Presiden Jokowi Ingatkan KIP Dimanfaatkan Sesuai Fungsinya

Oleh : Herry Barus | Senin, 08 Januari 2018 - 12:44 WIB

Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (Foto Industry.co.id)
Siswa penerima Kartu Indonesia Pintar (Foto Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kupang,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan ribuan pelajar SD, SMP, SMA/SMK di Kota Kupang untuk memanfaatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sesuai dengan fungsinya.

"Dana yang ada di KIP ini agar dipakai sesuai fungsinya untuk membeli seragam, sepatu, buku, tas sekolah," kata Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke SMK Negeri 3 Kupang di Kupang, Senin (8/1/2017)

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Gubernur Nusa Tenggara Timur untuk menyerahkan secara simbolis 1.148 KIP untuk pelajar SD, SMP, SMA/SMK di Kupang.

Jokowi menjelaskan dalam KIP terdapat besaran dana bantuan pendidikan sesuai tingkatan sekolah, di antaranya SD Rp450.000, SMP Rp750.000, dan SMA/SMK Rp1.000.000 untuk membantu keluarga-keluarga tidak mampu yang mau menyekolakan anak-anaknya.

Dana tersebut, katanya, harus dimanfaatkan dengan baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan perlengkapan sekolah, seperti alat tulis, tas, dan seragam sekolah.

"Mau pakai buat beli seragam, sepatu, buku, tas sekolah, boleh-boleh saja, asalkan jangan untuk beli pulsa, tidak boleh untuk beli pulsa," katanya.

Ia mengingatkan penggunaan KIP sesuai dengan peruntukannya.

"Saya ingatakan agar digunakan secara baik dan kalau kedapatan ada yang pakai KIP buat beli pulsa maka kartunya akan dicabut," katanya.

Presiden dalam kesempatan itu juga mengingatkan para pelajar penerima manfaat KIP di ibu kota provinsi itu agar tetap menekuni tugas utamanya, yakni belajar di sekolah, di rumah, dan lingkungannya.

"Anak-anakku sekalian harus terus rajin belajar, jam belajar harus lebih ditingkatkan, karena memang tugas utama kalian adalah belajar," katanya.

Ia mengatakan persaingan sumber daya manusia ke depan akan makin kompetitif di tingkat global sehingga belajar yang tekun menjadi kunci utama untuk menghadapi tantangan tersebut.

"Anak-anak sekolah harus belajar yang tekun, harus mampu menguasai bidang yang dipelajarinya sehingga kita bisa menghasilkan generasi-generasi yang mampu bersaing dengan negara-negata lain," katanya.

Dalam kunjungannya itu, Presiden juga melakukan tanya jawab dengan sejumlah pelajar tentang wawasan kebangsaan dan memberikan hadiah berupa sepeda dan komputer jinjing kepada sejumlah pelajar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…