PM Lie Keqiang Sepakat Tingkatkan Impor Komponen Elektronik dari Indonesia

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Mei 2018 - 10:18 WIB

PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)
PM Tiongkok Li Keqiang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri China Li Keqiang di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (7/5/2018) , guna membahas upaya peningkatan kerja sama di bidang perdagangan.

"Saya sangat optimistis bahwa kerja sama Indonesia dan Tiongkok akan terus tumbuh besar, hal ini dapat didukung dengan kebijakan dari Pemerintah," kata Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya di acara Indonesia-China Business Summit 2018.

Salah satu upaya peningkatan kerja sama adalah dengan menambah kuota ekspor minyak kelapa sawit dan produk komponen elektronik dari Indonesia ke Tiongkok.

Ekspor dari Indonesia tersebut merupakan upaya mengisi kekosongan kuota impor Tiongkok dari Amerika Serikat pada saat kedua negara tersebut terlibat ketegangan "perang dagang".

Nilai ekspor komponen elektronik Indonesia ke negeri tirai bambu tersebut mencapai 4 miliar dolar AS, yang setara dengan nilai ekspor biodiesel.

Total volume perdagangan Indonesia-Tiongkok saat ini mencapai angka 65 miliar dolar AS dan diharapkan akan terus meningkat setelah adanya pertemuan bilateral antara Wapres Jusuf Kalla dan PM Li Keqiang.

Tiongkok merupakan mitra dagang terbesar bagi Indonesia sejak disepakatinya kemitraan strategis dan komprehensif Indonesia-Tiongkok lima tahun yang lalu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Speaker HomePod milik Apple versi harga murah.

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:19 WIB

Speaker HomePod Versi Murah Milik Apple Tengah Dipersiapkan

Apple Inc. saat ini tengah mempersiapkan HomePod baru dengan harga yang lebih terjangkau. HomePod versi murah milik Apple ini akan diberi nama Beats. Sebelumnya, HomePod Apple sedikit tertinggal…

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

BI: Kebutuhan Uang Tunai Lebaran Rp188,2 Triliun

Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi memperkirakan kebutuhan uang tunai selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2018 mencapai Rp188,2 triliun secara nasional.

Ilustrasi Dana Haji

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:15 WIB

23 Proyek Pembangunan Pakai Skema Pembiayaan Dana Haji

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) mengalokasikan dana Rp13 triliun untuk investasi proyek-proyek pembangunan di dalam negeri. Proyek tersebut akan difasilitasi Center for Private Investment…

Klappertaart (Foto : Galena)

Rabu, 23 Mei 2018 - 14:00 WIB

Ini Dia, Resep Klappertaart Kurma Hidangan Manis untuk Berbuka Puasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta Klappertaart merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung terigu, telur, dan susu. Biasanya klappertaart menjadi makan penutup hidangan. Rasanya…

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp1,56 triliun.

Rabu, 23 Mei 2018 - 13:51 WIB

Kinerja Usaha Mikro Kabupaten Garut Capai Rp 1,79 triliun

Kabupaten Garut, Jawa Barat memiliki jumlah usaha mikro yang cukup banyak mencapai 53.431 unit. Omzet yang diperoleh usaha mikro tersebut hingga Rp1,79 triliun pada 2017 naik dari tahun sebelumnya…