Pengelola KEK Palu Optimis Peningkatan Investasi Capai Rp2 Triliun

Oleh : Ridwan | Jumat, 20 April 2018 - 12:20 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto besama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar dan Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) Andi Mulhanan Tombolotutu (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto besama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar dan Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) Andi Mulhanan Tombolotutu (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta,  Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu terus berbenah mulai dari infrastruktur pengembangan kawasan industri hingga proses pendaftaran perizinan. Hal tersebut dilakukan guna menarik investasi masuk ke dalam KEK tersebut. 

Direktur PT Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) sekaligus pengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu Andi Mulhanan Tombolotutu mengatakan, saat ini sudah ada 14 investor yang mendaftar. 

"Dari keempat belas tersebut sudah ada dua yang beroperasi dan satu sedang dalam tahap konstruksi yaitu PT Asbuton Jaya Abadi yang bergeram di bidang aspal dingin," ujar Andi kepada Industry.co.id di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (20/4/2018).

Berdiri di atas lahan 1.500 meter, hampir suluruh infrastruktur di KEK Palu dibangun oleh Kementerian Perindustrian dan sudah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.

Andi melanjutkan, KEK Palu menjadi salah satu KEK yang berada dilokasi strategis di wilayah Utara-Selatan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) dan memiliki berbagai keunggulan bagi investor yang akan menanamkan modalnya disini. 

"Lokasi kami dekat dengan pelabuhan yang bertaraf internasional, ada insentive fiskal, hampir seluruh komoditi dan sumber mineral ada semua disini. Jadi apa yang dicari semua ada disini," terangnya. 

Andi optimis dalam dua-tiga bulan kedepan akan ada anker tenant dan beberapa tenant yang akan beroperasi di KEK. 

"Insya allah dua-tiga bulan kedepan akan ada anker tenant yang akan masuk. Dan dalam dua bulan kedepan peningkatan dari investasi tidak kurang dari Rp1-2 triliun," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…

ASABRI mengikuti edukasi keterbukaan informasi publik

Jumat, 26 April 2024 - 09:45 WIB

ASABRI Komitmen Dukung Keterbukaan Informasi Publik

ASABRI bersama 5 BUMN Lainnya yaitu Indonesia Re, Indonesia Financial Group (IFG), Perum Bulog, Danareksa, dan MIND.ID, hadir dalam penyelenggaraan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik…