Gatot Pramono: Peran Teknologi dalam Pendidikan Masih Minim

Oleh : Dina Astria | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:05 WIB

Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, hadirnya teknologi yang bisa melakukan inovasi dalam menyampaikan pengetahuan sebagai sumber pendidikan sangatlah membantu untuk setiap pelaku pendidikan, yakni para siswa, orang tua, para guru dan pihak sekolah. Namun penggunaan teknologi dalam pendidikan masih perlu melakukan penyesuaian yang sangat mendalam.

Kepala Pusat Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Pramono mengungkapkan bahwa peran teknologi dalam pendidikan masih sangat minim.

Menurutnya, peran teknologi baru sampai di dasarnya saja, belum sampai ke permukaan, bahkan belum sampai ke para siswa yang mendapatkan pengetahuan yang cukup dalam.

Sejak adanya kurikulum 2013, sudah memberikan kesempatan bagi para pelaku pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui media.

“Terkadang begitu banyak media, tetapi kalau dari sekolahnya sendiri tidak memberikan dorongan kepada anak-anaknya untuk melihat itu (media pembelajaran berbasis teknologi),” jelasnya lagi kepada Industry.co.id pada Senin (12/2) di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Hadirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Bimbel Online merupakan suatu peluang bagi para pelaku pendidikan untuk terus memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan.

“Datangnya atau hadirnya teknologi itu tidak cukup, tetap harus ada suplemen atau support dari orang tua, guru atau dari anak-anaknya sendiri,” tutup Gatot Pramono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Metland Olivia Surodjo dan Head of Residential Keppel Land Indonesia Supardi Ang menunjukan maket The Riviera

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:17 WIB

Metland-Keppel Land Luncurkan Rumah Tapak Senilai Rp 10 Miliar

Pengembang properti, PT Metropolitan Land (Metland)Tbk melakukan join operation (JO) bersama dengan pengembang Singapura, Keppel Land Limited untuk pengembangan tahap ketiga proyek perumahan…

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics Summit & Awards 2018

Jumat, 19 Oktober 2018 - 09:04 WIB

Lintasarta Sabet Penghargaan Kualitas Layanan Data Center & Cloud

Lintasarta berhasil meraih penghargaan untuk kategori Best Improved Data Technoloy Governance & AI untuk layanan data center dan cloud, di ajang Data Technology Governance, AI and Analytics…

Homestay - foto IST

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:55 WIB

Homestay di Danau Toba Akan Berstandar ASEAN

Pengembangan kawasan Danau Toba sebagai satu dari 10 destinasi prioritas memiliki potensi pariwisata yang besar. Dari sisi amenitas, Pengembangan homestay berstandart Asean terus dikebut. Goalnya…

Ilustrasi kredit perbankan

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:31 WIB

Kontribusi Kredit Perbankan di Palu Capai 0,5 Persen

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Berdasarkan data sementara yang diterima OJK, jumlah kredit perbankan di Provinsi Sulawesi Tengah sebesar Rp 27 triliun atau 0,5% dari…

Jababeka Morotai Night (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 19 Oktober 2018 - 08:30 WIB

Promosikan Pariwisata Morotai, Jababeka Gelar "Jababeka Morotai Night"

PT Jababeka Morotai berkolaborasi dengan KAUM Restorant menggelar acara yang bertajuk "Jababeka Morotai Night".