PM Lie Keqiang Sepakat Tingkatkan Impor Komponen Elektronik dari Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:18 WIB

PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)
PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (7/5/2018) , guna membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan.

"Saya sangat optimistis bahwa kerja sama Indonesia dan Tiongkok akan terus tumbuh besar, hal ini dapat didukung dengan kebijakan dari Pemerintah," kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara Indonesia-China Business Summit 2018.

Salah satu upaya peningkatan kerja sama adalah dengan menambah kuota ekspor minyak kelapa sawit dan produk komponen elektronik dari Indonesia ke Tiongkok.

Ekspor dari Indonesia tersebut merupakan upaya mengisi kekosongan kuota impor Tiongkok dari Amerika Serikat pada saat kedua negara tersebut terlibat ketegangan "perang dagang".

Nilai ekspor komponen elektronik Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut mencapai 4 miliar dolar AS, yang setara dengan nilai ekspor biodiesel.

Total volume perdagangan Indonesia-Tiongkok saat ini mencapai angka 65 miliar dolar AS dan diharapkan akan terus meningkat setelah adanya pertemuan bilateral antara Wapres Jusuf Kalla dan PM Li Keqiang.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia sejak disepakatinya kemitraan strategis dan komprehensif Indonesia-Tiongkok lima tahun yang lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:20 WIB

ICW Anggap Golkar Berkilah Soal Caleg Mantan Koruptor

Wakil Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan menilai alasan Partai Golkar tetap mengajukan sejumlah bekas narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif pada Pemilu 2019…

Partai Golkar (Foto Ist)

Kamis, 19 Juli 2018 - 22:00 WIB

Golkar Tetap Calonkan Mantan Napi Korupsi, Ini Alasannya

DPP Partai Golkar memiliki alasan mengapa tetap mencalonkan sejumlah mantan narapidana korupsi sebagai calon anggota legislatif di Pilpres 2019.

Fujitsu dukung program industry 4.0 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 21:28 WIB

Dukung Penerapan Industry 4.0, Fujitsu Bentuk Public Service Business Development

Hal tersebut juga menjadi perhatian khusus bagi perusahaan IT asal Jepang, PT Fujitsu Indonesia dalam mendukung program pemerintah tersebut.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 21:00 WIB

Rupiah Kamis Sore Melemah ke Rp14.442

Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Kamis sore, ditutup melemah sebesar 28 poin menjadi Rp14.442 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.414 per dolar AS.

Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten (Foto Abe)

Kamis, 19 Juli 2018 - 20:45 WIB

Sediakan Perumahan PNS, Bank BTN Bermitra dengan Pemkab Lebak Banten

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, melakukan kemitraan dengan Korps Pegawai Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lebak dan PT Bintang Energi Lestari untuk menyediakan rumah bagi…