Gerai Markobar Milik Gibran Segera Dibuka Di Manila

Oleh : Dina Astria | Senin, 12 Maret 2018 - 12:20 WIB

Bisnis kuliner Markobar milik Gibran, putra Presiden Jokowi. (Source: Markobar)
Bisnis kuliner Markobar milik Gibran, putra Presiden Jokowi. (Source: Markobar)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Gerai Martabak Kota Barat (Markobar), bisnis kuliner yang dikelola oleh putra sulung Presiden Joko Widodo, Gian Rakabuming Raka, segera dibuka di Manila, Filipina.

"Targetnya tahun ini, sekarang sedang pengurusan izin usaha," ujar Gian, dalam pembukaan gerai kolaborasi Sang Pisang X Markobar, di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu.

Menurut Gian, Filipina adalah pasar yang sangat potensial untuk produk martabak aneka rasa miliknya, karena masyarakat setempat menyukai makanan berasa manis.

"Markobar sering ikut pameran di Manila dan orang Filipina sangat antusias," ujar dia.

Dikutip dari website markobar1996.net, jenis kudapan manis yang berasal dari Solo ini adalah bisnis generasi kedua yang dipegang oleh Arif Setyo Budi, dan kemudian dikembangkan oleh Gian sejak 2015.

Bermula dengan konsep kaki lima, Markobar kini terus berkembang dan memiliki 33 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi sendiri sempat merasa terkejut saat mengetahui putranya memilih berjualan martabak, dibandingkan meneruskan usaha furnitur yang telah dirintisnya.

Jokowi awalnya tidak setuju anaknya berjualan martabak semakin terkejut ketika usaha Gian berkembang semakin pesat, bahkan melampaui usaha furniturnya.

Tidak lebih dari lima tahun, and value Markobar berkembang lima kali lipat dibandingkan paik furnitur yang ditekuni Jokowi selama 27 tahun.

"Baru lima tahun and value paik yang saya miliki dengan and value Gian kalah," ujar Jokowi.

Selain Markobar, Gian juga mengelola usaha lain, yaitu Katering Chilli Pari, produk jas hujan Tugas Negara Boss, dan produk aplikasi permainan Hompimpa Games.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Suhardi Alius

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Kepala BNPT Tegaskan Aksi Teror Bukan Rekayasa

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius menegaskan bahwa aksi teror yang beberapa kali terjadi bukanlah hasil rekayasa sebagaimana dipropagandakan di media…

Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018. Perumnas sebagai peserta dipameran IPEX 2018 distand No.24 Hall A JCC

Minggu, 23 September 2018 - 07:00 WIB

Hadir di IPEX 2018, Perumnas Andalkan Hunian Terintegrasi Transportasi

Pengembang plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk Perusahaan Umum (Perum) ini tetap fokus memasarkan rumah subsidi di ajang pameran Indonesia Properti Expo (IPEX) 2018.

Apartemen di Jakarta (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:33 WIB

Lima Pilihan Hunian di Bawah Rp 250 Juta

Jangan pernah berhenti untuk berjuang untuk memiliki rumah, kendati harga rumah setiap tahunnya selalu naik, bagi mereka pembeli rumah pertama sebaiknya jangan pernah menunda untuk membeli rumah…

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 23 September 2018 - 06:30 WIB

Capres Prabowo Tegaskan, Jangan Jadi Antek Asing

Calon Presiden RI nomor urut 2, Prabowo Subianto mengingatkan bahwa bangsa Indonesia harus berdaulat di negaranya sendiri dan jangan menjadi antek asing.

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto Dok KPU)

Minggu, 23 September 2018 - 06:00 WIB

Ingin Indonesia Sejahtera, 300 Purnawirawan Jenderal Dukung Prabowo-Sandiaga

Sebanyak 300 purnawirawan jenderal memberikan dukungan kepada pasangan calon presiden dan calon wakil nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dalam Pemilihan Presiden 2019.