Pinrang Tuan Rumah Pra-Porda Balap Motor 2017

Oleh : Herry Barus | Rabu, 04 Januari 2017 - 16:21 WIB

Pon Papua-ilustrasi IST
Pon Papua-ilustrasi IST

INDUSTRY.co.id - Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, siap menjadi penyelenggara babak kualifikasi Pekan Olahraga Daerah (Porda) yang dijadwalkan berlangsung pada September 2017.

Pengurus IMI Sulsel Adifar di Makassar, Selasa, menyatakan 24 kabupaten/kota se-Sulsel juga terus fokus mempersiapkan diri untuk bisa meraih hasil maksimal dan meloloskan pembalapnya berlaga di Porda XVI 2018 seperti Makassar, Kabupaten Gowa, Bantaeng, Takalar, Bone, Sinjai hingga Luwu.

"Sesuai rencana awal memang dilaksanakan pada September 2017 di Kabupaten Pinrang. Mudah-mudahan pelaksanaan pra-Porda 2017 ini bisa berjalan sesuai jadwal," katanya.

Kabupaten Pinrang bukan hanya sebagai tuan rumah Pra-Porda namun juga sebagai penyelenggara Porda 2018.

Dalam catatan Antara, terpilihnya Pinrang menjadi ajang babak kualifikasi juga untuk melihat sejauh mana kesiapan venua atau sirkuit di daerah itu menjadi pelaksana ajang olahraga multieven terbesar se-Sulsel pada 2018 tersebut.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan Subhan Aksa menyatakan untuk masalah motor yang akan digunakan pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018 akan disesuikan dengan regulasi Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Spesifikasi kendaraan yang dimaksudkan yakni setiap pembalap akan menggunakan satu tipe motor dengan spesifikasi standar. Jadi kita tidak mengukur kualitas motor namun kemampuan para pembalap yang akan kita ukur. Ini memang mengikuti regulasi yang ditetapkan di PON sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan, pihaknya memang berharap dengan regulasi PON yang diterapkan di Porda 2018 akan membuat para pembalap bisa menunjukkan kemampuan dan potensi yang mereka miliki.

Artinya jika memang memiliki kemampuan tentu akan begitu terlihat karena secara spesifikasi, kata dia, setiap pembalap memiliki tunggangan yang sama.

Selain itu, dengan menerapkan regulasi tersebut di Porda 2018 akan membuat pembalap bisa lebih pengalaman saat berlaga di babak kualifikasi ataupun PON 2020 di Papua.

"Kita memang berupaya untuk lebih meningkatkan kualitas para pembalap Sulsel. Mudah-mudahan dengan apa yang kami lakukan bisa mengangkat prestasi tim balap motor Sulsel di ajang nasional khususnya PON," ujarnya. (Hrb)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…