Jumlah Kunjungan Wisman ke Maluku Tenggara Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Maret 2018 - 15:00 WIB

Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)
Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)

INDUSTRY.co.id, Maluku Tenggara - Jumlah wisatawan asing ke daerah Maluku Tenggara dilaporkan mengalami peningkatan pesat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara Budhi Toffi.

"Jumlah wisatawan asing ke sini sekitar 3.750 orang pada 2017, sebelumnya sekitar 5-10 tahun lalu hanya sekitar 1.000 orang" kata Budhi Toffi di Langgur, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Menurut Budhi, meski jumlah wisatawan asing itu relatif masih sedikit dibandingkan destinasi wisata terkenal lainnya di Nusantara, tetapi wisatawan asing rata-rata memiliki waktu tinggal yang cukup lama, rata-rata empat hari.

Budhi yang pernah menimba ilmu di Bali itu juga mengungkapkan, bahwa pernah ada wisatawan asal Inggris yang tinggal di Pulau Kei, Maluku Tenggara, hingga selama beberapa bulan lamanya.

Bahkan, lanjutnya, ada pula pejabat dari Rotterdam, Belanda yang kerap mengajak anggota keluarganya untuk berlibur setiap tahunnya.

Namun untuk saat ini, dia melihat bahwa salah satu negara yang meningkat pesat dalam kunjungannya antara lain dari China.

Selain wisatawan mancanegara, daerah pulau-pulau di Maluku Tenggara juga semakin banyak memikat wisatawan domestik.

"Dari Jakarta saja hampir 10 ribu orang yang masuk," katanya.

Sebagaimana diwartakan, Provinsi Maluku memiliki banyak potensi pariwisata menjanjikan sehingga harus dikembangkan sebagai daerah destinasi atau tujuan wisata dunia di masa datang.

"Sebenarnya destinasi ini sudah terlihat dari kunjungan ratusan turis mancanegara yang menggunakan kapal-kapal pesiar dan menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan kunjungan mereka," kata Dirut PT. Anaya Graha Abadi, Lukas Pattinasarany, Rabu (28/2).

Pengusaha asal Maluku yang sudah lama berkiprah di Bali ini mengaku potensi pariwisata alam, sejarah, dan budaya daerah ini tidak kalah dengan titik-titik wisata nasional maupun dunia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:40 WIB

OTT di Lapas Sukamiskin Hanya Puncak Gunung Es

Pengamat hukum Margarito Kamis menilai terjadinya OTT KPK terhadap kalapas Sukamiskin menunjukkan sistem yang bekerja di Kementerian Hukum dan HAM berjalan tidak baik.

Lapas Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:20 WIB

Kasus Suap di Lapas Sangat Logis Atasannya Mengetahui

Pakar hukum pidana Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar menyatakan berulang kali kasus suap di dalam lembaga pemasyarakatan terbongkar hingga sangat logis pejabat atasannya sebenarnya sudah…

Film Aquaman (Foto: Warner Bros)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Segera Tayang, Ini Penampakan Superhero DC Aquaman

Warner Bros telah merilis poster film superhero terbaru Aquaman. film ini akan dirilis akhir tahun mendatang yang akan menyuguhkan film superhero terbaru dari DC.

Wahid Husein Kapalaps Sukamiskin Bandung (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 22 Juli 2018 - 20:00 WIB

Wahid Husein Kalapas Sukamiskin Diduga Minta Mobil Secara Gamblang

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan permintaan, mobil, uang, dan sejenisnya oleh Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein diduga secara gamblang.

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Minggu, 22 Juli 2018 - 19:18 WIB

Penerapan Mata Uang Digital Masih Perlu Kajian

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menjelaskan perubahan gaya hidup masyarakat dan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, telah membuat menjamurnya bisnis berbasis digital yaitu…