Kepastian Kemanan Diperlukan Investor Dalam Menjalankan Usaha

Oleh : Herry Barus | Senin, 18 Desember 2017 - 10:00 WIB

Bank Indonesia
Bank Indonesia

INDUSTRY.co.id - Solo- Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Solo menyatakan investor butuh kepastian keamanan dalam menjalankan usaha mereka.

"Tahun depan adalah tahun politik. Kalau tidak dikelola dengan baik maka akan menjadi kontraproduktif," kata Kepala BI Kanwil Solo Bandoe Widiarto di Solo, Senin (18/12/2017)

Ia mengatakan dalam hal ini pemerintah harus melakukan relaksasi mengenai kepastian usaha.

"Paling tidak pernyataan bahwa situasi keamanan akan kondusif. Dengan begitu investor juga akan lebih merasa nyaman," katanya.

Terkait hal itu, Bandoe memprediksi tahun politik pada 2018 tidak akan berdampak negatif bagi geliat sektor industri mengingat sejauh ini pemerintah telah memberikan banyak kebijakan yang bersifat proinvestasi.

"Seperti kebijakan deregulasi yang menjadi solusi dari banyaknya peraturan yang tumpang tindih. Bahkan mengenai kepastian usaha, Indonesia berhasil memperbaiki peringkat dari peringkat ke-92 naik menjadi ke-72," katanya.

Menurut dia, jika tidak ada kepastian usaha di dalam negeri maka investor akan enggan untuk datang. Pada akhirnya kondisi tersebut berdampak negatif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Di sini kepala daerah juga harus turut serta memberikan 'trust' kepada investor. Baik dari sisi keamanan maupun hukum," katanya seperti dilansir Antara.

Sementara itu, dengan sejumlah langkah kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah, pihaknya optimistis kondisi perekonomian di dalam negeri akan terus membaik.

"Khusus di Soloraya kami optimistis pertumbuhan ekonomi pada tahun depan bisa di angka 5,2-5,6 persen dengan tingkat inflasi 3,5 +/- 1 persen," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto saat meresmikan Bandung Techno Park (Foto: Humas)

Selasa, 16 Januari 2018 - 21:15 WIB

Bandung Techno Park Wujudkan Wirausaha Industri Digital

Kementerian Perindustrian memfasilitasi pembangunan Bandung Techno Park (BTP) sebagai salah satu pusat riset dan inovasi industri digital di Tanah Air seperti sektor elektronika dan telematika.

Menaker Hanif Dakiri didampingi oleh Andi Gani Nena Wea selaku Komisaris Utama PT PP (Persero) Tbk, M. Toha Fauzi selaku Direktur Infrastruktur PT PP (Persero) Tbk

Selasa, 16 Januari 2018 - 20:06 WIB

Kunjungan Menaker ke Proyek Terowongan Double Track Terpanjang di Indonesia

Jakarta-Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri melakukan peninjauan ke Proyek Pembangunan Notog BH 1440 yang merupakan salah satu proyek strategis Nasional (PSN).

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo bersama Ketua Panitia Pelaksana Natal Bersama Dar Edi Yoga (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:32 WIB

Ketua Dewan Pers Dukung Perayaan Natal Bersama Insan Pers

Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prastyo menyambut gembira pelaksanaan Perayaan Natal Bersama Insan Pers yang akan diadakan besok sore ( Rabu, 17/1/2018 ) di RS Siloam Semanggi Jakarta.

Masjid Tokyo Camii & Turkish Culture Center di Jepang (Foto: matcha-jp.com)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:15 WIB

Berkunjung ke Tokyo Camii, Masjid Terbesar dan Indah di Jepang

Selain mengunjungi destinasi wisata alam dan berburu kuliner, Jepang juga mempunyai wisata religinya juga loh! Wisatawan Muslim, bisa mengunjungi Tokyo Camii & Turkish Culture Center yang termasuk…

Jongkie D Sugiarto, Co-Chairman Gaikindo (Foto: Herlambang/ INDUSTRY.co.id)

Selasa, 16 Januari 2018 - 19:05 WIB

Sepanjang Tahun 2017, Penjualan Mobil di Indonesia Capai 1.079.000 Unit

Sepanjang tahun 2017, penjualan mobil di Indonesia untuk semua jenis mencapai 1.079.000 unit. Angka tersebut naik 1,6% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.