Gatot Pramono: Peran Teknologi dalam Pendidikan Masih Minim

Oleh : Dina Astria | Selasa, 13 Februari 2018 - 16:05 WIB

Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Acara Panel Diskusi "Melangkah Maju dengan Teknologi dan Pendidikan" bersama Quipper Indonesia, Senin (12/2). (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saat ini, hadirnya teknologi yang bisa melakukan inovasi dalam menyampaikan pengetahuan sebagai sumber pendidikan sangatlah membantu untuk setiap pelaku pendidikan, yakni para siswa, orang tua, para guru dan pihak sekolah. Namun penggunaan teknologi dalam pendidikan masih perlu melakukan penyesuaian yang sangat mendalam.

Kepala Pusat Teknologi dan Informasi dan Komunikasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gatot Pramono mengungkapkan bahwa peran teknologi dalam pendidikan masih sangat minim.

Menurutnya, peran teknologi baru sampai di dasarnya saja, belum sampai ke permukaan, bahkan belum sampai ke para siswa yang mendapatkan pengetahuan yang cukup dalam.

Sejak adanya kurikulum 2013, sudah memberikan kesempatan bagi para pelaku pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui media.

“Terkadang begitu banyak media, tetapi kalau dari sekolahnya sendiri tidak memberikan dorongan kepada anak-anaknya untuk melihat itu (media pembelajaran berbasis teknologi),” jelasnya lagi kepada Industry.co.id pada Senin (12/2) di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Hadirnya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan Bimbel Online merupakan suatu peluang bagi para pelaku pendidikan untuk terus memanfaatkan teknologi di bidang pendidikan.

“Datangnya atau hadirnya teknologi itu tidak cukup, tetap harus ada suplemen atau support dari orang tua, guru atau dari anak-anaknya sendiri,” tutup Gatot Pramono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Industri Air Minum Dalam Kemasan (Ist)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:34 WIB

Pelindo III Kembangkan Bisnis Air Dalam Kemasan Incar Pemasok Kawasan Industri dan Terminal Pelabuhan

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara(BUMN) PT Pelindo III (Persero) mulai mengembangkan bisnisnya dengan mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih di kawasan industri dan terminal pelabuhan.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Menteri Airlangga Pastikan Impor Bahan Baku Tidak Akan Dipersulit

Pemerintah tengah memfinalisasi peraturan pembatasan impor, hingga saat ini pengetatan lebih akan dilakukan terhadap barang konsumsi, tidak termasuk bahan baku dan barang modal.

Pariwisata Kalimantan (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:10 WIB

Sektor Pariwisata Jadi Andalan Kebijakan Penguatan Devisa

- Pariwisata menjadi sektor andalan dalam mendukung strategi kebijakan penguatan cadangan devisa karena memiliki "balance of payments" atau neraca pembayaran yang selalu surplus.

PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk (SSMS)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 15:01 WIB

Sawit Sumbermas Sarana Kembangkan Bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa

Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) terus melebarkan sayap usaha dengan mengembangkan bisnis Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBM).

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13 September 2018.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:58 WIB

Alpha Momentum Indonesia akan Gelar Event Pertamanya Starthub Connect

PT Alpha Momentum Indonesia (AMI), perusahaan modal ventura akan menggelar event perdananya, Starthub Connect di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai, Tangerang pada 13…