Kuartal II-2018, Apple Bangun Pabrik di Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 18 April 2018 - 14:29 WIB

Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.
Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Apple Inc dipastikan bakal tanam investasi langsung di Indonesia. Perusahaan teknologi informasi (TI) raksasa asal Amerika Serikat itu tengah membuka pusat inovasi yang akan bertempat di kawasan Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang.

Kehadiran Apple Innovation Center di Tanah Air ini merupakan ketiga di dunia setelah di Brasil dan Italia. Bersaman dengan di Indonesia, perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, Cupertino, California juga tengah membangun kantor yang sama di India dan China.

Dengan demikian, keberadaan Apple Innovation Center ini merupakan pertama kali di Asia Tenggara.

Keberadaan Apple Innovation Center juga diharapkan bisa mendorong terwujudnya ambisi Indonesia sebagai the next digital hub dunia.

Kepastian ini disampaikan Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dalam diskusi Forum Merdeka Barat di Jakarta, Selasa (17/4/2018). Dia menyambut gembira hadirnya Apple karena akan mendorong Indonesia menjadi pemain kunci di wilayah Asia saat implementasi revolusi industri generasi keempat (Industri 4.0).

Adapun bagi Apple, investasi dalam bidang peranti lunak dan riset ini tak lain dari upaya Apple memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga bisa menjual produk mereka di Indonesia. “Apple ini kan terus melakukan ino vasi. Kita undang dan mereka akan membangun cabangnya di BSD, di mana kalau satu sudah berjalan mereka (Apple) akan bangun tiga center lagi,” ungkapnya.

Rencananya, untuk membangun Apple Innovation Center, Apple akan menggelontorkan dana USD44 juta atau sekitar Rp585miliar, sedangkan untuk kebutuhan sumber daya manusia(SDM)-nya Apple akan merekrut 400 orang. Sebelumnya, Staf Ahli Menteri Perindustrian Sanny Iskandar seusai menemui perwakilan Apple Asia Pasifik (30/3) lalu, mengungkapkan rencana pembangunan Apple Innovation Center akan dimulai dengan menyewa kantor di Green Office Park 9 yang terletak di BSD.

Green Park Office 9 sebagai pusat riset Apple hanya bersifat sementara, karena Apple sedang berencana menempati pusat risetnya sendiri di kawasan digital hub yang masih dibangun saat ini.

Diperkirakan akhir kuartal dua tahun ini pusat riset Apple di Green Office Park sudah mulai beroperasi.

Sebagai informasi, Sinar mas Land akan membangun kawasan Silicon Valley Indonesia yang akan ditempati berbagai perusahaan teknologi informatika.

Digital Hub akan memiliki data center dan dilengkapi jaringan fiber optic (jaringan internet super cepat). Kawasan digital hub ini dibangun di kawasan seluas 25,86 hektare. Kawasan akan diisi sembilan gedung perkantoran dan satu area khusus restoran. Proses pembangunan kawasan digital hub sudah dilakukan sejak kuartal II-2017 lalu, pengerjaan dan pengembangan proyek di kawasan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 15 tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…