Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017

Oleh : Hariyanto | Rabu, 06 Desember 2017 - 17:22 WIB

Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017
Vihaan Networks Limited Luncurkan Desa Digital, Perusahaan dan Bantuan Bencana di India ASEAN ICT Expo 2017

INDUSTRY co.id -Jakarta - Penyedia peralatan dan telekomunikasi berbasis di India, Vihaan Networks Limited (VNL), memperkenalkan rangkaian solusi terbaru untuk jaringan di wilayah pedesaan, perusahaan, dan bantuan bencana di Indo-ASEAN ICT Expo 2017 yang diadakan di Hotel Shangri-La di Jakarta pada tanggal 6-7 Desember .

“Desa Digital” memberikan pertumbuhan ICT dengan menghadirkan konektivitas selular dan broadband ke wilayah pedesaan dan daerah terpencil. Memobilisasi jaringan perusahaan PBX, dan meningkatkan produktivitas dengan akses  'di mana saja - kapan saja' kepada para pekerja dan pelajar.

ResQMobil memberikan solusi yang tepat waktu dengan perbaikan komunikasi, dan membantu  dalam operasi pencarian dan penyelamatan ketika bencana terjadi.

Kepala Pendiri VNL, Rajiv Mehrotra, mengatakan, proyek Indonesia ini, merupakan kerja sama dengan penyedia layanan satelit Matra Mandiri Prima (MMP) yang berbasis di Indonesia, proyek ini menjadi penanda keberhasilan kami untuk menghubungkan yang belum terhubung. "Langkah pertama yang kami ambil adalah menyediakan konektivitas kepada 15.000 orang di negara ini, dan kami berharap jumlahnya meningkat secara signifikan setiap tahun." katanya di Jakarta, Rabu (6/12/2017).

Indonesia terus berusaha untuk menyediakan jaringan untuk penduduk pedesaan dan daerah terpencil, karena diperkirakan 8000 desa di seluruh negara kepulauan tersebut masih terbengkalai dengan jaringan.  Proyek VNL  “Desa Digital”  dengan MMP berhasil memperluas konektivitas ke 33 desa terpencil di Papua dan Sulawesi Barat. Langkah ini memang tergolong kecil namun cukup signifikan untuk menjembatani kesenjangan digital di negara kepulauan ini.

VNL juga bekerja sama dengan Bakti, sebuah Universal Service Fund, untuk membantu mewujudkan impian digital Indonesia.  Di India, VNL telah berhasil bermitra dengan USOF, yang juga sebuah Indian Universal Service Fund, untuk menata jaringan seluler terbesar yang ramah lingkungan di kawasanLeft - Wing Extremism, yang berdampak pada lebih dari 22.000 desa, dan siap untuk membawa konektivitas ke Wilayah Timur Laut yang sampai saat ini tidak berhubungan dengan India.  Kami pun telah menorehkan kesuksesan dengan digitalisasi 20 desa di Bhutan, 40 desa di Peru, dan sejumlah desa di Meksiko dan negara-negara di Afrika.

Selain konektivitas pedesaan, VNL terus berinovasi dengan mengembangkan solusi untuk konektivitas perusahaan dan manajemen bencana. Solusi konektivitas perusahaan milik VNL dirancang untuk memenuhi kebutuhan komunikasi dari kedua perusahaan perkotaan dan perusahaan di daerah terpencil dalam bentuk jaringan GSM mandiri atau GSM extention untuk jaringan PBX yang telah ada.  Jenis industri seperti pertambangan dan perkebunan di seluruh Indonesia telah tertarik dengan ini karena akan mendapatkan banyak keuntungan dari platform komunikasi terpadu yang hemat biaya.

VNL juga meluncurkan ResQMobil – sebuah portofolio solusi untuk manajemen bencana yang efektif  di perhelatan ICT Expo di Jakarta. ResQMobil milik VNL ini adalah solusi komunikasi, pencarian, dan penyelamatan darurat yang mudah dibawa, yang sesuai untuk tanggap darurat di lokasi yang terkena bencana dan telah dirancang untuk bekerja dalam berbagai kondisi termasuk bencana alam seperti gempa bumi, badai, banjir dan tsunami.

ResQMobil membantu dengan cepat menyiapkan jaringan seluler mandiri untuk penanggap pertama, pencarian, dan penyelamatan, melalui pelacakan lokasi warga sipil yang terkubur dan terluka, serta sekumpulan informasi di seluruh teknologi dan platform untuk membantu memberikan otoritas informasi yang dapat ditindaklanjuti. Ini adalah solusi paling efektif untuk penanganan bencana yang terjadi akhir-akhir ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…