UGM akan Tingkatkan Kerja Sama Pendidikan-Penelitian

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 14 Januari 2017 - 12:19 WIB

Universitas Gadjah Mada
Universitas Gadjah Mada

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta-Universitas Gadjah Mada Yogyakarta akan meningkatkan kerja sama di bidang pendidikan serta penelitian khususnya dalam bidang-bidang unggulan, salah satunya dengan mendatangkan dosen dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia.

"Pertukaran dosen itu sangat menarik karena kita tahu apa yang menjadi tren ilmu pengetahuan di luar negeri dan kemudian kita bisa melihat apa yang bisa kita manfaatkan untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia," kata Wakil Rektor UGM Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Budi Santoso Wignyosukarto di Yogyakarta, Jumat (13/1/2017).

Menurut data dari Kantor Jaminan Mutu UGM, ia menyebut bahwa saat ini terdapat 310 dosen asing yang memberikan jasa mereka bagi UGM baik dalam bidang pendidikan maupun penelitian.

Mereka hadir di UGM melalui berbagai skema, misalnya melalui program "double degree", "exchange", kerja sama riset antarperguruan tinggi, atau sebagai bentuk "sabbatical leave".

Oleh karena itu, menurut dia, seiring dengan semakin meningkatnya kerja sama yang dilakukan UGM dengan berbagai institusi, kemungkinan adanya penambahan jumlah dosen asing pun semakin besar.

"Kami mempunyai program 'teaching industry' dan pusat-pusat unggulan riset, maka saat ini kerja sama riset dengan perguruan tinggi dan industri di luar negeri semakin maju. Jadi, kita bisa mempunyai dosen asing yang lebih banyak ke UGM," kata dia.

Budi juga menegaskan bahwa dosen asing yang mengajar atau meneliti di UGM saat ini dan yang akan dihadirkan di waktu mendatang bukanlah dosen permanen yang direkrut dan digaji sendiri oleh UGM, melainkan dosen yang diundang melalui berbagai bentuk kerja sama yang telah ia sebutkan sebelumnya.

"Sebetulnya dosen-dosen asing yang kita ingin undang itu adalah seperti yang sudah terjadi beberapa saat ini. Tidak kemudian mengundang dosen asing menjadi dosen permanen di UGM. Kita memanfaatkan kerja sama-kerja sama yang dilakukan yang memang banyak sekali," kata dia.

Wakil Rektor UGM Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Iwan Dwiprahasto menjelaskan bahwa meningkatnya jumlah dosen asing ini lebih banyak dari hasil riset dan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.

"Iwan juga menepis isu bahwa UGM akan merekrut sejumlah besar dosen asing pada tahun ini. "Tidak merekrut. Dari mana UGM akan membayar gaji mereka? Jadi, para dosen asing itu yang membiayai ya para mitra UGM itu sendiri," kata dia.

Menurut Iwan, UGM akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan hingga mencapai level terbaik dunia, dan para dosen asing ini akan menambah pengetahuan mahasiswa serta memaksimalkan kegiatan akademik di UGM.

Terkait peningkatan kualitas tersebut, ia menyebutkan beberapa langkah yang ditempuh UGM. Selain mendatangkan dosen asing untuk mengajar dan membimbing mahasiswa program Strata-2 dan Strata-3, UGM juga akan memantapkan kerja sama dalam "Memorandum of Understanding (MoU)" serta meningkatkan program double degree dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri.(Ant/Hrb)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…