Duh! Gara-gara Pakai Piring Kayu, Restoran Ini Kena Denda

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Januari 2018 - 12:00 WIB

Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)
Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)

INDUSTRY.co.id, Inggris - Saat ini, banyak sekali restoran, kafe atau rumah makan yang tidak menggunakan alas makannya dengan piring melainkan dengan bahan kayu. Penggunaan berbahan kayu ini cukup populer sehingga banyak restoran yang mengikuti tren ini karena mungkin lebih menarik dan unik.

Namun, siapa sangka hal ini malah menjadi masalah bagi salah satu restoran di Inggris yang bernama Ibrahim's Grill and Steak House. Dikutip dari independent, Selasa (16/1/2018) restoran tersebut pada bulan Oktober 2016, mendapat kunjungan dari Departemen Lingkungan Dewan Kota Birmingham untuk menilai tingkat kebersihan di restoran tersebut.

Kunjungan tersebut dilatar belakangi, karena ada 14 orang tamu yang diduga keracunan makanan setelah bersantap di restoran tersebut.

Dalam laporan tersebut, Mereka mencatat bahwa karyawan memilih untuk memakai sarung tangan sekali pakai daripada mencuci tangan mereka dan restoran tersebut menyajikan makanan di atas piring kayu yang tidak dibersihkan dengan benar.

DUa bulan kemudian, Dewan Kota Birmingham kembali dan ternyata dibalik semua ini karena piring kayu tersebut tidak higienis dan masih digunakan untuk menyajikan makanan diduga tidak dicuci bersih sehingga meninggalkan bekas makanan.

Karena dianggap mengabaikan kesehatan konsumen, kasus ini akhirnya dibawa ke persidangan. Hasil akhir dari persidangan tersebut menyatakan bahwa Ibrahim’s Grill and Steak House bersalah.

Pengadilan Magistrat Birmingham mendenda Ibrahim's Grill and Steak House £ 50.000 atau senilai Rp 862 juta karena kegagalan mereka mematuhi pemberitahuan perbaikan, dengan tambahan biaya £ 670 atau seharga Rp 11 juta dan £ 120 atau Rp 2 juta sebagai biaya ganti rugi kepada korban.

Menurut Badan Standar Makanan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa piring kayu kurang higienis daripada plastik, asalkan sudah dibersihkan dengan benar setelah digunakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…