Pertamina EP Cepu Belum Libatkan Tenaga Kerja Asing Pada Proyek Gas Jambaran-Tiung Biru

Oleh : Hariyanto | Kamis, 15 Februari 2018 - 15:05 WIB

Ilustrasi Migas (ist)
Ilustrasi Migas (ist)

INDUSTRY.co.id - Bojonegoro -Proyek Gas Jambaran-Tiung Biru (J-TB) yang dioperatori Pertamina EP Cepu (PEPC) di Kabupaten Bojonegoro belum melibatkan tenaga kerja (naker) asing.

"Sekarang belum ada tenaga kerja asing," ujar PGA & Relation Manager PEPC, Kunadi, Rabu (14/2/2018)

Pengerjaan proyek gas J-TB kini masih dalam proses pengerjaan proyek pekerjaan sipil (Early Civil Work/ECW). "Tenaga kerja kita ada sekitar 300 orang di PEPC dan sub kontraktornya," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kabupaten Bojonegoro, Agus Supriyanto meminta, kepada pihak operator migas yang beroperasi di Bojonegoro untuk melaporkan tenaga kerja asingnya.

Termasuk salah satunya, operator lapangan gas J-TB. "Kami sudah menyampaikan hal itu kepada PEPC dan PT Rekind, otomatis jika ada naker asing yang terlibat di proyek J-TB harus dilaporkan," kata Agus.

Menurutnya, perusahaan wajib melaporkan keberadaan tenaga kerja asing ini. Apabila tidak dilaporkan akan dikenakan sanksi adminsitratif sampai pidana.

Hal ini sesuai UU no 7 tahun 1981 tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan. "Jadi kami imbau mulai dari sekarang," imbuhnya.

Menurutnya, sampai sekarang keberadaan tenaga kerja asing masih ada di Bojonegoro. Baik untuk kepentingan berdagang, wisata, maupun lainnya.

Hanya saja, untuk data pihaknya masih akan memverifikasi lagi berkoordinasi dengan pihak kepolisian. "Masih ada, keperluannya macam-macam tidak hanya bisnis di sektor migas saja," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…