Apakah Sushi Menyehatkan? Begini Penjelasannya dari Para Ahli Gizi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 15:00 WIB

Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)
Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Makakanan khas Jepang, Sushi sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, makanan siap saji yang bergizi ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Namun, apakah sushi dapat menyehatkan tubuh?

Dikutip dari times, Selasa (24/4/2018), menurut Katherine Zeratsky, seorang Ahli Gizi dan Profesor Nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, "Sushi memilki semua bahan yang menyehatkan, misalnya diisi dengan ikan segar, dilapisi dengan lembaran rumput laut yang disajikan dalam gulungan kecil dan rapi," katanya.

Namun, menurut Isabel Maples, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diets mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar yaitu mengkontrol saat mengkonsumsi sushi. Meskipun sushi memiliki banyak kalori dan bergizi. Ternyata, satu gulungan sushi yang dipotong menjadi enam hingga sembilan potong dapat berisi sebanyak 500 kalori.

Sebagian besar kalori berasal dari beras putih lengket yang memegang gulungan Anda bersama-sama. Nasi sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula, dan gula memberi lebih banyak kalori daripada nasi, kata Zeratsky.

Nasi sushi lengket manis ini juga ditepuk dan dikemasi selama proses memasak dan perakitan, jadi Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir untuk seluruh cangkir nasi putih hanya dalam satu gulung, kata Nancy Farrell, seorang ahli gizi diet yang berada di Fredericksburg , Va.

"Sangat mudah untuk memasukkannya ke mulut Anda" tanpa menyadari berapa banyak nasi yang Anda makan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 10:48 WIB

Telkom Resmikan NeuCentrIX Manado

Jakarta - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meresmikan beroperasinya Data Center Neutral Cloud and Internet Exchange (neuCentrIX) di Manado, Sulawesi Utara.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Kemenperin dok)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 09:05 WIB

Dongkrak Investasi, Kemenperin Terus Genjot Pembangunan Kawasan Industri Luar Jawa

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, pihaknya sedang mendorong percepatan pembangunan kawasan industri di luar Jawa.

Salah satu varian baru Timberland, Brooklyn Boot, yang diluncurkan pada awal 2019 ini

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:46 WIB

Awali 2019, Timberland Luncurkan Brooklyn Boot dengan AeroCore Energy System

Mengawali 2019, Timberland meluncurkan koleksi sepatu terbaru varian Brookly Boot dengan memanfaatkan AeroCore Energy System, yakni sebuah teknologi sepatu revolusioner yang menghasilkan sol…

Dimsum All You Can Eat yang menjadi bagian dari Triple Victory pada ulang tahun ke-3 Teraskita Hotel by Dafam

Sabtu, 19 Januari 2019 - 08:17 WIB

Dimsum All You Can Eat Tandai Pergantian Nama Hotel Dafam Teraskita Jakarta

Tepat di usianya yang ke-3 pada 4 Januari 2019, nama dan logo Hotel Dafam Teraskita Jakarta diganti menjadi Teraskita Hotel managed by Dafam. Salah satu package promo Dimsum All You Can Eat…

Indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia (dok INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 19 Januari 2019 - 07:45 WIB

Pekan Ketiga 2019, Indeks Harga Saham Gabungan Ditutup Naik ke Posisi 6.448

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup naik 1,36% ke posisi 6.448,16 pada pekan ketiga 2019 ini dibandingkan pada pekan sebelumnya di level 6.361,46.