Apakah Sushi Menyehatkan? Begini Penjelasannya dari Para Ahli Gizi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 15:00 WIB

Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)
Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Makakanan khas Jepang, Sushi sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, makanan siap saji yang bergizi ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Namun, apakah sushi dapat menyehatkan tubuh?

Dikutip dari times, Selasa (24/4/2018), menurut Katherine Zeratsky, seorang Ahli Gizi dan Profesor Nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, "Sushi memilki semua bahan yang menyehatkan, misalnya diisi dengan ikan segar, dilapisi dengan lembaran rumput laut yang disajikan dalam gulungan kecil dan rapi," katanya.

Namun, menurut Isabel Maples, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diets mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar yaitu mengkontrol saat mengkonsumsi sushi. Meskipun sushi memiliki banyak kalori dan bergizi. Ternyata, satu gulungan sushi yang dipotong menjadi enam hingga sembilan potong dapat berisi sebanyak 500 kalori.

Sebagian besar kalori berasal dari beras putih lengket yang memegang gulungan Anda bersama-sama. Nasi sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula, dan gula memberi lebih banyak kalori daripada nasi, kata Zeratsky.

Nasi sushi lengket manis ini juga ditepuk dan dikemasi selama proses memasak dan perakitan, jadi Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir untuk seluruh cangkir nasi putih hanya dalam satu gulung, kata Nancy Farrell, seorang ahli gizi diet yang berada di Fredericksburg , Va.

"Sangat mudah untuk memasukkannya ke mulut Anda" tanpa menyadari berapa banyak nasi yang Anda makan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Group UCC Launching Ceremony

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:20 WIB

UCC Holding Gandeng Purwana Group Kembangkan Kopi Indonesia

Perusahaan kopi ternama di Jepang, UCC Holdings Co Ltd, melalui anak perusahaannya yaitu UCC Asia Pacific Pte, membangun kerjasama dengan Purwana Group yang merupakan perusahaan operator ternama…

Moriano Utomo saat membawa api obor Asian Games 2018 (Foto: Dok. Industry)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:08 WIB

Cucu Pendiri Aqua Dukung Pawai Obor Asian Games 2018 di Yogyakarta

Moriano Utomo, cucu dari pendiri AQUA Tirto Utomo, mewakili Danone-AQUA yang merupakan sponsor resmi hidrasi Asian Games 2018 dalam Pawai Obor (Torch Relay) hari ini, Kamis (19/7/2018) di Yogyakarta,…

Api Obor Asian Games di Yogyakarta (Foto: Kemenpar)

Kamis, 19 Juli 2018 - 16:00 WIB

Api Obor Asian Games diharapkan Naikkan Branding Destinasi Wisata yang dilewati

Untuk menyemarakkan Asian Games yang digelar pada 18 Agustus 2018, api obor Asian Games akan melewati berbagai daerah wisata di Indonesia yang terdiri dari 53 kota/kabupaten dari 18 provinsi…

Presiden Jokowi-Wapres JK kunjungi SBY di RSPAD (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:59 WIB

Sakit Apa SBY? Aburizal Bakrie Mengungkapkannya

Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengatakan Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita sakit infeksi ginjal.

Menteri ESDM Ignasius Jonan (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

Kamis, 19 Juli 2018 - 15:54 WIB

Menteri Jonan Optimalkan Energi Lokal Sebagaai Pembangkit

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengoptimalkan penggunaan energi lokal (tenaga angin, air, batubara dan surya) sebagai energi primer pembangkit tenaga listrik agar lebih…