Jumlah Kunjungan Wisman ke Maluku Tenggara Meningkat

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 18 Maret 2018 - 15:00 WIB

Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)
Pulau Kei, Maluku Tenggara (Ist)

INDUSTRY.co.id, Maluku Tenggara - Jumlah wisatawan asing ke daerah Maluku Tenggara dilaporkan mengalami peningkatan pesat dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, kata Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara Budhi Toffi.

"Jumlah wisatawan asing ke sini sekitar 3.750 orang pada 2017, sebelumnya sekitar 5-10 tahun lalu hanya sekitar 1.000 orang" kata Budhi Toffi di Langgur, Pulau Kei Kecil, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

Menurut Budhi, meski jumlah wisatawan asing itu relatif masih sedikit dibandingkan destinasi wisata terkenal lainnya di Nusantara, tetapi wisatawan asing rata-rata memiliki waktu tinggal yang cukup lama, rata-rata empat hari.

Budhi yang pernah menimba ilmu di Bali itu juga mengungkapkan, bahwa pernah ada wisatawan asal Inggris yang tinggal di Pulau Kei, Maluku Tenggara, hingga selama beberapa bulan lamanya.

Bahkan, lanjutnya, ada pula pejabat dari Rotterdam, Belanda yang kerap mengajak anggota keluarganya untuk berlibur setiap tahunnya.

Namun untuk saat ini, dia melihat bahwa salah satu negara yang meningkat pesat dalam kunjungannya antara lain dari China.

Selain wisatawan mancanegara, daerah pulau-pulau di Maluku Tenggara juga semakin banyak memikat wisatawan domestik.

"Dari Jakarta saja hampir 10 ribu orang yang masuk," katanya.

Sebagaimana diwartakan, Provinsi Maluku memiliki banyak potensi pariwisata menjanjikan sehingga harus dikembangkan sebagai daerah destinasi atau tujuan wisata dunia di masa datang.

"Sebenarnya destinasi ini sudah terlihat dari kunjungan ratusan turis mancanegara yang menggunakan kapal-kapal pesiar dan menjadikan Ambon sebagai salah satu tujuan kunjungan mereka," kata Dirut PT. Anaya Graha Abadi, Lukas Pattinasarany, Rabu (28/2).

Pengusaha asal Maluku yang sudah lama berkiprah di Bali ini mengaku potensi pariwisata alam, sejarah, dan budaya daerah ini tidak kalah dengan titik-titik wisata nasional maupun dunia. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menkeu Sri Mulyani (Foto Setkab)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:40 WIB

Delapan Perusahaan Terima Tax Holiday Sejak Revisi PMK

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan sebanyak delapan perusahaan atau wajib pajak sudah menerima insentif pengurangan pajak penghasilan sejak revisi PMK mengenai "tax holiday".

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:32 WIB

AS , Tiongkok dan Arab Saudi Pengaruhi Bursa Global

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Kembalinya aksi jual membuat sejumlah bursa saham Asia melemah. Pelaku pasar merespon negatif turunnya bursa saham AS setelah dirilisnya…

Direksi BNI (Foto Rizki Meirino)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:20 WIB

BNI Perkirakan Kredit Tumbuh 13-15 Persen 2019

PT Bank Negara Indonesia Persero Tbk memperkirakan pertumbuhan kredit masih bertahan 13-15 persen (tahun ke tahun/yoy) pada 2019, meskipun pengetatan likuiditas di pasar global diperkirakan…

WIKA

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:19 WIB

Peluang Kenaikan IHSG Cukup Besar Akhir Pekan

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada dalam level 5702 - 5911. Sembilan saham direkomendasikan kepada pemodal.

JAPFA Hadirkan Kampung Warna Kolaborasi

Jumat, 19 Oktober 2018 - 07:16 WIB

IHSG Bergerak Tertahan, Lirik Tujuh Saham

INDUSTRY.co.id

Diperkirakan IHSG masih akan bergerak tertahan cenderung melemah kembali menguji MA20 dan MA5 pada support 5800-5858. Saham-saham yang masih dapat…