Pelindo III Sertifikasi 500 Pekerja Bongkar Muat

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 Maret 2018 - 16:54 WIB

Logo PT Pelindo III (Sindonews)
Logo PT Pelindo III (Sindonews)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pelindo III mensertifikasi 500 pekerja bongkar muat yang bertugas pada Pelabuhan Tanjung Perak (Poltekpel) Surabaya dan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (Program sertifikasi) salah satu tujuannya untuk memenuhi standar internasional atas banyaknya kapal-kapal asing yang sandar di pelabuhan-pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo III.

“ Mereka perlu ditangani oleh tenaga kerja yang bersertifikasi," ujar Director of Human Capital & GA, Pelindo III, Toto Heli Yanto, dalam keterangan persnya , Jumat (16/3/2018).

Ia mengungkapkan, bahwa peningkatan kompetensi pekerja bongkar muat tidak hanya untuk menjaga agar kinerja pelabuhan tetap efisien, tetapi yang utama ialah menjamin kesehatan dan keselamatan kerja (K3) operasional di pelabuhan.

"K3 ini tidak hanya demi pekerja operasional di terminal, tetapi juga untuk pengguna jasa, mulai dari kru kapal hingga pemilik barang," tegasnya.

President Director PDS Ali Sodikin, menjelaskan, program sertifikasi tersebut diawali dengan pemberian pelatihan Basic Safety Training (BST) oleh Improvement Center Pelindo III (ICP) yang dikelola oleh anak usahanya di bidang ketenagakerjaan, Pelindo Daya Sejahtera (PDS).

 "ICP bekerja sama dengan Politeknik Pelayaran Surabaya untuk pelaksanaan di Surabaya dan dengan Politeknik Pelayaran Semarang untuk yang di Semarang. Pelatihan dan sertifikasi digelar selama 9 hari, tanggal 12-21 Maret 2018, dan dibagi dalam 10 batch. Setiap batch maksimal diikuti oleh 50 peserta untuk menjaga agar pemberian materi tetap komprehensif," jelasnya.

Lebih lanjut Ali Sodikin memaparkan, dari perspektif sosial, pelatihan dan sertifikasi merupakan bentuk corporate social responsibility (CSR) yang tepat untuk diberikan kepada Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) yang ada di pelabuhan.

 "Upaya pengembangan bisnis saat ini sudah tidak bisa lagi dipisahkan dengan peningkatan skill tenaga kerja. Improvement Center Pelindo III menjadi penghubung antara pekerja bongkar muat yang biasanya konvensional, untuk memiliki sertifikasi yang membuatnya menjadi bagian dari proses bisnis logistik global di pelabuhan," ujarnya.

Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Poltekpel Surabaya, Dwi Haryanto, yang dihubungi terpisah, mengungkapkan, meski sudah tersertifikasi oleh Kementerian Tenaga Kerja, pekerja bongkar muat Pelindo III akan kembali dilatih agar layak disertifikasi oleh Poltekpel Surabaya dengan standar yang pada beberapa aspeknya merujuk pada konvensi internasional untuk pelatihan dan sertifikasi, STCW.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…