Duh! Gara-gara Pakai Piring Kayu, Restoran Ini Kena Denda

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 16 Januari 2018 - 12:00 WIB

Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)
Restoran Ibrahims Grill and Steak House di Inggris (Foto:tripadvisor.co.uk)

INDUSTRY.co.id, Inggris - Saat ini, banyak sekali restoran, kafe atau rumah makan yang tidak menggunakan alas makannya dengan piring melainkan dengan bahan kayu. Penggunaan berbahan kayu ini cukup populer sehingga banyak restoran yang mengikuti tren ini karena mungkin lebih menarik dan unik.

Namun, siapa sangka hal ini malah menjadi masalah bagi salah satu restoran di Inggris yang bernama Ibrahim's Grill and Steak House. Dikutip dari independent, Selasa (16/1/2018) restoran tersebut pada bulan Oktober 2016, mendapat kunjungan dari Departemen Lingkungan Dewan Kota Birmingham untuk menilai tingkat kebersihan di restoran tersebut.

Kunjungan tersebut dilatar belakangi, karena ada 14 orang tamu yang diduga keracunan makanan setelah bersantap di restoran tersebut.

Dalam laporan tersebut, Mereka mencatat bahwa karyawan memilih untuk memakai sarung tangan sekali pakai daripada mencuci tangan mereka dan restoran tersebut menyajikan makanan di atas piring kayu yang tidak dibersihkan dengan benar.

DUa bulan kemudian, Dewan Kota Birmingham kembali dan ternyata dibalik semua ini karena piring kayu tersebut tidak higienis dan masih digunakan untuk menyajikan makanan diduga tidak dicuci bersih sehingga meninggalkan bekas makanan.

Karena dianggap mengabaikan kesehatan konsumen, kasus ini akhirnya dibawa ke persidangan. Hasil akhir dari persidangan tersebut menyatakan bahwa Ibrahim’s Grill and Steak House bersalah.

Pengadilan Magistrat Birmingham mendenda Ibrahim's Grill and Steak House £ 50.000 atau senilai Rp 862 juta karena kegagalan mereka mematuhi pemberitahuan perbaikan, dengan tambahan biaya £ 670 atau seharga Rp 11 juta dan £ 120 atau Rp 2 juta sebagai biaya ganti rugi kepada korban.

Menurut Badan Standar Makanan, tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa piring kayu kurang higienis daripada plastik, asalkan sudah dibersihkan dengan benar setelah digunakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…