Jumlah Kunjungan Wisman ke Maluku Tenggara Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Maret 2018 - 15:00 WIB

Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)
Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)

INDUSTRY.co.id, Maluku Tenggara - Jumlah wisatawan asing ke daerah Maluku Tenggara dilaporkan mengalami peningkatan pesat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara Budhi Toffi.

"Jumlah wisatawan asing ke sini sekitar 3.750 orang pada 2017, sebelumnya sekitar 5-10 tahun lalu hanya sekitar 1.000 orang" kata Budhi Toffi di Langgur, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Menurut Budhi, meski jumlah wisatawan asing itu relatif masih sedikit dibandingkan destinasi wisata terkenal lainnya di Nusantara, tetapi wisatawan asing rata-rata memiliki waktu tinggal yang cukup lama, rata-rata empat hari.

Budhi yang pernah menimba ilmu di Bali itu juga mengungkapkan, bahwa pernah ada wisatawan asal Inggris yang tinggal di Pulau Kei, Maluku Tenggara, hingga selama beberapa bulan lamanya.

Bahkan, lanjutnya, ada pula pejabat dari Rotterdam, Belanda yang kerap mengajak anggota keluarganya untuk berlibur setiap tahunnya.

Namun untuk saat ini, dia melihat bahwa salah satu negara yang meningkat pesat dalam kunjungannya antara lain dari China.

Selain wisatawan mancanegara, daerah pulau-pulau di Maluku Tenggara juga semakin banyak memikat wisatawan domestik.

"Dari Jakarta saja hampir 10 ribu orang yang masuk," katanya.

Sebagaimana diwartakan, Provinsi Maluku memiliki banyak potensi pariwisata menjanjikan sehingga harus dikembangkan sebagai daerah destinasi atau tujuan wisata dunia di masa datang.

"Sebenarnya destinasi ini sudah terlihat dari kunjungan ratusan turis mancanegara yang menggunakan kapal-kapal pesiar dan menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan kunjungan mereka," kata Dirut PT. Anaya Graha Abadi, Lukas Pattinasarany, Rabu (28/2).

Pengusaha asal Maluku yang sudah lama berkiprah di Bali ini mengaku potensi pariwisata alam, sejarah, dan budaya daerah ini tidak kalah dengan titik-titik wisata nasional maupun dunia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Usamah Hisyam dan pengurus PA 212

Rabu, 25 April 2018 - 19:27 WIB

PA 212 Minta Istana Seret Pembocor Pertemuan Rahasia Dengan Jokowi

Jakarta-Sehubungan dengan beredarnya foto dan kabar pertemuan Tim 11 Ulama Alumni 212 dengan Presiden Jokowi pada hari Ahad (22/4) maka Persaudaraan Alumni (PA) 212 perlu memberikan keterangan…

EXO-CBX membintangi iklan mobil Hyundai UV KONA Electric. (Source: Soompi)

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

Gara-Gara EXO-CBX, Hyundai Hentikan Pre-Order Mobil Terbaru

Perusahaan mobil Korea Selatan terkenal, Hyundai baru-baru ini menghentikan pre-order mobil Hyundai bertipe UV KONA Electric, dikarenakan mobil tersebut mendadak sangat populer dikalangan publik.

OJK

Rabu, 25 April 2018 - 19:00 WIB

OJK Ungkap Kasus Penyelewengan BPR KAS Bali

Otoritas Jasa Keuangan mengungkap kasus tindak pidana perbankan yang dilakukan Direktur Utama BPR KS Bali Agung Sedana berinisial NS terkait pemberian kredit kepada 54 debitur dengan nilai Rp24,225…

Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian, Banun Harpini saat melepas ekspor perdana pisang Mas Tanggamus ke Cina

Rabu, 25 April 2018 - 18:54 WIB

Ekspor Produk Pertanian Asal Lampung Terus Meningkat

Lampung- Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian Banun Harpini menyebutkan layanan karantina untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk pertanian…

Alsintan dari Kementan

Rabu, 25 April 2018 - 18:46 WIB

Kementan Melakukan Pelatihan Alsintan, Petani Antusias

Subang-Balai Desa Bojong Jaya mendadak ramai sejak pukul 07:00 pada Rabu pagi (25/4), para petani dari seantero Kecamatan Pusaka Jaya antusias untuk mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan,…