McDonald's Lakukan Peningkatan dan Perbaikan Pada Menu Happy Meal

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 23 Februari 2018 - 11:00 WIB

McDonlad's Mengadakan National Breakfast Day (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
McDonlad's Mengadakan National Breakfast Day (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - McDonalds Corporation bersama aliansi Healthier Generation memperluas komitmen untuk menghasilkan generasi sehat dengan menetapkan cita-cita yang berani di 120 market untuk meningkatkan menu Happy Meal.

OAK BROOK, Illinois- McDonald's (NYSE: MCD) mengumumkan perluasan komitmen yang ditujukan kepada keluarga yang mendukung rencana pertumbuhan global jangka panjang perusahaan dengan memanfaatkan jangkauannya untuk mempengaruhi makanan untuk anak-anak.

Pada tahun 2022, McDonald's akan melakukan perbaikan serta peningkatan pada menu Happy Meal di 120 pasar dengan menawarkan lebih banyak makanan seimbang, menyederhanakan bahan makanan, terus transparan terhadap informasi gizi makanan terutama Happy Meal, semakin bertanggung jawab dalam memilih metode pemasaran untuk anak-anak, dan memanfaatkan pemasaran yang inovatif agar membantu mempengaruhi pembelian makanan dan minuman yang mengandung kelompok makanan yang direkomendasikan dalam menu Happy Meal.

"Kami menyadari adanya kesempatan bahwa kami harus memberi dukungan kepada keluarga sebagai salah satu restoran yang paling sering dikunjungi di dunia, dan tetap berkomitmen untuk memperbaiki kualitas makanan," ujar Steve Easterbrook, Presiden dan CEO McDonald's Corporation.

"Mengingat skala dan jangkauan kami, kami berharap tindakan ini akan memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dan sekaligus memberi manfaat bagi jutaan keluarga yang merupakan bagian dari langkah penting sebagai cara untuk membangun McDonalds menjadi lebih baik."

Pada tahun 2013, McDonald's mulai bekerja sama dengan aliansi non-profit Healthier Generation dalam mengembangkan rencana komprehensif bagi 20 pasar utama* dalam memudahkan akses pelanggan pada buah, sayuran, susu rendah lemak dan air. Banyak dari pasar tersebut yang perkembangannya lebih cepat dari komitmen mereka.

Hari ini, perusahaan melanjutkan upaya bersama dengan Healthier Generation untuk menetapkan lima Global Happy Meal Goals baru sampai tahun 2022.

1. Menawarkan Makanan Seimbang
Dengan menggunakan kriteria gizi yang ketat berdasarkan kebijakan sains asupan gizi, pada akhir tahun 2022 setidaknya 50% atau lebih menu Happy Meal yang tercantum pada seluruh menu (baik di papan menu yang ada di restoran, kios, dan aplikasi online), di setiap pasar akan memenuhi kebijakan Happy Meal Global terbaru yaitu mengandung kurang dari atau sama dengan 600 kalori ; 10% kalori dari lemak jenuh; natrium 650mg; dan 10% kalori dari gula tambahan.

Saat ini, 28% kombinasi Happy Meal yang ditawarkan pada papan menu McDonalds di 20 pasar (negara) utama telah memenuhi kriteria nutrisi yang baru ini. Untuk mencapai tujuan 50% atau lebih, pasar akan menambahkan varian menu baru, merumuskan ulang, atau menghapus variasi menu Happy Meal yang lama untuk meningkatkan nutrisi yang dibutuhkan.

2. Penyederhanaan Bahan
Sejalan dengan selera serta preferensi pelanggan yang semakin berkembang, pasar McD akan mengutamakan Happy Meal dan menyederhanakan bahan dengan menghilangkan perasa buatan, pewarna buatan serta mengurangi penggunaan pengawet buatan. McDonalds Indonesia saat ini tengah mengkaji ulang paket menu Happy Meal untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan agar memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditentukan. Direncanakan pada tahun 2019 McDonalds Indonesia akan menawarkan paket menu Happy Meal baru yang lebih memenuhi kriteria nutrisi yang telah ditetapkan global.

3. Transparan dengan Informasi Nutrisi Happy Meal
Perusahaan telah melakukan upaya terus menerus untuk memenuhi keinginan konsumen agar mendapatkan akses terhadap informasi nutrisi dengan mudah, terutama pada Happy Meal. Pihak global memastikan bahwa informasi nutrisi untuk Happy Meal tersedia dan dapat diakses melalui semua situs milik McDonald's termasuk pada aplikasi pesan antar McDonalds.

4. Tanggung Jawab Pasar
Di bawah tujuan baru, semua menu paket Happy Meal yang diiklankan untuk anak-anak harus memenuhi kriteria gizi terbaru McDonald's, dan akan terus memenuhi ketentuan periklanan lokal untuk pemasaran kepada anak-anak.

5. Memanfaatkan Pemasaran Inovatif Untuk Membantu Meningkatkan Pembelian Makanan dan Minuman yang Mengandung Bahan-bahan yang Direkomendasikan pada Menu Happy Meal.

McDonalds menyadari kesempatan yang dimiliki untuk membuat dampak positif dengan memanfaatkan ukuran dan skala pada pemasaran yang inovatif, termasuk dalam hal kemasan dan promosi serta penggunaan teknologi seperti di kios maupun mobile apps untuk membantu McDonals menyediakan lebih banyak buah, sayur, susu rendah lemak, biji-bijian, serta rendah protein dan air pada Happy Meal. Tujuan ini merupakan salah satu langkah lebih lanjut dari McDonalds untuk memasukkan komponen pengukuran serta berbagi praktik terbaik dan hasil secara transparan kepada pihak luar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…