Gatot Pramono: Peran Teknologi dalam Pendidikan Masih Minim

Oleh : Dina Astria | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:05 WIB

Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, hadirnya teknologi yang bisa melakukan inovasi dalam menyampaikan pengetahuan sebagai sumber pendidikan sangatlah membantu untuk setiap pelaku pendidikan, yakni para siswa, orang tua, para guru dan pihak sekolah. Namun penggunaan teknologi dalam pendidikan masih perlu melakukan penyesuaian yang sangat mendalam.

Kepala Pusat Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Pramono mengungkapkan bahwa peran teknologi dalam pendidikan masih sangat minim.

Menurutnya, peran teknologi baru sampai di dasarnya saja, belum sampai ke permukaan, bahkan belum sampai ke para siswa yang mendapatkan pengetahuan yang cukup dalam.

Sejak adanya kurikulum 2013, sudah memberikan kesempatan bagi para pelaku pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui media.

“Terkadang begitu banyak media, tetapi kalau dari sekolahnya sendiri tidak memberikan dorongan kepada anak-anaknya untuk melihat itu (media pembelajaran berbasis teknologi),” jelasnya lagi kepada Industry.co.id pada Senin (12/2) di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Hadirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Bimbel Online merupakan suatu peluang bagi para pelaku pendidikan untuk terus memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan.

“Datangnya atau hadirnya teknologi itu tidak cukup, tetap harus ada suplemen atau support dari orang tua, guru atau dari anak-anaknya sendiri,” tutup Gatot Pramono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

BGR Logistics Teken MoU dengan Perum Perumnas

Senin, 21 Januari 2019 - 18:01 WIB

Kembangkan Kawasan Logistik Terpadu, BGR Logistics Teken MoU dengan Perum Perumnas

Penandatangan kesepahaman ini juga merupakan bentuk sinergi BUMN. Selain itu, BGR Logistics juga mempercayai bahwa Perum Perumnas telah terbukti berpengalaman dalam hal pengembangan lahan agar…