Duh! Gara-gara Pakai Piring Kayu, Restoran Ini Kena Denda

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Januari 2018 - 12:00 WIB

Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)
Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)

INDUSTRY.co.id, Inggris - Saat ini, banyak sekali restoran, kafe atau rumah makan yang tidak menggunakan alas makannya dengan piring melainkan dengan bahan kayu. Penggunaan berbahan kayu ini cukup populer sehingga banyak restoran yang mengikuti tren ini karena mungkin lebih menarik dan unik.

Namun, siapa sangka hal ini malah menjadi masalah bagi salah satu restoran di Inggris yang bernama Iahim's Grill and Steak House. Dikutip dari independent, Selasa (16/1/2018) restoran tersebut pada bulan Oktober 2016, mendapat kunjungan dari Departemen Lingkungan Dewan Kota Birmingham untuk menilai tingkat kebersihan di restoran tersebut.

Kunjungan tersebut dilatar belakangi, karena ada 14 orang tamu yang diduga keracunan makanan setelah bersantap di restoran tersebut.

Dalam laporan tersebut, Mereka mencatat bahwa karyawan memilih untuk memakai sarung tangan sekali pakai daripada mencuci tangan mereka dan restoran tersebut menyajikan makanan di atas piring kayu yang tidak dibersihkan dengan benar.

DUa bulan kemudian, Dewan Kota Birmingham kembali dan ternyata dibalik semua ini karena piring kayu tersebut tidak higienis dan masih digunakan untuk menyajikan makanan diduga tidak dicuci bersih sehingga meninggalkan bekas makanan.

Karena dianggap mengabaikan kesehatan konsumen, kasus ini akhirnya dibawa ke persidangan. Hasil akhir dari persidangan tersebut menyatakan bahwa Iahim’s Grill and Steak House bersalah.

Pengadilan Magistrat Birmingham mendenda Iahim's Grill and Steak House £ 50.000 atau senilai Rp 862 juta karena kegagalan mereka mematuhi pemberitahuan perbaikan, dengan tambahan biaya £ 670 atau seharga Rp 11 juta dan £ 120 atau Rp 2 juta sebagai biaya ganti rugi kepada korban.

Menurut Badan Standar Makanan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa piring kayu kurang higienis daripada plastik, asalkan sudah dibersihkan dengan benar setelah digunakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…