Apakah Sushi Menyehatkan? Begini Penjelasannya dari Para Ahli Gizi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 15:00 WIB

Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)
Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Makakanan khas Jepang, Sushi sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, makanan siap saji yang bergizi ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Namun, apakah sushi dapat menyehatkan tubuh?

Dikutip dari times, Selasa (24/4/2018), menurut Katherine Zeratsky, seorang Ahli Gizi dan Profesor Nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, "Sushi memilki semua bahan yang menyehatkan, misalnya diisi dengan ikan segar, dilapisi dengan lembaran rumput laut yang disajikan dalam gulungan kecil dan rapi," katanya.

Namun, menurut Isabel Maples, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diets mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar yaitu mengkontrol saat mengkonsumsi sushi. Meskipun sushi memiliki banyak kalori dan bergizi. Ternyata, satu gulungan sushi yang dipotong menjadi enam hingga sembilan potong dapat berisi sebanyak 500 kalori.

Sebagian besar kalori berasal dari beras putih lengket yang memegang gulungan Anda bersama-sama. Nasi sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula, dan gula memberi lebih banyak kalori daripada nasi, kata Zeratsky.

Nasi sushi lengket manis ini juga ditepuk dan dikemasi selama proses memasak dan perakitan, jadi Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir untuk seluruh cangkir nasi putih hanya dalam satu gulung, kata Nancy Farrell, seorang ahli gizi diet yang berada di Fredericksburg , Va.

"Sangat mudah untuk memasukkannya ke mulut Anda" tanpa menyadari berapa banyak nasi yang Anda makan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).