Industri Kreatif Unggul Hadapi Revolusi 4.0

Oleh : Herry Barus | Selasa, 24 April 2018 - 10:38 WIB

Menaker, Hanif Dhakiri
Menaker, Hanif Dhakiri

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri pada Senin (23/4/2018) di Jakarta mengatakan bahwa industri kreatif memiliki keunggulan tersendiri dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

"Ada dua hal yang tidak bisa digantikan oleh mesin, yakni kreativitas dan sesuatu yang berkaitan dengan rasa," kata Hanif.

Pada kesempatan tersebut Hanif juga mendorong kepada generasi muda supaya tidak takut untuk berwirausaha. "Wirausaha itu butuh keberanian, jangan takut mencoba, akan tetapi harus memiliki strategi yang bagus," tutur dia kepada awak media.

Hanif menambahkan, di era kompetisi seperti sekarang ini, saat kita mau berkembang maka harus melihat pesaing.

Dengan semakin banyaknya wirausaha muda juga akan semakin membuka kesempatan kerja.

Oleh karena itu, guna mendukung pertumbuhan industri kreatif maka pemerintah dan pihak industri serta berbagai pihak terkait perlu berkolaborasi untuk memberi dukungan.

"Pengusaha dan pemerintah harus berperan aktif dalam meningkatkan kewirausahaan, salah satunya melalui pelatihan untuk mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," ucap Hanif.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ritual Cuci Jalan di Singkawang

Selasa, 19 Februari 2019 - 07:05 WIB

Ritual Cuci Jalan di Singkawang Diserbu Wisatawan

Meski puncak acara baru 19 Februari, rangkaian kegiatan Festival Cap Go Meh Singkawang, Kalimantan Barat, sudah diserbu wisatawan. Salah satu ritual yang paling banyak diserbu adalah tolak bala…

Kredit Pintar (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 07:00 WIB

Kredit Pintar Perkuat Layanan Pendanaan Siapkan Aplikasi di Perangkat IOS

Kredit Pintar, perusahaan Peer-to-Peer Lending sebagai tempat bertemunya antara pendana dan peminjam dengan memanfaatkan Artificial Intellegence (AI) dalam penilaian kredit, meluncurkan aplikasi…

Hj. Irna Narulita Bupati Pandeglang di Tanjung Lesung- Foto- Industry.co.id

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:30 WIB

rna Narulita: Bantuan Tingkatkan Kesejahteraan Warga Korban Tsunami Pandeglang

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengapresiasi penyaluran bantuan bencana tsunami yang mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan puluhan ribu tinggal di pengungsian.

PLN Ilustrasi

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:08 WIB

Sektor Industri Dongkrak Penjualan Listrik PLN dalam 5 Tahun Terakhir

Pertumbuhan industri menjadi penopang utama peningkatan konsumsi listrik nasional dalam lima tahun terakhir. Tingginya kebutuhan listrik untuk industri ini mendongkrak penjualan listrik PT Perusahaan…

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 06:00 WIB

Dua BUMN Segera Bangun Terminal LNG di Banjarmasin dan Bali

Pertamina dan Pelindo sepakat untuk membangun Terminal LNG Teluk Lamong, Filing Station di Banjarmasin dan pengembangan Terminal Aspal Curah Cair di Benoa, Bali