Ini Empat Upaya Indonesia Segera Capai Potensi Ekonomi Digital

Oleh : Herry Barus | Rabu, 21 Maret 2018 - 12:52 WIB

Menlu Retno Marsudi (Foto Istimewa)
Menlu Retno Marsudi (Foto Istimewa)

INDUSTRY.co.id - Batam- Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyebut empat upaya yang dilakukan Indonesia untuk mencapai potensi ekonomi digital.

"Poin pertama adalah memperluas akses ke masyarakat," ujar Menlu dalam acara peresmian Nongsa Digital Park (NDP) di Batam, Kepri, Selasa (20/3/2018)

Mengingat marketplace sangat penting untuk pengembangan bisnis e-commerce, pemerintah Indonesia telah melaksanakan Rencana Broadband Nasional untuk memperluas penetrasi internet Indonesia yang kini baru menyentuh 100 juta orang. Program senilai 20 miliar dolar AS ini telah dicanangkan sejak 2014.

Kedua, yakni menyediakan akses ke modal karena pemerintah ingin ekonomi digital tumbuh 10 kali lipat menjadi 130 miliar dolar AS dan mendukung penciptaan 1.000 technopreneur baru pada 2020.

"Tahun lalu, pengeluaran negara untuk bisnis inkubator digital meningkat dua kali lipat dari Rp190 miliar menjadi Rp370 miliar. Karena itu peran swasta sangat penting," tutur Menlu.

Ketiga, memperkuat kerja sama internasional dengan mengundang lebih banyak investor asing menyuntikkan modal untuk bisnis berbasis digital di Indonesia.

Keempat, memperluas kesempatan bagi mereka yang memiliki talenta di sektor industri kreatif melalui kerja sama dengan perguruan tinggi dan universitas.

"Sebagai bagian kebijakan peta jalan e-commerce, pemerintah Indonesia terus bekerja menciptakan lingkungan ekonomi yang kondusif untuk pertumbuhan ekonomi digital," ujar Menlu.

Indonesia dan Singapura baru saja merealisasikan kerja sama bidang digital melalui peresmian NDP yang terletak di samping Terminal Feri Nongsapura, Batam, hanya berjarak 35 menit dari Terminal Feri Tanah Merah, Singapura.

Fasilitas NDP menyediakan lingkungan yang kondusif dan nyaman untuk para technopreneur bekerja dan tinggal dengan lokasi dekat Singapura dan Bandara Internasional Hang Nadim, Batam.

NDP akan terdiri dari sembilan gedung perkantoran, dimulai dengan tiga gedung pertama yang diresmikan hari ini, dan dua gedung diantaranya sudah dihuni oleh perusahaan berbasis digital. Kawasan NDP ditargetkan untuk menarik total investasi potensial di atas 500 juta dolar AS.

Bukan saja sebagai tempat pengembangan bisnis digital, NDP juga digunakan untuk melatih kemampuan digital puluhan guru dan dosen dari berbagai kota di Indonesia lewat kerja sama Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI, Singapore Polytechnic, serta Temasek Foundation International.

NDP, Menlu mengatakan, adalah tindak lanjut pembahasan kerja sama digital antara Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong saat pertemuan Leaders' Retreat pada 2017, untuk mencapai potensi ekonomi digital Indonesia.

"NDP juga harus menjadi katalis kolaborasi ekonomi digital antarkedua negara dalam era Masyarakat Ekonomi ASEAN," ujar Menlu Retno. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…