Apakah Sushi Menyehatkan? Begini Penjelasannya dari Para Ahli Gizi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 24 April 2018 - 15:00 WIB

Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)
Kuliner Jepang, Sushi (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Makakanan khas Jepang, Sushi sudah tak asing lagi di lidah masyarakat Indonesia, makanan siap saji yang bergizi ini sudah dikenal oleh seluruh dunia. Namun, apakah sushi dapat menyehatkan tubuh?

Dikutip dari times, Selasa (24/4/2018), menurut Katherine Zeratsky, seorang Ahli Gizi dan Profesor Nutrisi di Mayo Clinic mengatakan, "Sushi memilki semua bahan yang menyehatkan, misalnya diisi dengan ikan segar, dilapisi dengan lembaran rumput laut yang disajikan dalam gulungan kecil dan rapi," katanya.

Namun, menurut Isabel Maples, ahli diet dan juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diets mengatakan bahwa salah satu masalah terbesar yaitu mengkontrol saat mengkonsumsi sushi. Meskipun sushi memiliki banyak kalori dan bergizi. Ternyata, satu gulungan sushi yang dipotong menjadi enam hingga sembilan potong dapat berisi sebanyak 500 kalori.

Sebagian besar kalori berasal dari beras putih lengket yang memegang gulungan Anda bersama-sama. Nasi sushi biasanya dibuat dengan menambahkan cuka dan gula, dan gula memberi lebih banyak kalori daripada nasi, kata Zeratsky.

Nasi sushi lengket manis ini juga ditepuk dan dikemasi selama proses memasak dan perakitan, jadi Anda bisa mengonsumsi setengah cangkir untuk seluruh cangkir nasi putih hanya dalam satu gulung, kata Nancy Farrell, seorang ahli gizi diet yang berada di Fredericksburg , Va.

"Sangat mudah untuk memasukkannya ke mulut Anda" tanpa menyadari berapa banyak nasi yang Anda makan," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di lokasi pembangunan Jembatan Kali Kuto

Sabtu, 26 Mei 2018 - 21:27 WIB

Jembatan Kali Kuto Bisa Dilewati H-2 Lebaran, Pengalihan Lalu Lintas Disiapkan

Pemudik yang melalui tol fungsional nantinya tidak dikenakan tarif. Kondisi jalan tol fungsional terdiri dari 132 km merupakan lapisan beton (rigid) dan 18 km berupa aspal.

Menteri Basuki saat meninjau ruas tol Pejagan-Pemalang

Sabtu, 26 Mei 2018 - 20:36 WIB

Kementerian PUPR Pastikan Ruas Tol Brebes Timur-Pemalang Dalam Kondisi Mantap Untuk Mudik 2018

Dengan dibukanya ruas tol Brebes Timur- Pemalang, maka pemudik yang akan ke arah Semarang pada tahun 2018 tidak lagi keluar di Pintu Tol Brebes Timur

Garis Polisi (Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:53 WIB

Terlalu, Curi Jengkol Dua Pemuda Aceh Dihakimi Massa

Dua pemuda babak belur dihakimi massa, karena ketangkap tangan mencuri buah jengkol di kebun milik warga di Kecamatan Syamtalira Bayu, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (25/5/2018) malam.

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:47 WIB

BUMN Diminta Bersinergi Benahi Perumahan Karyawan

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diminta untuk bersinergi untuk membenahi rumah-rumah dinas maupun milik karyawan yang sudah tidak layak huni.

Pilkada 2018 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 26 Mei 2018 - 19:42 WIB

Tokoh-Tokoh Bali Inginkan Gubernur yang Berani

Sejumlah tokoh di Pulau Dewata menginginkan agar gubernur yang terpilih dalam Pilkada 2018 berani dan tidak hanya diam dalam zona nyaman di tengah berbagai tantangan pembangunan.