Lewat Pirnas, Menperin Airlangga Tarik Investasi Industri Furnitur di KEK Palu

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 April 2018 - 13:10 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekjen Kemenperin Haris Munandar dan Plt Dirjen PPI Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan saat mengunjungi Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekjen Kemenperin Haris Munandar dan Plt Dirjen PPI Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan saat mengunjungi Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Palu, Kementerian Perindustrian (Kemenperin)  terus memacu pengembangan industri furnitur di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu,  Sulawesi Tengah. 

"Kita sudah ada Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) disini. Diharapkan dengan adanya Pinras dapat menarik investasi di KEK Palu," ujar Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerjanya di KEK Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018). 

Ia menambahkan, Sulawesi Tengah menjadi basis kuat bahan baku rotan. "Oleh karena itu, dengan adanya inovation centre ini, diharapkan bisa menarik investasi industri furnitur di KEK Palu," terangnya. 

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian terus memacu pengembangan industri furnitur karena sebagai sektor padat karya berorientasi ekspor. 

Menurutnya, industri furnitur harus menjadi sektor kebanggaan nasional karena memiliki kekuatan untuk kompetitif di tingkat global. Apalagi, mayoritas atau hampir 85 persen bahan bakunya seperti rotan dipasok dari dalam negeri. 

“Oleh karena itu, agar industri ini maju, tidak perlu melakukan ekspor bahan baku. Kami fokus untuk meningkatkan nilai tambahnya melalui program hilirisasi,” tuturnya. 

Kemenperin mencatat, penyerapan tenaga kerja di industri furnitur nasional sebanyak 101.346 orang pada tahun 2016 dan diproyeksi akan mencapai 202.692 orang tahun 2018. 

Sementara itu, nilai ekspor furnitur nasional sebesar USD1,7 miliar dan dalam dua tahun ke depan ditargetkan mencapai USD5 miliar. Tujuan utama ekspor furnitur Indonesia adalah pasar Amerika Serikat, Jepang, dan Eropa Barat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…