankan, Imigrasi, Bea Cukai, Perhubungan, dan lain sebagainya.

2. Setiap Kementerian/Lembaga akan menugaskan Pegawai yang tetap bekerja untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

3. PNS yang tetap bekerja untuk melayani masyarakat pada saat cuti bersama, dapat mengambil cuti di waktu lain tanpa mengurangi hak cuti tahunannya.

4. Transaksi pasar modal dan bursa akan dibuka pada tanggal 20 Juni 2018. Ketentuan Pelayanan Perbankan akan diatur oleh Bank Indonesia.

5. Cuti bersama di sektor swasta merupakan bagian dari cuti tahunan pekerja/buruh yang bersifat fluktuatif, sehingga pelaksanaannya dilakukan atas kesepakatan antara pekerja/buruh dengan pengusaha dengan memperhatikan kondisi dan kebutuhan operasional perusahaan. Ketentuan lebih lanjut akan ditetapkan oleh Kemenakertrans.

6. Kementerian Perhubungan akan mengatur semua stakeholder pelabuhan agar dapat bekerja dan melayani kegiatan pelabuhan selama masa cuti bersama Idul Fitri.

7. Empat Menko akan mengeluarkan surat instruksi kepada K/L terkait untuk melaksanakan penugasan Pelayanan Publik dan Pengaturan Pegawai di K/L terkait.

8. Setiap K/L akan menindaklanjuti pengaturan hal tersebut dengan menetapkan instruksi dan/atau Surat Edaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…