PM Lie Keqiang Sepakat Tingkatkan Impor Komponen Elektronik dari Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:18 WIB

PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)
PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (7/5/2018) , guna membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan.

"Saya sangat optimistis bahwa kerja sama Indonesia dan Tiongkok akan terus tumbuh besar, hal ini dapat didukung dengan kebijakan dari Pemerintah," kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara Indonesia-China Business Summit 2018.

Salah satu upaya peningkatan kerja sama adalah dengan menambah kuota ekspor minyak kelapa sawit dan produk komponen elektronik dari Indonesia ke Tiongkok.

Ekspor dari Indonesia tersebut merupakan upaya mengisi kekosongan kuota impor Tiongkok dari Amerika Serikat pada saat kedua negara tersebut terlibat ketegangan "perang dagang".

Nilai ekspor komponen elektronik Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut mencapai 4 miliar dolar AS, yang setara dengan nilai ekspor biodiesel.

Total volume perdagangan Indonesia-Tiongkok saat ini mencapai angka 65 miliar dolar AS dan diharapkan akan terus meningkat setelah adanya pertemuan bilateral antara Wapres Jusuf Kalla dan PM Li Keqiang.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia sejak disepakatinya kemitraan strategis dan komprehensif Indonesia-Tiongkok lima tahun yang lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Direktur PT Grahabuana Cikarang Sutedja S. Darmono bersama Chief Representative Creed Group Indonesia Tatsuya Ichinomiya serta Direktur PT Jababeka Creed Residence Handoyo Lim saat acara product knowledge Kawana 2 Concierge Golf Apartment

Rabu, 21 November 2018 - 21:10 WIB

Kawana I Laris Manis, Jababeka Residence Luncurkan Apartemen Premium Kawana 2 Concierge Golf Apartemen

Setelah meraih sukses pada proyek Kawana Golf Residence, Jababeka bersama mitra asal Jepang Creed Group kembali melanjutkan kerja sama pengembangan proyek apartemen premium, Kawana 2 Concierge…

Taspen Gandeng BRI persiapkan Road To Second Career bagi ASN dan Pensiunan

Rabu, 21 November 2018 - 21:00 WIB

Taspen Gandeng BRI persiapkan Road To Second Career bagi ASN dan Pensiunan

PT. Taspen (Persero) menggandeng PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dalam rangka sinergi BUMN menyelenggarakan acara Pra-Launching Kewirausahaan Pensiun Indonesia 2018 yang bertema Road…

Ilustrasi industri Fintech (sindonews.com)

Rabu, 21 November 2018 - 20:41 WIB

Fintech Berpeluang Atasi Inefisiensi di Indonesia

Teknologi finansial atau "financial technology" (Fintech) dinilai sangat berpeluang untuk bisa membantu mengatasi inefisiensi di segala bidang di Indonesia.

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Rabu, 21 November 2018 - 20:33 WIB

Presiden Jokowi Minta Menterinya Terus Perbaiki Bidang Investasi

Presiden Joko Widodo meminta para menterinya terus melakukan perbaikan di bidang investasi sehingga Indonesia lebih kompetitif.

Bank Pembangunan Asia/ADB (Foto ist)

Rabu, 21 November 2018 - 20:22 WIB

ADB: Pasar Obligasi Indonesia Tumbuh Cepat Triwulan III-2018

Laporan Bank Pembangunan Asia (ADB) terbaru menyatakan pertumbuhan pasar obligasi Indonesia termasuk salah satu yang tertinggi di kawasan Asia dalam periode triwulan III-2018.